Sukses

HP Kembangkan Teknologi Layar 3D yang Tak Bikin Pusing

HP umumkan sebuah teknologi layar 3D baru yang bisa digunakan di perangkat mobile. Apa kelebihannya dibandingkan teknologi layar 3D yang sudah pernah ada?

Pada jurnal ilmiah Nature, perusahaan komputer Hewlett-Packard (HP) mengumumkan sebuah teknologi yang sedang mereka kembangkan. Teknologi itu berupa layar baru yang mampu memperlihatkan gambar 3D tanpa membutuhkan kacamata, yang bisa digunakan pada perangkat mobile.

Sebenarnya teknologi ini bukanlah hal baru. Vendor ponsel lain seperti LG dan HTC sudah memiliki beberapa handset yang menggunakan teknologi serupa, yakni LG Optimus 3D dan HTC Evo 3D. Bahkan, perangkat konsol game portabel Nintendo 3DS yang cukup laku di pasaran juga telah mengusung teknologi ini.

Ketiga perangkat tersebut ternyata menuai banyak keluhan dari penggunanya. Para pengguna mengeluh kepala mereka pusing saat melihat tampilan 3D pada layar perangkat tersebut. Ini karena teknologi yang dipakai LG dan HTC memaksa penggunanya terus memandang ponsel lurus ke depan untuk dapat melihat gambar 3D.

Lantas apa bedanya dengan yang ditawarkan HP? Seperti dikutip Liputan6.com dari Phone Arena, Senin (25/3/2013), penelitian HP menemukan sebuah cara untuk membuat pengguna layar 3D lebih nyaman. Caranya, pengguna harus bisa tetap melihat gambar 3D dari 45 derajat dalam arah mana saja untuk mengeliminasi efek pusing tersebut.

Sebagai solusinya HP menggunakan nanoteknologi untuk menggores kaca, membentuk beberapa lingkaran dengan alur yang kecil. Alur kecil di kaca tersebut akan membengkokkan cahaya ke arah 64 titik pandang berbeda.

Sewaktu penggunanya berinteraksi dengan melihat layar dan menggerakannya, mereka akan bisa melihat dua dari titik pandang dalam setiap waktu. Pandangan itu terlihat satu dengan mata kiri dan satunya lagi dengan mata kanan.

Dua titik pandang tersebut yang menghasilkan efek kedalaman 3 dimensi. Sayang, HP tak menyebutkan secara detil kapan teknologi ini akan digunakan secara luas.

(den/dew)