Sukses

Hasil Foto Oppo Find X6 Pro 5G, Fitur Telefoto Bikin Jepretan Tetap Ciamik Meski dari Jarak Jauh

Berikut ini hasil foto menggunakan Oppo Find X6 Pro 5G, yang diambil selama gelaran Oppo APAC Vitality Imaging Tour

Liputan6.com, Bali - Sektor kamera yang mumpuni jadi fitur yang diunggulkan Oppo di Oppo Find X6 Pro 5G, di mana mereka membawa konsep tiga kamera utama pada bagian belakang, yang mendapatkan dukungan teknologi yang canggih untuk fotografi.

Oppo menempatkan sensor 50 MP Sony IMX 989 dengan sensor 1 inchi berfitur OIS, 50 MP Sony IMX890 sebagai sensor untuk kamera telefoto dengan fitur OIS, dan 50 MP Sony IMX890 yang digunakan untuk kamera sudut lebar yang juga dapat digunakan untuk fitur makro.

Sedangkan untuk perekaman, perangkat ini dilengkapi Dolby Vision 4K HDR video, dan kamera selfie diserahkan pada 32 MP SONY IMX709.

Menariknya, terdapat kemampuan Telefoto di Oppo Find X6 Pro 5G, yang mendukung perbesaran hingga 3x optical zoom, 6x hybrid zoom, dan 120x zoom digital. Selain itu, di sini juga disematkan teknologi dari Hasselblad dan NPU MariSilicon X.

Fitur menarik lainnya adalah kemampuan Teleportrait dengan perbesaran hingga 3x, sehingga pengguna dapat mengambil gambar bokeh, di posisi yang lebih jauh daripada sebelumnya, namun tetap menghasilkan foto yang oke.

Tekno Liputan6.com berkesempatan menjajal kemampuan fotografi dari perangkat yang satu ini melalui acara OPPO APAC Vitality Imaging Tour yang digelar di Bali pada Senin hingga Selasa (26-27/6/2023).

Dalam penggunaan Oppo Find X6 Pro 5G, fitur Telefoto benar-benar membantu pengguna untuk menghasilkan foto yang jernih dan jelas, meski dijepret dari jarak yang cukup jauh.

Seperti saat melakukan pemotretan model di tepi pantai menggunakan mode Photo, dengan kombinasi sinar matahari yang terang, serta ditambah teknologi pembesaran hingga 6x, wajah model dapat terlihat dengan jelas beserta detil topi yang ia gunakan.

Selain itu, saat memotret model di pinggir pantai dari jarak jauh, warna yang dihasilkan tetap cerah dan jernih. Bahkan, bantuan teknologi AI membantu foto yang "dijepret sebisanya" pun tetap terlihat cakep.

Sementara, untuk penggunaan dalam mode Portrait, terdapat fitur Teleportrait hingga 3x zoom. Latar bokeh yang dihasilkan terlihat cantik, meski difoto dengan jarak yang lebih jauh bila dibandingkan menggunakan fitur Portrait pada kamera HP lainnya.

Penggunaan yang cukup menantang adalah ketika harus memotret saat gelaran Tari Kecak di Uluwatu, di mana peralihan ke malam hari, posisi duduk yang tidak bisa berubah, serta gerakan yang cepat dari para penari, jadi salah satu tantangan yang harus dihadapi.

Fitur Action Mode bisa jadi salah satu opsi untuk membantu mengambil gambar saat gerakan cepat penari

Namun, Oppo Find X6 Pro 5G masih bisa mendapatkan beberapa foto yang oke, meski tidak menggunakan Mode Malam atau Action Mode. Warnanya pun masih tetap terang tanpa Night Mode, bahkan saat kondisi hanya dibantu pencahayaan dari api di panggung.

Iseng-iseng, saya juga mencoba kemampuan 120x perbesaran digital. Memang akan terlihat lebih buram, tetapi hasilnya ternyata tidak seburuk yang saya pikirkan dan masih cukup oke untuk ukuran foto dengan digital zoom.

Di jam-jam jelang senja, bulan yang mulai terlihat dapat tertangkap dengan cukup baik.

Kemudian, saya kembali mengambil gambar bulan di malam hari dan hasilnya bagus. Membuktikan Oppo tampaknya tidak main-main untuk urusan teknologi fotografi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Oppo Find X6 Pro

Untuk spesifikasi Oppo Find X6 Pro 5G sendiri, smartphone ini memakai chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang membawa peningkatan 45 persen dalam sisi penggunaan daya

Terdapat tiga varian RAM dan penyimpanan: 12GB + 256GB, 16GB + 256GB dan 16GB + 512GB. RAMnya bertipe LPDDR5X, dengan penyimpanan dengan tipe UFS 4.0.

Untuk baterainya berkapasitas 5000mAh, dan dilengkapi pengisian daya 100W SUPERVOOC, yang diklaim bisa mengisi penuh 100 persen dalam 28 menit; serta terdapat opsi pengisian daya nirkabel atau wireless 50W AIRVOOC.

Find X6 Pro 5G mengusung sistem operasi ColorOS 13.1 berbasis Android 13 dan sudah mendapatkan versi beta ColorOS 14 berbasis Android 14.

Sementara di bagian layar, smartphone yang satu ini Corning Gorilla Glass Victus 2, untuk memberikan protesi tergadap layarnya yang beresolusi 3168 × 1440.

 

3 dari 3 halaman

Usung Tiga Kamera

Layar Oppo Find X6 Pro memiliki kecerahan puncak hingga 2.500 nits, serta didukung dengan Dolby Vision dan HDR10+. Kecepatan refresh-nya juga adaptif antara 1 hingga 120HZ yang dimungkinkan berkat teknologi LTPO.

Di sektor fotografi yang jadi andalannya, Oppo Find X6 Pro 5G mengusung tiga kamera utama pada bagian belakang.

Ada sensor 50 Megapixel SONY IMX 989 dengan sensor 1 inchi dengan fitur OIS, 50 Megapixel SONY IMX890 sebagai sensor untuk kamera telefoto dengan fitur OIS dan 50 Megapixel SONY IMX890 yang digunakan untuk kamera sudut lebar yang juga dapat digunakan untuk fitur makro.

Sedangkan untuk perekaman, perangkat ini dilengkapi Dolby Vision 4K HDR video. Sayangnya, perangkat ini hanya dirilis di Tiongkok.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.