Sukses

Enggak Perlu Bingung, Ini 20 Istilah AI yang Wajib Kamu Pahami

Seiring dengan semakin terbiasanya masyarakat dengan dunia yang terkait dengan AI, istilah-istilah baru bermunculan di mana-mana. Berikut ini adalah beberapa istilah AI yang harus kamu ketahui,

Liputan6.com, Jakarta - Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) merupakan temuan terpopuler abad ini. Bahkan, banyak perusahaan besar yang berlomba-lomba membuat produk AI masing-masing melalui berbagai fitur, tak terkecuali chatbot.

ChatGPT misalnya, chatbot AI dari OpenAI yang memiliki kemampuan luar biasa untuk menjawab pertanyaan apa pun. Dirilis pada November 2022, ChatGPT merupakan alat berbasis AI paling populer untuk saat ini.

ChatGPT juga dapat membantu tugas kamu, mulai dari menulis puisi, resume, dan rencana liburan. 

Namun, chatbot AI hanyalah salah satu bagian dari dunia AI. Tentu saja, memanfaatkan ChatGPT untuk membantu mengerjakan pekerjaan akan menjadi tren yang kian berkembang.

Belum lagi dengan banyaknya inovasi dan kemudahan yang ditawarkan tiap perusahaan, menyebabkan pengalaman menggunakan alat AI akan kian beragam.

Seiring dengan semakin terbiasanya masyarakat dengan dunia yang terkait dengan AI, istilah-istilah baru bermunculan di mana-mana.

Jadi, apakah kamu ingin terdengar pintar saat minum-minum atau ingin tampil mengesankan saat wawancara kerja?

Berikut ini adalah beberapa istilah AI yang harus kamu ketahui, dikutip dari CNET, Senin (4/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Mengenali Pola Pengguna

1. Algoritma

Serangkaian instruksi yang memungkinkan program komputer mempelajari dan menganalisis data dengan cara tertentu, seperti mengenali pola, untuk kemudian dipelajari dan dikaitkan dengan tugas-tugasnya sesuai pola tersebut. 

2. Kecerdasan buatan, atau AI

Penggunaan teknologi untuk mensimulasikan kecerdasan manusia, baik dalam program komputer maupun robotika. Sebuah bidang dalam ilmu komputer yang bertujuan untuk membangun sistem yang dapat melakukan tugas-tugas manusia.

3. Chatbot

Program yang berkomunikasi dengan manusia melalui teks yang mensimulasikan bahasa manusia.

4. AI Generatif

Teknologi penghasil konten yang menggunakan AI untuk membuat teks, video, kode komputer, atau gambar. AI diberi sejumlah besar data pelatihan, menemukan pola untuk menghasilkan respons baru, yang terkadang mirip dengan materi sumber.

5. Model bahasa besar, atau LLM

Model AI yang dilatih dengan data teks dalam jumlah besar untuk memahami bahasa dan menghasilkan konten baru dalam bahasa yang mirip dengan manusia.

 

3 dari 6 halaman

Deep Learning

6. Deep Learning

Sebuah metode AI, dan subbidang dari mesin analisis yang menggunakan beberapa parameter untuk mengenali pola kompleks dalam gambar, suara, dan teks. Proses ini terinspirasi oleh otak manusia dan menggunakan jaringan saraf tiruan untuk menciptakan pola.

7. End-to-end learning

Proses pembelajaran mendalam yang menginstruksikan model untuk melakukan tugas dari awal hingga akhir. Model ini tidak dilatih untuk menyelesaikan tugas secara berurutan, melainkan belajar dari masukan dan menyelesaikannya sekaligus. 

8. Augmentasi data

Menggabungkan data yang sudah ada atau menambahkan kumpulan data yang lebih beragam untuk melatih AI.

9. ChatGPT

Chatbot AI yang dikembangkan oleh OpenAI yang menggunakan teknologi model bahasa besar (LLM).

10. Google Bard

Chatbot AI dari Google yang berfungsi mirip dengan ChatGPT tetapi mengambil informasi dari web saat ini, sedangkan ChatGPT terbatas pada data hingga tahun 2021 dan tidak terhubung ke internet.

 

 

4 dari 6 halaman

Saingan ChatGPT?

11. Pembelajaran mesin, atau ML

Komponen dalam AI yang memungkinkan komputer untuk belajar dan membuat hasil prediksi yang lebih baik tanpa pemrograman eksplisit. Dapat digabungkan dengan set pelatihan untuk menghasilkan konten baru.

12. Microsoft Bing

Mesin pencari dari Microsoft yang sekarang dapat menggunakan teknologi yang mendukung ChatGPT untuk memberikan hasil pencarian yang didukung oleh AI. Mirip dengan Google Bard yang terhubung ke internet.

13. Natural language processing

Cabang AI yang menggunakan pembelajaran mesin dan pembelajaran mendalam untuk memberikan komputer kemampuan untuk memahami bahasa manusia, sering kali menggunakan algoritme pembelajaran, model statistik, dan aturan linguistik.

14. Text-to-image generation

Membuat gambar berdasarkan deskripsi tekstual.

15. AI multimodal

Jenis AI yang dapat memproses berbagai jenis input, termasuk teks, gambar, video, dan ucapan.

5 dari 6 halaman

Perintah ChatGPT

16. Parameter

Nilai numerik yang memberikan struktur dan perilaku LLM, yang memungkinkannya membuat prediksi.

17. Prompt chain

Kemampuan AI untuk menggunakan informasi dari interaksi sebelumnya untuk mewarnai respons di masa depan.

18. Model transformator

Arsitektur jaringan saraf dan model pembelajaran mendalam yang mempelajari konteks dengan melacak hubungan dalam data, seperti dalam kalimat atau bagian gambar. Jadi, alih-alih menganalisis kalimat satu per satu, model ini dapat melihat keseluruhan kalimat dan memahami konteksnya.

19. Weak AI, atau Narrow AI

AI yang berfokus pada tugas tertentu dan tidak dapat belajar di luar keahliannya. Sebagian besar AI saat ini adalah AI yang lemah.

20. Zero-shot learning

Tes di mana model harus menyelesaikan tugas tanpa diberikan data pelatihan yang diperlukan. Contohnya adalah mengenali singa sementara hanya dilatih dengan harimau

6 dari 6 halaman

Infografis film dengan tema kehancuran bumi di masa depan (Triyasni/Liputan6.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini