Sukses

Sutradara Oppenheimer Christopher Nolan Ingatkan Para Ilmuwan Soal Bahaya AI

Sutradara Oppenheimer Christopher Nolan berharap agar filmnya tersebut bisa jadi kisah pengingat bagi para ilmuwan AI, tentang inovasi yang malah merugikan umat manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Sutradara Oppenheimer Christopher Nolan berharap agar filmnya bisa jadi pelajaran bagi para ilmuwan yang menggarap kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Seperti yang sudah banyak diketahui, J. Robert Oppenheimer, yang dijuluki sebagai bapak bom atom dan kisahnya diangkat di film tersebut, menyesali penemuannya tersebut.

"Sekarang akulah kematian, sang penghancur dunia," begitulah kata-kata terkenal dari Oppenheimer yang mengutip Bhagavad Gita.

Dalam bincang-bincang usai screening film Oppenheimer beberapa waktu lalu, Nolan mendapatkan pertanyaan mengenai apa yang diharapkannya menjadi pelajaran bagi Silicon Valley dari film tersebut.

"Saya pikir apa yang saya ingin mereka ambil adalah konsep akuntabilitas," kata Nolan, seperti dilansir The Verge, dikutip Rabu (19/7/2023).

Christopher Nolan pun menjelaskan ketika seseorang berinovasi dengan teknologi, dia harus memastikan bahwa ada akuntabilitas.

Ia mengacu pada berbagai macam inovasi teknologi yang dianut oleh Silicon Valley, sementara perusahaan yang sama menolak mengakui kerugian yang telah mereka timbulkan berulang kali.

"Munculnya perusahaan-perusahaan selama 15 tahun terakhir berbicara tentang kata-kata seperti 'algoritma', tidak tahu apa artinya dalam pengertian matematis apa pun yang bermakna," ujar pembuat film Inception itu.

"Mereka hanya tidak mau bertanggung jawab atas apa yang dilakukan algoritma itu," imbuh sutradara trilogi The Dark Knight itu. "Diterapkan ke AI? Itu kemungkinan yang menakutkan. Menakutkan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Momen Oppenheimer

Nolan melanjutkan, yang menakutkan adalah ketika itu terjadi pada AI. Menurutnya, apabila sistem AI bisa masuk ke infrastruktur pertahanan, mereka bisa mengisinya dengan senjata nuklir.

"Dan jika kita mengizinkan orang mengatakan bahwa itu adalah entitas yang terpisah dari orang yang menggunakannya, memprogram, menggunakan AI, maka hancurlah kita. Itu harus tentang akuntabilitas," kata Nolan.

Nolan memang tidak merujuk ke satu perusahaan tertentu. Namun, perusahaan seperti Google, Meta, hingga Netflix, sangat bergantung pada algoritma untuk mempertahankan penonton.

Nolan juga mengatakan, saat dia bicara dengan para peneliti di bidang AI, menurutnya saat ini adalah "momen Oppenheimer" mereka.

"Mereka mencari ceritanya untuk mengatakan apa tanggung jawab para ilmuwan yang mengembangkan teknologi baru, yang mungkin memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan," kata sutradara Memento tersebut.

Nolan menutup, dirinya tidak mengklaim cerita Oppenheimer akan menjadi jawaban yang mudah. "Namun setidaknya ini berfungsi sebagai kisah peringatan," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Sinopsis Film Oppenheimer

Film Oppenheimer sendiri sudah rilis di Indonesia pada 19 Juli 2023, atau lebih awal dari jadwal penayangan globalnya di tanggal 21 Juli mendatang. Film ini dirilis oleh Universal Pictures.

Kisahnya diangkat dari biografi Oppenheimer yang berjudul American Prometheus karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin, tentang bagaimana temuan ciptaan Oppenheimer disalahgunakan militer Amerika Serikat untuk menciptakan bom atom di Perang Dunia II.

Film ini mengangkat kisah J. Robert Oppenheimer yang diperankan oleh aktor pemeran Thomas Shelby di serial Peaky Blinders, Cillian Murphy.

Selain Murphy, beberapa nama aktor dan aktris terkenal yang terlibat di sini antara lain Emily Blunt, Matt Damon, Florence Pugh, Robert Downey Jr., David Dastmalchian, Dane DeHaan, hingga James D'Arcy.

4 dari 4 halaman

Tidak Pakai CGI

Christopher Nolan sendiri memang dikenal tidak terlalu menyukai CGI. Banyak adegan ikonik di film-filmnya yang ternyata hanya menggunakan practical effect.

Proses produksi film Oppenheimer tidak hanya berfokus pada efek praktikal, tetapi juga penggunaan nol CGI dalam pengambilan gambarnya.

Oppenheimer akan berdurasi 3 jam 9 detik. Sebelumnya, film terpanjang yang dibuat Christopher Nolan adalah Interstellar, yang berdurasi 2 jam 49 menit.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.