Sukses

Sehari Bersama Oppo A98 5G, Memotret Burung hingga Ular Eksotis di TMII

Berikut ini pengalaman singkat memakai HP Oppo A98 5G untuk memotret burung hingga ular di TMII, Jakarta selama seharian.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo A98 5G jadi salah satu smartphone kelas menengah Oppo dari A Series, yang diluncurkan baru-baru ini di Indonesia.

Salah satu yang ditawarkan Oppo dari ponsel ini adalah bagaimana perangkat tersebut cocok untuk dipakai sehari-hari, karena memiliki daya tahan baterai yang panjang. 

Tidak cuma daya tahan baterai dan jangka waktu pemakaian yang diklaim dapat bertahan lama, namun untuk foto sehari-hari seperti saat liburan atau bekerja, A98 5G juga masih layak dipakai.

Beberapa waktu lalu, Tekno Liputan6.com berkesempatan menjajal kemampuan Oppo A98 5G untuk dipakai seharian memotret suasana di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Ada dua lokasi di TMII yang disambangi untuk mencoba kemampuan kamera dari Oppo A98 5G yaitu Taman Burung dan Museum Komodo.

Bagaimana pengalaman kami memakai ponsel ini? Dari segi desain, Oppo A98 5G juga masih terbilang enak dimasukkan dalam saku karena bentuknya yang tipis meskipun sudah dipakaikan casing.

Bicara soal daya, HP Oppo ini sudah diisi penuh malam hari dan masih 100 persen di pagi hari, kemudian dipakai mengambil gambar seharian, saat pukul 7 atau 8 malam saat tiba di rumah, baterainya berkurang sekitar 53 persen.

Pengaturan kamera pada Oppo A98 5G sendiri terdiri dari kamera AI 64MP, Selfie 32MP, Depth 2MP, dan Lensa Mikro 2MP.

HP Oppo ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Portrait Mode, AI Portrait Retouching, Selfie HDR, AI Color Portrait, dan masih banyak lagi. Terdapat juga pembesaran 40 kali pada Lensa Mikro

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasil Foto dengan Oppo A98 5G

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada dua lokasi mengambil foto di TMII: Taman Burung dan Museum Komodo.

Di Taman Burung, pencahayaan alami terbilang cukup dengan banyak pepohonan yang berada di lokasi tersebut, serta sinar matahari yang hari itu tampak malu-malu menunjukkan teriknya.

Dengan kondisi ini, hasil foto yang didapatkan terbilang cukup oke, bahkan ada beberapa yang bisa dibilang bagus.

Memang di beberapa tempat di mana sinar matahari tertutupi rimbunnya pepohonan, memotret burung dengan HP ini membutuhkan kesabaran ekstra, apalagi hewan-hewan tersebut seringkali bergerak cepat.

Sementara di Museum Komodo, tempat banyak hewan-hewan seperti komodo, ular dan kura-kura di dalam kaca dengan lingkungan bercahaya minim, memotret dengan Oppo A98 5G jadi lebih menantang.

Untungnya, ketika mengambil gambar dari luar kaca, di mana terdapat pencahayaan dan lingkungan yang baik di dalamnya, hasil foto masih terlihat oke, tanpa menunjukkan hewan-hewan itu berada dalam akuarium.

Berikut hasil foto dengan Oppo A98 5G:

3 dari 4 halaman

Oppo A98 5G Rilis di Indonesia

Oppo A98 5G sendiri hadir di Indonesia dengan opsi warna Dreamy Blue dan Cool Black, serta membawa desain dengan proses Oppo Glow untuk menciptakan efek kristal berkilauan dan finishing tahan sidik jari.

Smartphone ini memiliki berat sekitar 192 g dengan ketebalan sekitar 8,2 mm. Perangkat ini juga dilengkapi penutup belakang lengkung 3 dimensi untuk memberikan genggaman meski perangkatnya lebih tipis.

Untuk baterainya berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan pengisian daya 67W SuperVOOC. Fitur ini diklaim dapat membuat baterai Oppo A98 dapat terisi 100 persen dalam waktu 44 menit.

Diisi selama 5 menit, HP Oppo ini diklaim bisa dipakai untuk 6 jam panggilan telepon atau 2,5 jam menonton YouTube.

Saat terisi penuh, baterainya dapat bertahan digunakan untuk melakukan panggilan telepon selama 39 jam, menonton YouTube selama 16 jam, atau memainkan game selama 8,4 jam.

Oppo A98 juga dilengkapi Battery Health Engine yang memungkinkan baterai mempertahankan 80 persen dari kapasitasnya setelah 1.600 siklus pengisian dan pengosongan.

Fitur Battery Health Engine ini menjaga performa baterai hingga empat tahun pemakaian dengan asumsi pengisian rata-rata sekali sehari.

Untuk layar, smartphone ini berukuran 6,72 inci dengan Refresh Rate 120Hz. Refresh rate tinggi akan memberikan pengalaman yang jauh lebih mulus dan responsif saat menjelajahi aplikasi media sosial atau memainkan game.

 

4 dari 4 halaman

Spesifikasi dan Harga Oppo A98 5G

Prosesor dari smartphone ini memakai Snapdragon 695 5G, sehingga memberikan performa yang bertenaga dan andal, serta lebih irit daya.

Oppo A98 5G dibekali RAM 8 GB dan penyimpanan besar ROM 256 GB, dengan didukung ekspansi kartu SD hingga 1 TB.

Oppo juga menghadirkan fitur RAM Expansion, untuk mengubah penyimpanan ROM yang tidak terpakai menjadi RAM sementara hingga maksimal 8 GB.

Oppo mengklaim smartphone ini menawarkan penggunaan yang lebih awet dan lama bagi penggunanya.

A98 5G telah lulus uji 48 Bulan Fluency Protection yang dilakukan di lab Oppo, dengan hasil telah mencatat tingkat penurunan performa rata-rata kurang dari 10 persen setelah penggunaan sehari-hari selama empat tahun.

Ketahanan pemakaian Oppo A98 5G ini juga dibuktikan setelah ponsel tersebut melewati enam proses pengujian, yang dirancang untuk mengukur ketahanan terhadap tes jatuh, air, radiasi, perubahan iklim, dan stabilitas sinyal.

Oppo A98 dilepas ke pasar Indonesia dengan harga Rp 4.899.000, yang dapat dipesan secara pre-order mulai 14 sampai 21 September 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.