Sukses

Rumor iPhone 15, Hadir dengan Baterai yang Lebih Besar dan Hampir Setara Android

Bocoran dan rumor soal ukuran baterai iPhone 15 beredar. Kabarnya perangkat lini terbaru ini akan hadir dengan kapasitas daya yang lebih besar daripada pendahulunya

Liputan6.com, Jakarta - Desas-desus maupun bocoran soal iPhone terbaru memang selalu menarik meski belum tentu benar hingga perangkatnya dirilis. Terbaru, beredar kabar bahwa iPhone 15 akan hadir dengan baterai yang lebih besar dibandingkan pendahulunya.

Rumor ini pertama kali beredar di media sosial Tiongkok Weibo, dan dilihat oleh ITHome, di mana kabar ini diklaim berasal dari sumber "orang dalam" di pabrik Foxconn.

Ukuran Baterai iPhone 15

Mengutip 9to5mac, Kamis (6/7/2023), berikut ini daftar ukuran kapasitas baterai yang kabarnya akan dibawa di jajaran iPhone 15:

  • iPhone 15 - 3877 mAh (naik 18 persen)
  • iPhone 15 Plus - 4912 mAh (naik 13.6 persen)
  • iPhone 15 Pro - 3650 mAh (naik 14.1 persen)
  • iPhone 15 Pro Max - 4852 mAh (naik 10.9 persen)

Sebagai perbandingan, dikutip dari GSM Arena, berikut ini ukuran kapasitas baterai yang dibenamkan Apple di iPhone 14:

  • iPhone 14 - 3279 mAh
  • iPhone 14 Plus - 4323 mAh
  • iPhone 14 Pro - 3200 mAh
  • iPhone 14 Pro Max - 4323 mAh

Peningkatan ini jelas cukup signifikan bagi kapasitas baterai di iPhone, yang sudah mulai mendekati kapasitas baterai yang saat ini banyak dipakai oleh ponsel Android di 5000 mAh.

Meski begitu, yang perlu dicatat adalah masa pakai baterai juga dipengaruhi faktor lain seperti ukuran masa pakai baterai dan efisiensi prosesor di iPhone.

iPhone 15 dan iPhone 15 Plus diperkirakan akan memakai prosesor A16 Bionic dengan proses manufaktur 5nm, sementara 15 Pro dan 15 Pro Max kabarnya akan menggunakan A17 Bionic baru dengan fabrikasi 3nm.

Rumor lain yang beredar soal iPhone terbaru di Weibo, iPhone 15 Pro disebut akan hadir dengan penyimpanan dasar 256GB atau dua kali lipat dari 128GB di perangkat terkini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran Lain iPhone 15 yang Rilis Tahun Ini

Mengutip informasi dari MacRumor, Jumat (30/6/2023), ada beberapa bocoran yang sudah diketahui mengenai iPhone generasi terbaru ini.

Salah satunya adalah ukuran iPhone 15 masih akan sama seperti pendahulunya. Dengan kata lain, Apple akan menawarkan varian layar 6,1 inci untuk versi biasa maupun Pro, sedangkan layar 6,7 inci akan hadir untuk varian Plus dan Pro Max.

Yang menarik, Apple dikabarkan akan memperluas cakupan fitur Dynamic Island. Apabila sebelumnya fitur ini hanya hadir untuk varian Pro, kini fitur tersebut juga hadir untuk model iPhone 15 reguler.

Kendati demikian, laporan menyebut Apple masih akan mempertahankan teknologi ProMotion untuk model Pro. Karenanya, meski varian reguler kini mendukung Dynamic Island, layarnya belum mendukung kemampuan refresh rate yang adaptif.

Lalu terkait penggunaan port USB Type-C, ada laporan yang menyebut Apple akan menggunakannya untuk semua model iPhone 15. Apabila bocoran ini benar, Apple akan benar-benar menyetop penggunaan lightning port untuk iPhone.

Sementara soal harga, Apple disebut tidak akan melakukan banyak perubahan. Varian standar akan dibanderol dengan harga mulai USD 799 atau sekitar Rp 11,9 juta, sedangkan varian Plus dijual mulai dari USD 899 atau sekitar Rp 13,4 juta.

 

3 dari 4 halaman

Ukuran Layar Dipertahankan di iPhone 15

Mengingat Apple masih akan mempertahankan ukuran layar untuk lini iPhone 15, berdasarkan sejumlah laporan, desain smartphone ini tidak akan mengalami perubahan dari pendahulunya yakni iPhone 14.

Selain itu, laporan lain juga menyebut jajaran iPhone 15 tampaknya akan punya peningkatan besar pada bagian kameranya. Beberapa laporan menyebut, iPhone terbaru ini akan menggunakan kamera 48MP dengan teknologi dari Sony. 

Berdasarkan informasi dari Gizchina, Sabtu (3/6/2023), Sony menjelaskan sensor Exmor T memungkinkan ponsel Xperia 1V untuk menyamai kualitas pengambilan gambar menggunakan kamera SLR full-frame. 

Exmor T merupakan sensor 52MP berukuran  1/1,35 inci dengan piksel efektif 48MP dan piksel perekaman 12MP. Sony mengatakan, output sensor ini sekitar tiga kali lipat lebih unggul dari generasi sebelumnya.

4 dari 4 halaman

Hadir dengan Kamera Belakang 48MP

Meskipun begitu, kamera iPhone tidak menggunakan sensor yang sama dengan Exmor T, tetapi akan disesuaikan secara mendalam oleh Apple. 

Menurut laporan MacRumors, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan hadir dengan kamera belakang 48MP. 

Dikabarkan, kamera iPhone 15 ini mengadopsi sensor terbaru dari Sony. Sensor tersebut menggunakan arsitektur semikonduktor yang memisahkan fotodioda dan transistor menjadi beberapa lapisan.

Sensornya pun mampu menangkap lebih banyak cahaya sehingga menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik.

Harapannya, teknologi sensor ini disematkan pada lensa wide, yang menjadi kamera utama iPhone. Meski belum pasti, informasi yang beredar mengatakan teknologi sensor baru ini akan eksklusif tersedia pada model iPhone 15 Pro.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.