Sukses

iPhone 15 Pro Bakal Punya Varian Warna Baru, Gantikan Warna Lama

Berdasarkan laporan terbaru, Apple akan menghadirkan varian baru untuk lini iPhone 15 Pro dan akan menggantikan warna yang hadir di generasi pendahulunya.

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran terbaru mengenai iPhone 15 Pro menjelang peluncurannya kembali muncul di internet. Kali ini, bocoran membahas soal kehadiran warna baru di iPhone terbaru itu.

Mengutip informasi dari 9to5mac, Selasa (29/8/2023), berdasarkan laporan terbaru, lini 15 Pro akan memiliki warna baru bernama Titan Gray. Meski penggunaan namanya belum pasti, warna baru ini disebut hadir menyesuikan komponen baru di lini iPhone 15 Pro.

Sebagai informasi, Apple disebut akan menggunakan titanium di iPhone 15 Pro, menggantikan stainless steel. Penggunaan komponen baru ini yang kemudian disebut jadi alasan perusahaan merilis varian warna baru.

Dari render yang beredar, Titan Gray memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan silver/white. Namun lebih terang jika dibandingkan space black/graphite.

Varian warna baru iPhone ini ini disebut-sebut akan menggantikan opsi warna gold yang hadir di generasi pendahulunya. Kendati demikian, informasi detail mengenai hal ini masih perlu menunggu pengumuman resmi yang akan dilakukan Apple pada September 2023.

Selain itu, berdasarkan informasi yang beredar sebelumnya, hanya iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan menggunakan chipset terbaru Apple yakni A17 Bionic.

Dua varian iPhone Pro itu juga disebut-sebut masih akan mempertahankan RAM 6GB. Namun, ada kemungkinan perusahaan sudah menggunakan LPDDR5 yang lebih cepat besutan Samsung atau Micron.

Kendati demikian, ada pula laporan yang menyebut, Apple kabarnya akan menyediakan dua opsi RAM untuk iPhone 15 Pro dengan chipset A17. Informasi ini terungkap lewat cuitan leaker bernama Unknown21 @URedditor.

"Tampaknya opsi RAM 8GB dan 6GB untuk chipset A17 Bionic pernah diuji coba," kutip @URedditor via GSM Arena. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPhone 15 Pro Bakal Punya Opsi Memori Internal Lebih Besar

Selain itu, bocoran lain juga menyebut kalau Apple akan menambah dukungan memori internal untuk iPhone terbaru tersebut hingga dua kali lipat dibandingkan pendahulunya.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Rabu (8/8/2023), berdasarkan bocoran dari Red Lotus Technology, iPhone 15 Pro akan hadir dengan opsi memori internal mulai dari 256GB dengan kapasitas penyimpanan tertinggi mencapai 2TB.

Penyimpanan ini jelas lebih besar dari iPhone 14 Pro. Sebagai informasi, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max menawarkan kapasitas penyimpanan mulai dari 128GB dengan kapasitas paling besar 1TB.

Kehadiran opsi baru ini pun menguatkan rumor sebelumnya yang menyebut kalau harga iPhone 15 Pro akan lebih mahal dari sebelumnya. Namun, ada pula prediksi yang menyebut kalau perubahan harga iPhone baru tersebut tidak akan berbeda dari generasi sebelumnya.

Alasannya, harga iPhone 14 Pro untuk varian 256GB di Amerika Serikat kini sudah dibanderol USD 1.100 atau sekitar Rp 16,7 juta. Karenanya, ada kemungkinan Apple akan memberikan harga yang sama untuk varian iPhone 15 Pro 256GB, mengingat harga untuk iPhone 14 Pro akan turun setelahnya.

Kendati demikian, mengingat ini masih sebatas rumor, informasi mengenai kepastiannya masih perlu menunggu pengumuman resmi dari Apple. Di sisi lain, laporan menyebut kalau Apple akan menggelar acara peluncuran lini iPhone 15 pada pekan ketiga September 2023.

3 dari 4 halaman

Harga iPhone 15 Pro yang Rilis Tahun Ini Bakal Lebih Mahal

Sebelumnya, menurut Jeff Pu dari Haitong International Tech Research, seperti dikutip dari Apple Insider, Selasa (12/7/2023), Jeff menuturkan ada kemungkinan harga iPhone 15 Pro akan lebih mahal dari pendahulunya.

Hal ini didasarkan pada kehadiran fitur baru yang dibenamkan Apple untuk varian Pro. Kendati demikian, fitur tersebut tidak seluruhnya hadir di perangkat iPhone 15 Pro, hanya varian dengan ukuran layar yang lebih besar.

Dari rumor yang beredar, iPhone 15 Pro Max memang disebut akan memiliki baterai lebih besar dan akan didukung lensa periskop. Kehadiran lensa itu membuat iPhone baru ini akan memiliki zoom optik lebih besar dari model yang lama.

Lalu rumor lain juga menyebut, Apple akan menggunakan sensor baru untuk kamera lini iPhone 15. Kabarnya, sensor itu bisa meningkatkan kemampuan kamera iPhone 15 di kondisi minim cahaya, sekaligus kualitas gambar yang lebih baik.

Kendati demikian, Jeff tidak merinci jumlah kenaikan harga yang dimaksud. Hanya ia memperkirakan, varian Pro ini akan lebih populer ketimbang iPhone 15 di awal peluncurannya.

Prediksi ini cukup beralasan, karena memang permintaan untuk iPhone versi Pro selalu tinggi dalam lima bulan pertama setelah rilis. Baru kemudian, permintaan akan lebih seimbang antara varian Pro dan standar setelah satu tahun.  

4 dari 4 halaman

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max Bakal Hadir dalam Jumlah Terbatas?

Di samping itu, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max disebut-sebut akan hadir dalam jumlah terbatas. Pasalnya, menurut sumber The Information, yang Tekno Liputan6.com kutip, masalah pasokan berdampak pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max sebelumnya dikabarkan bakal pakai pasokan layar dari manufaktur LG, guna membuat bezel yang sangat tipis, sesuai desain yang diinginkan Apple.

Namun sayangnya, layar LG gagal uji tes keandalan, karena layar menyatu dengan sasis dan hal ini memaksa Apple mengubah desain kedua model iPhone flagship.

The Information mengklaim, Apple memiliki layar dari Samsung yang sudah lulus tes keandalan, tapi jumlah pasokan layar tidaklah cukup. Hal ini pun diperkirakan menyebabkan kekurangan stok saat perangkat iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Series dirilis.

Masih dari The Information, peluncuran iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan berjalan tepat waktu meski dalam stok terbatas.

(Dam/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.