Sukses

Cara Kirim Foto HD di WhatsApp

WhatsApp beberapa waktu lalu mengumumkan akan menghadirkan fitur baru pengiriman foto HD di aplikasi. Berikut cara mengirimkan foto HD di WhatsApp

 

Liputan6.com, Jakarta - Mengirim foto dengan WhatsApp kini jadi salah satu cara paling mudah untuk berbagi foto dengan teman atau keluarga.

Oleh karena itu, WhatsApp belum lama ini mengumumkan kehadiran fitur pengiriman foto HD. Pasalnya sebelumnya kirim foto via WhatsApp kerapkali membuat kualitas fotonya turun dan pecah.

Lantas, bagaimana cara kirim foto WhatsApp dengan kualitas HD?

Mengutip video yang dibagikan oleh bos Meta --pemilik platform Facebook dan WhatsApp-- Mark Zuckerberg, pengiriman foto HD melalui WhatsApp cukup mudah.

  • Kamu hanya perlu melakukan membuka WhatsApp dan memilih chat dengan orang atau grup obrolan yang ingin dikirimi foto.
  • Caranya sama seperti saat kamu hendak mengirimkan foto WhatsApp.
  • Baik itu memilih foto dari galeri atau menjepret foto dari kamera.
  • Selanjutnya ketika foto sudah dipilih, akan ada pengaturan HD di bagian atas foto yang hendak dikirim.
  • Klik pengaturan HD lalu kamu akan disodorkan dua opsi kualitas foto yang mau dikirimkan,, yakni foto dengan kualitas standar dan kualitas HD.
  • Pilih kualitas HD untuk mengirimkan foto yang memiliki resolusi tinggi.
  • Foto pun siap dikirim dengan menekan tombol pengiriman.

Meski begitu, menurut informasi yang dikirimkan WhatsApp ke Tekno Liputan6.com, fitur foto HD baru akan diluncurkan untuk pengguna global dalam beberapa minggu ke depan.

Selain itu, aplikasi WhatsApp juga tengah mempersiapkan pengiriman video berkualitas HD yang diklaim bakal segera hadir.

2 dari 4 halaman

Foto yang Dikirim Tetap Dikompres?

 

Sementara itu, mengutip laman Gizchina, Senin (21/7/2023), menurut WhatsApp, gambar yang dikirim jika memiliki pengiriman foto kualitas HD bisa mencapai resolusi 4.096x2.692 piksel.

Namun, bahkan dengan adanya update, pengguna bisa mengirim foto dengan kualitas standar.

Dalam hal ini, pemrosesan akan mengubah ukuran foto menjadi resolusi 1.600x1.052 piksel. Tetapi patut dipahami bahwa resolusi bukan satu-satunya hal yang penting.

Yang membuat WhatsApp tak begitu baik dalam hal berbagi foto adalah kompresi. Dalam resolusi standar, banyak kompresi yang dilakukan untuk membuat file gambar memiliki ukuran yang lebih kecil.

Meskipun WhatsApp tidak secara resmi mengatakan berapa banyak kompresi yang terjadi pada opsi foto HD, ini lebih rendah dari mode standar.

Itu berarti, file masih akan berukuran kecil dari aslinya. Dengan itu, WhatsApp pada dasarnya memudahkan pengguna untuk melihat dan mengunduh foto yang dikirim.

 

3 dari 4 halaman

Rilis Fitur Kirimkan Foto HD

CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa aplikasi messenger WhatsApp, kini bisa mengirimkan foto dalam kualitas tinggi atau High Definition (HD).

Seperti diketahui, kemampuan mengirimkan gambar dalam kualitas HD jadi salah satu fitur yang diinginkan oleh pengguna, mengingat kualitas foto yang dikirim di WhatsApp menurun dari aslinya atau dikompresi.

"Berbagi foto di WhatsApp baru saja ditingkatkan -- sekarang Anda dapat mengirim dalam format HD," tulis Mark Zuckerberg di akun Facebook-nya, dikutip Jumat (18/8/2023).

Dalam video yang dibagikan, Zuckerberg juga mengungkapkan langkah-langkah untuk membagikan foto dalam kualitas HD di aplikasi WhatsApp.

Ketika akan mengirimkan foto atau gambar, nantinya dengan fitur baru WhatsApp ini, kamu akan menemukan opsi untuk kualitas foto yaitu di "Standard Quality" dan "HD Quality."

 

4 dari 4 halaman

Fitur Share Screen Juga Dirilis WhatsApp

Sebelumnya, WhatsApp baru saja mendapatkan fitur di mana pengguna dapat berbagi tampilan layar atau share screen WhatsApp saat video call.

Yup, dengan fitur ini Anda dapat dengan mudah menunjukkan tampilan di layar ponsel kepada lawan bicara saat video call WhatsApp, baik itu tampilan seluruh layar atau hanya aplikasi tertentu.

Mengutip keterangan resmi Meta, Rabu (9/8/2023), pengguna akan memiliki opsi untuk membagikan seluruh layar atau aplikasi tertentu langsung dari fitur share screen WhatsApp ini.

"Pengguna bisa berbagi dokumen pekerjaan, menelusuri foto dengan keluarga, merencanakan liburan, atau sekadar membantu kakek-nenek dengan dukungan teknis lewat fitur ini," tulis Mark Zuckerberg dalam keterangannya.

Diketahui, fitur ini sebenarnya sudah ada di beberapa layanan konferensi video populer, seperti Zoom, Google Meet, atau Microsoft Teams.

Dalam siaran persnya, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa fitur ini sudah tersedia untuk seluruh pengguna WhatsApp di perangkat Windows, iOS, dan Android secara global.