Sukses

Arti dan Fungsi Magic Number pada Sistem Pemrograman

Magic Number adalah angka-angka yang tersusun menjadi semacam kode yang sulit untuk dipahami. Lalu, apa maknanya?

Liputan6.com, Jakarta - Tidak banyak yang tahu, Magic Number merupakan angka-angka yang seringkali tersusun menjadi semacam kode yang sulit untuk dipahami apa maknanya.

Sebenarnya keberadaan angka-angka tersebut tidaklah berpengaruh atau merusak kode yang tersusun. Namun, susunan yang terbentuk tanpa adanya konteks tertentu, tentu saja sangat sulit untuk dipahami, bukan?

Kalian tidak perlu khawatir, untuk mengatasinya cukup menghilangkan Magic Number dan menggantinya dengan konstanta atau variabel dengan nama yang jelas.

Meskipun demikian, Magic Number adalah konstanta yang berfungsi untuk mengidentifikasikan file di antara format-format file yang berbeda.

Contohnya seperti, file PDF yang dimulai dengan magic text %PDF -> Hex (25 50 44 46) atau file PNG yang dimulai dengan magic text %PNG -> Hex (25 50 4E 47).

Tapi tetap saja, keberadaan Magic Number dalam pemrograman perlu dihindari karena itu mengarah pada anti-pola yang menyebabkan kode sulit dipahami dan dipelihara.

Maka dari itu, lebih disarankan untuk menggunakan konstanta untuk merepresentasikan nilai daripada menggunakan Magic Number, agar kode yang tersusun mudah terbaca.

Bagaimana Cara Menangani Magic Number?

Namai semua angka dengan nama variabel yang jelas. Dengan demikian, semua angka yang sama di setiap tempat yang berbeda akan terganti dengan nama variabel yang sama.

Selain itu, pemfaktoran ulang juga akan lebih mudah karena kalian hanya perlu mengubah satu variabel saja.

Terlebih, logika kode akan jauh lebih jelas, karena kalian akan dapat mengetahui perbedaan antara Magic Number ketika mereka tidak mewakili hal yang sama. 

Dengan menamai semua Magic Number, maka setiap variabel akan memiliki tautan antara satu dengan yang lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Seperti Apa Magic Number dalam Matematika?

Dalam matematika, jika jumlah digitnya secara rekursif, dihitung hingga satu digit. Jika angka tunggalnya 1, maka angka tersebut disebut Magic Number. Ini sangat mirip dengan Happy Number.

Sebagai contoh, 325 adalah angka ajaib. Hal ini dikarena jika digitnya dijumlahkan (3+2+5) hasilnya adalah 10.

Dan apabila angka 1 dan 0 tersebut dijumlahkan kembali, maka akan didapatkan satu digit (1) sebagai hasilnya. Oleh karena itu, angka 325 adalah Magic Number.

Ada banyak Magic Number yang dapat kalian temukan, beberapa di antaranya, seperti 1234, 226, 10, 1, 37, 46, 55, 73, dll.

Perhatikan bahwa jika suatu angka adalah Magic Number maka semua kemungkinan kombinasi angka tersebut juga akan menjadi Magic Number.

Contoh lainnya misal, 532, 253, 325, 235, 352, dan 523. Jumlah digit dari semua angka tersebut menghasilkan 10 dan apabila menjumlahkan kembali hasilnya (1+0), maka akan didapatkan satu digit yaitu 1.

3 dari 5 halaman

Bagaimana Menemukan Magic Number pada Program Java?

Magic Number pada program Java adalah nilai numerik yang digunakan langsung dalam kode tanpa penjelasan atau konteks yang jelas. Hal ini membuat kode sulit dipahami, dipelihara, dan dimodifikasi di Java. 

Berikut ini kami sajikan beberapa metode efektif untuk menemukan dan mengatasi Magic Number pada Java.

1. Tinjau kode secara menyeluruh

Periksa dengan cermat seluruh basis kode Java, cari literal numerik yang digunakan tanpa komentar atau penjelasan yang menyertainya. Magic Number di Java sering muncul sebagai nilai mentah tanpa konteks apapun.  

2. Gunakan konstanta deskriptif

Ganti Magic Number di Java dengan konstanta bernama yang memiliki nama bermakna. Konstanta Java membuat kode lebih mudah dibaca dan memberikan kejelasan tentang tujuan nilai numerik.  

3. Identifikasi angka berulang

Periksa nilai numerik berulang di seluruh kode Java. Jika kamu menemukan angka yang sama digunakan di banyak tempat, kemungkinan itu adalah Magic Number yang harus diganti dengan konstanta.  

4. Ikuti konvensi penamaan

Pastikan bahwa konstanta di Java diberi nama mengikuti konvensi penamaan yang konsisten. Ini membantu dalam mengidentifikasi angka mentah yang tidak mengikuti pola penamaan standar.  

5. Gunakan pencacahan untuk konstanta terkait

Jika program Java melibatkan sekumpulan konstanta terkait, gunakan pencacahan. Enumerasi mengelompokkan konstanta terkait bersama-sama, membuat kode lebih terorganisir dan cukup jelas.  

 

4 dari 5 halaman

Bisa Juga Menggunakan Bantuan Alat Analisis Kode

Buat metode pembantu Java yang merangkum Magic Number. Metode ini harus mengambil nilai numerik mentah sebagai input dan memberikan output yang bermakna berdasarkan konteksnya.  

Selain itu, kalian juga dapat manfaatkan alat analisis kode statis Java seperti FindBugs, SonarQube, atau PMD. Alat-alat ini dapat secara otomatis mendeteksi Magic Number potensial dan menandainya untuk ditinjau.  

Dengan menggunakan file konfigurasi di Java API , kalian dapat menyimpan angka-angka yang mungkin sering berubah atau yang membutuhkan nilai berbeda untuk berbagai lingkungan.

Itu dia informasi singkat terkait Magic Number yang mungkin kalian perlukan.

5 dari 5 halaman

Provinsi dengan Angka Melek Huruf Tertinggi pada Tahun 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini