Sukses

Bocoran Fitur iPhone SE 4, Bakal Adopsi Milik iPhone 15 Pro?

Berikut sejumlah bocoran fitur-fitur iPhone SE 4, generasi keempat dari iPhone paling terjangkau disebut akan mengadopsi fitur milik iPhone 15 Pro?

Liputan6.com, Jakarta - iPhone SE generasi keempat atau iPhone SE 4 dikabarkan bakal memboyong sejumlah fitur yang ada pada iPhone 15 Pro. Menurut leaker yang dikenal dengan nama Unknownz21, salah satu fitur dari iPhone 15 Pro yang diboyong ke iPhone SE 4 adalah Action Button.

Mengutip MacRumors, Selasa (15/8/2023), Action Button bukan satu-satunya fitur di iPhone 15 Pro yang kabarnya akan hadir di iPhone SE4. Ada fitur lain yang juga bakal disematkan di iPhone SE generasi keempat ini.

Leaker Unknownz21 menyebut, iPhone SE Generasi 4 sebagai turunan yang efektif dari iPhone 14. Bahkan, ia menggemakan sejumlah laporan sebelumnya dari analis Apple Ming-Chi Kuo.

Dalam cuitan terbaru di platform X Twitter, Unknownz21 memberikan beberapa detail baru tentang iPhone murah berikutnya dari Apple. Salah satunya adalah aspek desain iPhone SE 4 yang didasarkan pada iPhone 14.

Selain itu, bocoran fitur iPhone SE 4  disebut-sebut akan menghadirkan port USB Type C pada perangkat. Jika benar, ini adalah iPhone SE pertama yang tidak menggunakan port Lightning.

Bukan hanya itu, iPhone SE 4 juga disebut-sebut akan memiliki Touch ID. Membantah rumor sebelumnya yang menyebutkan bahwa Apple bisa saja mempertahankan desain Touch ID di iPhone SE 4.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tetap Pertahankan Kamera Tunggal di Bodi Belakang iPhone SE 4

Menariknya lagi, leaker ini juga mengklaim bahwa iPhone SE4 akan menggunakan Action Button seperti iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Fitur ini pun akan menjadi pembeda yang jelas antara iPhone SE dan iPhone 15 serta iPhone 15 Plus.

Kedua iPhone 15 edisi standar itu tidak menawarkan fitur Action Button tersebut. Terlepas dari itu, sayangnya iPhone SE juga akan mempertahankan pengaturan kamera belakang tunggal seperti model saat ini.

Sebelumnya, awal pekan ini dilaporkan bahwa pabrikan tengah menawar untuk menerima pesanan dari Apple untuk memproduksi panel OLED iPhone SE generasi keempat. Jika benar, ini akan jadi peningkatan signifikan atas model layar LCD yang dipakai di iPhone SE sebelumnya.

Bukan hanya itu, iPhone SE generasi berikutnya juga diyakini sebagai salah satu iPhone pertama yang menggunakan modem 5G kustom Apple. iPhone SE 4 sendiri diperkirakan tak akan dirilis setidaknya hingga 2025. Jadi, perilisan iPhone SE generasi terbaru ini kemungkinan masih butuh waktu.

3 dari 4 halaman

iPhone SE 4 Dianggap Bakal Mengecewakan Meski Belum Rilis

Sebelumnya, sejumlah laporan menyebutkan Apple kemungkinan besar membatalkan peluncuran iPhone SE generasi keempat alias iPhone SE 4. Namun bocoran baru mengungkap, Apple tidak benar-benar 'membunuh' iPhone paling terjangkaunya itu.

Bahkan bocoran yang sama juga mengungkap, Apple tengah mempersiapkan debut iPhone SE berikutnya. Artinya, bersamaan dengan seri iPhone 15 yang dirilis tahun ini, ada perangkat baru yang lebih budget friendly alias lebih terjangkau.

Mengutip Gizchina, Selasa (7/3/2023), iPhone SE 4 memang tidak ditujukan untuk menawarkan pengalaman sempurna saat memakai iPhone.

Perangkat ini dirilis untuk memberikan gambaran ke pengguna, tentang bagaimana pengalaman menggunakan iPhone. Sayangnya jauh sebelum perangkat ini dirilis, lini iPhone SE 4 dinilai bakal mengecewakan, dibandingkan iPhone SE generasi sebelumnya.

 

4 dari 4 halaman

Bakal Rilis dengan Harga Rp 7 Jutaan?

Sekadar informasi, iPhone SE 4, jika ditilik berdasarkan versi sebelumnya, bakal hadir dengan harga USD 400 atau sekitar Rp 7 jutaan. Tentunya harganya jauh lebih rendah dibandingkan model iPhone lainnya yang dirilis.

Sayangnya di luar sana, ada banyak smartphone kelas menengah yang juga memiliki penawaran lebih baik, dengan rentang harga serupa atau lebih murah.

Meski iPhone SE bakal hadir dengan spesifikasi yang lebih baru, tentu Apple akan meminimalisasi desain perangkat ini agar harga tetap terjangkau. Bahkan bocoran terbaru menunjukkan bahwa iPhone SE 4 bakal terlihat persis seperti iPhone XR yang diluncurkan 5 tahun lalu, alias pada 2018.

Jadi seperti sebelumnya, iPhone SE generasi 4 ini ditengarai akan menjadi iPhone paling rendah dari Apple. Akan cukup bagi mereka yang ingin sekadar memiliki iPhone, tetapi tidak cukup menawarkan performa dan pengalaman keseluruhan iPhone, bagi Apple fans.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.