Sukses

Game Only Up Hilang dari Steam Gara-Gara Pengembang Stres Karyanya Viral

Pengembang game Only Up! yang viral usai banyak dimainkan streamer itu mencabut permainannya dari Steam karena mengaku stres.

Liputan6.com, Jakarta - Game viral yang sempat ramai dimainkan oleh para streamer di YouTube dan Twitch, Only Up, tiba-tiba menghilang dari platform Steam.

Pantauan Tekno Liputan6.com pada Sabtu (9/9/2023) siang, saat mencoba mencari game Only Up di Steam, permainan ini sudah tidak bisa ditemukan.

Sementara jika mencari melalui Google, laman Steam Only Up! tidak lagi menampilkan gambar dari game ini, serta tombol untuk pembelian pun sudah tidak lagi ditampilkan.

Selain itu, tertulis juga bahwa game PC Only Up! tidak lagi tersedia di toko Steam dan pengembangnya sudah berganti nama menjadi "Indiesolodev."

Yang tersisa dari laman itu kini hanyalah ulasan dari para pemain, di mana sebagian besar memberikan nilai yang positif untuk gim dengan gameplay sederhana namun memiliki tingkat kesulitan yang tinggi ini.

Ditelusuri lebih lanjut, ternyata pembuat Only Up!, SKCR Games, mengalami masalah yang sama dengan apa yang pernah dialami oleh kreator Flappy Bird, karena kesuksesan dari game tersebut.

Dalam pemberitahuan mengenai update Only Up!, pembuat game viral itu mengklaim bahwa dia adalah pengembang solo, dan permainan tersebut adalah pengalaman pertamanya di Gamedev.

Game Only Up itu dia buat sebagai bentuk kreativitas untuk menguji dirinya sendiri, dan dia banyak membuat kesalahan.

"Gim ini membuat saya sangat stres selama beberapa bulan ini. Sekarang saya ingin melupakan gim itu," tulis pengembang dalam postingan di laman Steam Community.

"Dan ya, game ini tidak akan tersedia di Steam store segera, itulah yang saya putuskan sendiri. Yang saya butuhkan sekarang adalah ketenangan pikiran dan pemulihan," kata si pengembang. 

2 dari 4 halaman

Bukan Pertama Kalinya Hilang dari Steam

Ia pun mengatakan bakal rehat, melanjutkan pendidikan di bidang desain gim, dan "dengan pengalaman dan pengetahuan baru untuk mengarahkan energi saya ke game saya berikutnya dengan judul kerja 'Kith.'"

Kith pun dijanjikan akan menghadirkan konsep baru dengan realisme, genre, dan latar yang sangat berbeda, dengan penekanan pada sinematografi.

"Kali ini saya berharap proyek ini akan dibuat oleh tim kecil. Ini adalah proyek yang menantang dan saya ingin meningkatkan keterampilan saya dalam desain game secara signifikan," ujarnya.

Mengutip IGN, ini bukan pertama kalinya Only Up! ditarik dari Steam. Akhir Juni lalu, Only Up ditarik dari platform Valve itu karena masalah aset yang ternyata memiliki hak cipta.

Namun gim ini dikembalikan ke Steam setelah menghapus aset yang bermasalah.

3 dari 4 halaman

Tak Bisa Lagi Dibeli di Steam

Meski begitu, dalam update 5 Juli, pengembang mengklaim aset "gadis anime", "tidak sengaja masuk ke dalam game," dan masalah ini sudah diselesaikan oleh pembuat aset "dengan baik-baik."

"Terima kasih kepada mereka yang menyadari kekurangan dalam game ini," kata sang pengembang saat itu.

"Terkadang pengembang pemula menemukan diri mereka dalam situasi seperti itu, dan bahkan pasar resmi untuk pengembang dapat menjual perangkat yang berisi aset orang lain," ujarnya.

Selain itu, Only Up! juga diketahui diam-diam mempromosikan NFT.

Dikutip dari Gamerant, hilangnya Only Up! dari Steam membuat gim ini tidak bisa dibeli lagi dari platform itu. Meski begitu, mereka yang sudah membelinya dulu masih bisa memainkannya dari Steam Libraries.

Tidak diketahui apakah nantinya Only Up! akan hadir lagi di Steam atau akan benar-benar dicabut.

4 dari 4 halaman

Mirip dengan Ditariknya Flappy Bird

Masalah serupa juga pernah dialami Dong Nguyen, pembuat gim seluler Flappy Bird yang populer pada tahun 2014, di mana dia menarik karyanya dari App Store dan Google Play Store.

Saat itu, Nguyen mengatakan dia merasa bersalah karena Flappy Bird telah menjadi "produk yang membuat ketagihan", dan hidupnya menjadi tidak nyaman.

"Saya tidak bisa tidur," kata Dong Nguyen kala itu. "Saya rasa itu bukan suatu kesalahan. Saya sudah memikirkannya dengan matang."

Only Up sendiri ramai karena setelah banyak dimainkan oleh para streamer. Tidak sedikit mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyelesaikannya, atau malah melakukan rage quit saking sulitnya.

Game petualangan ini punya cara main yang sederhana. Pemain akan menjadi seorang anak laki-laki, yang harus berlari dan melompat melewati berbagai rintangan dan obyek-obyek melayang, untuk menuju ke angkasa.

Yang bikin sulit, saat pemain jatuh dari ketinggian, dia mungkin akan kembali ke tempat yang jauh, atau bukan tidak mungkin, sampai ke dasar atau mengulang dari awal permainan.