Sukses

Oppo A98 5G Punya Jaminan Masa Pakai 4 Tahun, Ini Rahasianya

Oppo mengungkapkan rahasia yang bikin HP teranyar mereka, Oppo A98 5G, bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama sampai 48 bulan atau sekitar 4 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo beberapa waktu merilis HP kelas menengah baru mereka Oppo A98 5G di Indonesia, di mana daya tahan perangkat jadi salah satu unggulan smartphone ini.

Menurut perusahaan, Oppo A98 5G bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari dalam jangka waktu yang lama, indoor atau pun outdoor, dan diklaim siap menghadapi segala cuaca.

Perusahaan asal Tiongkok ini menyebut, smartphone mereka ini juga memiliki performa yang dapat diandalkan bahkan hingga 48 bulan atau 4 tahun lamanya.

Mengutip siaran pers, Selasa (3/10/2023), Oppo mengungkapkan beberapa "rahasia" dari daya tahan Oppo A98 5G, agar tahan banting dan dapat menjaga performanya dalam waktu yang lama.

Pertama, HP Oppo A98 5G disebut sudah lolos pengujian kualitas tahan lama, di mana smartphone ini sudah melewat enam proses pengujian untuk mengukur ketahanannya.

Enam proses pengujian tersebut dirancang untuk mengukur ketahanan terhadap tes jatuh, air, radiasi, perubahan iklim, dan stabilitas sinyal.

Oppo mengatakan, A98 5G juga lolos pengujian kualitas tahan lama seperti uji jatuh sudut tetap 1 meter, 150 kali tes siklus jatuh, 14.000 kali tes jatuh mikro, tes percikan air, hingga 1.000 kali tes remas 25 kg.

Selain itu, smartphone baru yang dirilis Oppo pertengahan September ini juga sudah melewati tes diputar, 500.000 kali tes stres tombol daya, 20.000 kali tes stres plug-in usb, hingga 168 jam di suhu 65 derajat celsius dan uji kelembaban relatif 95 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mempertahankan Kualitas Baterai

Beralih ke sektor baterai, Oppo menyematkan Battery Health Engine, untuk masa pakai baterai yang diklaim bisa bertahan sampai 1.600 siklus pengisian daya.

Fitur tersebut bertujuan untuk menjaga performa baterai tetap optimal hingga pemakaian empat tahun. Sementara untuk keamanan selama proses pengisian daya, digunakan 5-Layer Charging Protection.

Terakhir, Oppo A98 5G melalui serangkaian pengujian untuk Perlindungan Kelancaran 48 bulan. Pengujian dilakukan di lab Oppo dengan simulasi pemakaian sehari-hari selama periode 48 bulan atau 4 tahun.

Dynamic Computing Engine juga menjadi serangkaian optimalisasi sistem, yang dirancang untuk meningkatkan performa komputasi dan kecepatan pembukaan aplikasi.

Spesifikasi Oppo A98 5G, prosesornya menggunakan Snapdragon 695 5G, dengan RAM 8 GB yang dapat diekspansi dengan fitur RAM Expansion hingga 8 GB.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Oppo A98 5G

Oppo A98 5G dapat mengubah penyimpanan ROM yang tidak terpakai menjadi RAM sementara hingga maksimal 8 GB. Lalu untuk ROM-nya sebesar 256 GB, yang masih bisa ditambah dengan kartu SD sampai 1 TB.

Untuk layarnya menggunakan LCD berukuran 6,72 inci dengan Refresh Rate 120Hz. Smartphone buat pasar kelas menengah dari Oppo ini juga sudah datang dengan sistem operasi ColorOS 13.1.

Dari sektor desain, A98 5G di Indonesia datang dalam dua pilihan warna yaitu Dreamy Blue dan Cool Black, yang membawa proses Oppo Glow untuk menciptakan efek berkilauan dan finishing tahan sidik jari.

Oppo A98 5G memiliki berat sekitar 192 g dan ketebalan sekitar 8,2 mm. Ia juga dilengkapi penutup belakang lengkung 3 dimensi untuk memberikan pengalaman genggaman yang nyaman dengan bodi lebih tipis.

4 dari 4 halaman

Kamera Oppo A98 5G

Baterainya berukuran 5.000 mAh, dengan dukungan pengisian daya cepat 67W SuperVOOC.

Untuk kamera, digunakan pengaturan kamera AI 64 MP, selfie 32 MP, depth 2 MP, dengan lensa mikro 2 MP. Lensa mikronya mendukung pembesaran hingga 40 kali.

Fitur-fitur fotografi lain yang dibawa Oppo melalui smartphone teranyar mereka ini di antaranya Portrait Mode, AI Portrait Retouching, Selfie HDR, AI Color Portrait, dan lain-lain. Oppo A98 5G dijual di Indonesia dengan harga Rp 4.899.000.

(Dio/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.