Sukses

Top 3 Tekno: Pesawat Tempur Tanpa Pilot hingga Akun Instagram Palsu Tim Cook

Pesawat tempur tanpa pilot berbasis AI, XQ-58A Valkyrie, milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat tempur tanpa pilot berbasis AI, XQ-58A Valkyrie, milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (29/8/2023) kemarin.

Informasi lain yang juga populer datang dari akun Instagram palsu Tim Cook yang sampai membuat para petinggi dan karyawan Apple terkecoh.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. AS Kembangkan Pesawat Tempur Tanpa Pilot 'Berotak' AI, Ungguli China?

Di era teknologi yang semakin canggih, kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) telah mengambil peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk militer. Salah satu perkembangan terbaru dalam penggunaan AI dalam militer adalah pengenalan pesawat tempur tanpa pilot yang dikenal sebagai XQ-58A Valkyrie.

Tekno Liputan6.com merangkum dari The New York Times, Selasa (29/8/2023), tentang bagaimana AI digunakan dalam militer, khususnya pada pengembangan pesawat tempur tanpa pilot, serta dampaknya dalam perang modern.

Pesawat eksperimental XQ-58A Valkyrie yang dimiliki oleh Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) menunjukkan bagaimana teknologi AI dapat memperluas kapabilitas militer.

Pesawat ini bukan hanya sekadar pesawat tanpa pilot biasa. Di dalamnya terdapat AI yang mengendalikannya, menjadikannya pesawat generasi baru yang memiliki potensi besar untuk mendukung pesawat tempur konvensional dalam pertempuran.

Tujuan utama Valkyrie adalah menggabungkan teknologi AI dan sensor-sensornya untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi ancaman musuh. Setelah mendapatkan persetujuan dari pilot manusia, pesawat ini dapat melancarkan serangan terhadap target musuh.

Dengan teknologi ini, militer dapat mengirimkan pasukan pesawat tempur tanpa pilot yang sangat andal untuk mendukung pilot manusia dalam pertempuran.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Petinggi dan Karyawan Apple Terkecoh Akun Palsu Tim Cook, Kena Hapus Instagram

Beberapa waktu lalu, sejumlah warganet sempat dikejutkan dengan kehadiran akun Instagram CEO Apple Tim Cook. Hal ini mengejutkan, karena ia memang dikenal tidak aktif di platform milik Meta tersebut.

Usut punya usut, akun tersebut ternyata bukan milik Tim Cook. Mengutip informasi dari 9to5mac, Selasa (29/8/2023), akun dengan nama @tim.d.cook tersebut ternyata palsu.

Padahal, akun tersebut sempat meyakinkan sejumlah orang. Bahkan, petinggi Apple seperti Lisa Jackson diketahui sempat mem-follow akun tersebut, termasuk beberapa karyawan perusahaan tersebut.

Akun itu memang diketahui berhasil mengecoh sejumlah orang karena dianggap mampu meniru Tim Cook. Sebagai contoh, di unggahan pertamanya pada 20 Agustus 2023, akun tersebut menampilkan dua foto yang diambil dengan iPhone pada World Photography Day.

Lalu di unggahan kedua, akun itu mengunggah iklan kampanye Apple yang bekerja sama dengan 3DPets. Pola ini mirip dengan Tim Cook yang diketahu tidak pernah mengunggah konten pribadi.

Saat ini, akun Tim Cook palsu tersebut diketahui sudah di-take down oleh Instagram. Karenanya, akun tersebut sudah tidak bisa lagi dicari di platform tersebut.

Tim Cook sendiri memang dikenal sebagai pribadi yang tidak bergabung di banyak media sosial. Sejak 2013, ia diketahui hanya memiliki akun Twitter dan Weibo asal Tiongkok.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Bikin Heboh Internet, Ini 5 Monster Selain Loch Ness yang Bikin Geger

Sosok monster Loch Ness kembali menarik perhatian. Alasannya, baru-baru ini, digelar perburuan monster tersebut secara besar-besaran.

Digelar di Skotlandia, pihak penyelenggara menyebut acara ini merupakan perburuan monster Loch Ness terbesar yang diselenggarakan selama 50 tahun. Para peserta yang berpartisipasi membawa beragam teknologi untuk mendukung perburuan.

Beberapa di antara mereka membawa sonar untuk memetakan dasar danau, drone pencitraan termal untuk memindai permukaan, serta hidrofon untuk mendengar suara aneh dari kedalaman.

Perlu diketahui, Loch Ness merupakan salah satu monster mitos yang menjadi perbincangan sejak lama. Namun tahukah kamu, ada pula beberapa monster mitos lain yang diperdebatkan keberadaannya.

Nah, apa saja monster selain Loch Ness yang masih menjadi pertanyaan banyak orang? Simak beberapa di antaranya:

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Deretan Kecelakaan Pesawat di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir (Liputan6.com / Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini