Sukses

MPLI 2023: Kapan, Dimana, dan Siapa Saja yang Akan Berlaga di Turnamen MLBB Internasional?

ONE Esports MPLI 2023 akan menjadi turnamen offline MLBB pertama yang melibatkan tim dari NA, MENA, dan China. Simak jadwal, format, dan hadiah turnamen ini di sini.

Liputan6.com, Jakarta - ONE Esports baru saja mengumumkan kabar tentang ajang kompetisi ONE Esports MPL Invitational (MPLI) 2023 yang akan digelar di Jakarta, Indonesia.

Adapun MPL Invitational 2023 ini akan berlangsung dari 15 hingga 19 November 2023 ini akan melibatkan tim MLBB internasional dari Amerika Utara (NA), Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA), dan China untuk pertama kalinya.

MPLI 2023 menandai langkah maju signifikan dalam evolusi MPLI karena menyelenggarakan edisi offline pertamanya, dan menyambut tim dari kawasan-kawasan kunci ini.

“Setiap tahun, kami berusaha untuk memperluas cakupan MPLI, dan tahun ini tidak terkecuali,” kata Carlos Alimurung, CEO, ONE Esports, dalam keterangan resminya, Selasa (10/10/2023).

Dia menambahkan, "Kami sangat senang memperkenalkan edisi offline pertama dari MPLI dan mengucapkan selamat datang kepada tim MLBB dari NA, MENA, dan China."

Ada 16 tim dari delapan negara dan wilayah akan bertanding di Babak Grup ONE Esports MPLI 2023 pada 15 hingga 16 November 2023.

Nantinya tim-tim yang lolos akan berlaga secara offline di GBK Basketball Hall di Jakarta, Indonesia, untuk Babak Playoff dan Grand Final MPLI 2023 dari 17 hingga 19 November.

Tim-tim esports MLBB akan bertanding dengan kemampuan terbaiknya, dan berebut title juara dan uang hadiah sebesar USD 100.000 atau Rp 1,6 miliar.

“Pemirsa akan mendapatkan pengalaman menarik karena mereka dapat menyaksikan tim China berpartisipasi secara internasional untuk pertama kalinya," kata ujar Ray Ng, Kepala Ekosistem Esports, Moonton Games.

Pada gelaran tahun ini, ada enam tim MLBB Indonesia yang akan berlaga di MPLI 2023. Di mana keenam tim tersebut adalah mereka-mereka yang lolos ke babak playoff MPL ID S12.

Tim MLBB Indonesia di MPLI 2023:

  1. Onic
  2. RRQ
  3. Geek Fam
  4. Dewa United Esports
  5. Rebellion Zion
  6. Bigetron Alpha

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Klasemen Akhir MPL ID S12

<p>Jadwal MPL ID S12 16 Juli: Geek Fam vs Onic, Rebellion Zion vs RRQ Siap Digelar. (Doc: YouTube | MPL Indonesia)</p>

Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia Season 12 atau MPL ID S12 Regular Season sudah berakhir. Sebanyak enam tim pun telah dipastikan melaju ke babak Playoff.

Onic Esports dan RRQ lagi-lagi mengamankan posisi Upper Bracket di babak Playoff, di mana keduanya masih harus menunggu tim mana yang akan menghadapi mereka nantinya.

RRQ sendiri mengamankan posisi mereka di Upper Bracket usai mengalahkan Dewa United Esports pada laga hari Minggu kemarin, dengan skor 2-1.

Sementara Geek Fam, Bigetron Alpha, Rebellion Zion, dan Dewa United Esports, masih harus memperebutkan posisi Upper Bracket dan berusaha tidak terjatuh ke posisi Lower di Playoff MPL Indonesia S12.

Di sisi lain, Evos Legends gagal lolos ke Playoff dengan berada di posisi tujuh, usai kalah telak 2-0 dari Bigetron Alpha pada pertandingan hari Minggu pekan lalu.

Evos Legends pun menyusul Alter Ego Esports dan Aura Fire, yang sebelumnya sudah dinyatakan tidak bisa berlanjut ke babak Playoff MPL ID S12.

3 dari 4 halaman

Jadwal Playoff MPL ID S12

<p>Jadwal MPL ID S12 14 Juli: Laga Panas Royale Derby RRQ vs Onic Siap Digelar. (Doc: MPL Indonesia)</p>

Lebih lanjut, berikut ini jadwal beberapa pertandingan awal di babak Playoff MPL ID S12, yang akan diselenggarakan di Mahaka Square, Jakarta.

  • Match 1, 11 Oktober: Geek Fam vs Dewa United - 12.30 WIB
  • Match 2, 11 Oktober: Bigetron Alpha vs Rebellion Zion - 17.30 WIB
  • Match 3, 12 Oktober: RRQ vs (pemenang Match 1) - 12.00 WIB
  • Match 4, 12 Oktober: Onic Esports vs (pemenang Match 2) - 18.00WIB

Adapun, untuk pertandingan di babak Playoff ini akan dilaksanakan dalam skema Best of 5 (BO5), kecuali di babak Grand Final pada 15 Oktober 2023, yang akan dilakukan dengan skema Best of 7 (BO7).

4 dari 4 halaman

Tundukkan Geek Fam ID, Onic Esports Bawa Pulang Piala MPLI 2022

Onic Esports sukses memboyong gelar juara Mobile Legends Professional League Invitational 2022 (MPLI 2022) usai melibas Geek Fam ID dalam Grand Final pada Minggu (6/11/2022) kemarin.

Dalam final "All Indonesian" berformat best-of-five ini, Onic sempat ketinggalan skor 0-2 dari Geek Fam dengan personel Aboy, Luke, Caderaa, Janaaqt, dan Baloyskie.

Namun, Drian, Butsss, CW, Kairi, dan Samoht, berhasil membalikkan keadaan dan memenangkan tiga pertandingan berikutnya, di mana skor akhir menjadi 3-2 dengan kemenangan di tangan Onic.

Adapun sebelumnya dalam babak Semi Final, Onic sukses mengalahkan Todak dengan skor 2-0 sementara Geek Fam ID melaju ke pertandingan akhir usai menundukkan RSG Philippines dengan skor 2-1.

Dengan kemenangan ini, Onic Esports pun dapat membawa pulang porsi paling besar dari total hadiah Mobile Legends Profesional League Invitational 2022 senilai USD 100 ribu.

Kemenangan ini juga melengkapi senyum Onic Esports yang baru saja membawa pulang gelar Raja Galaxy dari Mobile Legends Professional League Indonesia (MPL ID) Season 10, usai menumbangkan RRQ Hoshi.

Onic Esports mampu membalaskan dendam mereka ketika keduanya bertemu di babak Grand Final MPL ID S9, dan laga final upper bracket musim ini.

Meski kalah di MPL ID S10, RRQ masih berkesempatan untuk membalaskan dendam mereka, sekaligus mengincar gelar juara dunia di ajang M4 World Championship awal tahun depan.

Di satu sisi, Onic Esports juga masih bisa menambah deretan piala mereka di M4 World Championship tahun 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini