Sukses

Pemilu.AI Usung Kecerdasan Buatan, Bantu Caleg Susun Strategi Kampanye Tepat Sasaran

Dengan berbagai fitur canggih yang ditawarkan, Pemilu.AI diklaim menjadi game changer dalam dunia politik Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut pemilu 2024, platform berbasis kecerdasan buatan generatif (Generative AI/GenAI)) bernama Pemilu.AI hadir untuk membantu para calon legislatif (caleg) di tingkat DPR maupun DPRD provinsi atau kabupaten dan kota untuk berkampanye.

Dengan berbagai fitur canggih yang ditawarkan, Pemilu.AI diklaim menjadi game changer dalam dunia politik Indonesia.

CEO Pemilu.AI, Luky Djani, mengatakan platform ini dirancang untuk menganalisis big data, di antaranya data politik, data sosial ekonomi, data demografi, data profil persona caleg, hingga data media sosial dan media online dari daerah pemilihan.

"Data itu kemudian diolah dengan machine learning dan AI sehingga bisa memberikan rekomendasi microtargeting strategi kampanye tepat sasaran sesuai wilayah dan kelompok sasaran, serta persona caleg agar target suara tercapai,” ujar Luky, melalui keterangannya, Jumat (11/8/2023).

Pemilu.AI memudahkan para caleg untuk memahami dapil dengan kompleksitas masalah dan pemilih yang beragam. Dengan teknologi generative AI, platform ini mampu memberikan rekomendasi kampanye sesuai dengan persona individu caleg dan kekuatan partai.

Dengan fitur Satu Klik, caleg akan mendapatkan kecamatan prioritas dan target suaranya, isu kritikal, strategi kampanye, kegiatan kampanye, serta kelompok sasaran di tiap kecamatan.

Selain itu, koordinasi dan manajemen kampanye politik akan semakin efisien dengan aplikasi timses dari Pemilu.AI, sehingga setiap aktivitas kampanye dapat dikelola dengan mudah.

Caleg dan tim suksesnya dapat melakukan penjadwalan, alokasi sumber daya, dan menganalisis masukan dari pemilih dengan cepat dan akurat.

Semua langkah strategis dalam kampanye tersedia dalam Satu Klik, sehingga waktu dan energi dapat lebih fokus pada pemilih potensial.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menarik Perhatian Ratusan Caleg

Selain itu, Pemilu.AI memberi keunggulan dalam meraih hati pemilih muda. Platform ini memungkinkan caleg untuk menyusun strategi kampanye yang relevan dan menarik bagi pemilih muda.

Caleg juga dapat menyesuaikan narasi, slogan, dan konten media sosial dengan kebutuhan dan aspirasi pemilih muda.

Sejak diluncurkan pada 20 Juli 2023, Pemilu.AI diklaim berhasil menarik perhatian ratusan caleg dari berbagai partai politik di Indonesia.

Luky menambahkan, guna mendukung pemilu yang berintegritas, Pemilu.AI menawarkan berbagai tools dan fitur berbasis teknologi generative AI yang bisa memberikan strategi kampanye microtargeting sehingga persona caleg, aktivitas, dan komunikasi kampanye tepat sasaran.

"Selain itu, platfrom konsultan politik personal ini juga berdampak pada efisiensi penggunaan dana kampanye," ucapnya memungkaskan.

3 dari 4 halaman

Apa itu Pemilu.AI?

Pemilu.AI adalah platform yang memanfaatkan teknologi generative AI dan big data untuk memberikan solusi bagi para caleg dalam meningkatkan efektivitas dan peluang kemenangan kampanye mereka melalui pengumpulan dan analisis data politik yang akurat dan komprehensif.

Sebagai konsultan politik personal, Pemilu.AI dirancang menawarkan solusi strategi kampanye berdasarkan persona caleg, kampanye microtargeting tepat sasaran, hingga strategi komunikasi kampanye pada konstituen.

Platform ini diluncurkan oleh Politicawave by Mediawave, lembaga yang mengembangkan platform Social Media Monitoring & Analytics di Indonesia, bersama dengan Institute for Strategic Initiative (ISI), sebuah lembaga berbasis riset sosial dan politik, dengan tujuan menjawab tantangan kompleks para calon wakil rakyat untuk bisa memahami isu yang dihadapi dan kebutuhan masyarakat, guna bisa menetapkan fokus strategi kampanye yang tepat sasaran.

4 dari 4 halaman

Infografis Payung Hukum Eks Napi Koruptor Jadi Caleg Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini