Sukses

Apa Itu RCS, Apa Bedanya dengan Layanan Pesan SMS dan iMessage?

Jika kamu belum terlalu memahami apa itu RCS, berikut ini penjelasan mengenai apa saja yang akan berubah dengan adopsi protokol perpesanan generasi terbaru dari GSMA ini

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru-baru ini mengumumkan akan menawarkan dukungan layanan pesan RCS mulai 2024. Keputusan tersebut secara efektif mengakhiri salah satu 'konflik paling berlarut-larut' dan membingungkan antara iOS dan Android.

iPhone yang mengadopsi RCS nantinya dapat mengaktifkan dukungan untuk enkripsi, tanda terima telah dibaca, indikator pengetikan, serta gambar dan video beresolusi tinggi, saat mengirim pesan antara perangkat iPhone dan Android.

Jika kamu belum terlalu memahami apa itu RCS, berikut ini penjelasan mengenai apa saja yang akan berubah dengan adopsi protokol perpesanan generasi terbaru dari Global System for Mobile Communications Association (GSMA) ini.

Apa itu RCS?

Mengutip Engadget, Minggu (19/11/2023), RCS adalah kependekan dari Rich Communication Services, meskipun terkadang juga dipasarkan sebagai “Advanced Messaging”.

RCS kerap diposisikan sebagai pengganti SMS dan MMS generasi berikutnya. RCS memungkinkan pengguna memanfaatkan banyak fitur yang sebelumnya eksklusif untuk platform perpesanan terkemuka seperti WhatsApp. Misalnya, Profil Universal RCS mencakup dukungan penuh untuk tanda terima telah dibaca dan indikator pengetikan.

Teknologi ini juga dapat memfasilitasi obrolan grup yang tepat, dan memungkinkan pengguna mengirim gambar, video, dan klip audio beresolusi tinggi.

Mulai awal tahun ini, penerapan RCS oleh Google juga menawarkan enkripsi end-to-end (E2EE) secara default untuk obrolan one-on-one dan grup.

Tidak seperti teks SMS, pesan RCS dirutekan melalui koneksi data seluler atau tautan Wi-Fi, dengan SMS berfungsi sebagai cadangan. Oleh karena itu, protokol lama kemungkinan besar tidak akan berfungsi dalam waktu dekat.

Satu hal yang penting untuk diingat tentang RCS adalah layanan pesan ini bukanlah dan tidak pernah dibayangkan sebagai pengganti atau pesaing aplikasi perpesanan instan.

Pada intinya, RCS adalah protokol komunikasi antara operator telepon seluler atau antara telepon dan operator. Memanfaatkan RCS tidak memerlukan pendaftaran layanan baru.

Selama ponsel dan operator yang kamu gunakan mendukung RCS, dan kamu menggunakan aplikasi yang kompatibel seperti Message by Google, kamu dapat memanfaatkan semua yang ditawarkan protokol ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bagaimana iMessage Terintegrasi dengan RCS?

Apple mengumumkan iMessage pada Juni 2011, beberapa bulan sebelum sang pendiri Steve Jobs meninggal pada tahun yang sama.

Tidak seperti RCS, iMessage adalah protokol perpesanan yang dikontrol secara eksklusif oleh Apple dan tersedia hanya di perangkat iPhone, iPad, Apple Watch, dan Mac.

Mulai 2024, Apple berencana untuk mengintegrasikan dukungan untuk RCS di aplikasi pesannya. Namun, saat ini kedua protokol tersebut tidak berkomunikasi satu sama lain.

Dengan demikian, aplikasi pesan Apple akan menggunakan SMS/MMS secara default ketika pengguna mencoba mengirim teks dan file media ke seseorang dengan ponsel Android.

Dari sudut pandang pengguna iMessage, rasanya seperti pengguna Android terjebak di era perpesanan masa lalu--meskipun era perpesanan masa lalu bukanlah penyebab dari situasi tersebut.

Karena ketergantungan iMessage pada SMS/MMS untuk komunikasi Android, file media menjadi berpiksel, tidak ada tanda terima telah dibaca atau indikator pengetikan, dan belum melibatkan banyak pengguna iPhone dan Android dalam satu obrolan grup.

 

3 dari 5 halaman

Awal Mula Kelahiran RCS

RCS adalah proyek multi-stakeholder yang mencakup keterlibatan GSMA, sebuah badan perdagangan yang mewakili kepentingan industri komunikasi seluler secara luas.

Pada 2015, Google mengambil peran lebih aktif dalam proliferasi RCS ketika mengakuisisi Jibe Mobile. Dengan teknologi Jibe sebagai basisnya, sebenarnya Google-lah yang menyediakan perekat yang menyatukan ekosistem RCS.

Namun, untuk waktu yang lama, perusahaan tersebut gagal menyelaraskan semua orang yang terlibat dalam RCS menuju tujuan bersama.

Faktanya, masa-masa awal RCS ditandai dengan permulaan yang salah, dengan beberapa operator, termasuk grup yang terdiri dari AT&T, T-Mobile, dan Verizon membentuk usaha patungan jangka pendek untuk mendorong protokol tersebut maju sebelum akhirnya menyelaraskan diri dengan Google.

Bahkan Samsung melakukan hal sendiri untuk sementara waktu sebelum akhirnya setuju untuk menjadikan Messages by Google sebagai aplikasi perpesanan default yang dikirimkan pada ponsel di AS.

Oleh karena itu, Apple tidak punya banyak alasan untuk mengadopsi RCS. Dan baru-baru ini, seperti tahun lalu, tampaknya kecil kemungkinan situasi akan berubah dalam waktu dekat.

“Saya tidak mendengar pengguna kami meminta perusahaan mengerahkan banyak upaya untuk hal itu,” kata CEO Apple Tim Cook pada Code Conference pada tahun 2022 ketika dia ditanya tentang pesan RCS.

 

4 dari 5 halaman

Respons Apple Terhadap Regulasi

Namun pada tahun lalu, Uni Eropa juga mengesahkan Undang-Undang Pasar dan Layanan Digital (Digital Markets and Services Act/DMA).

Undang-undang tersebut mengharuskan “penjaga gerbang” untuk tidak memihak pada sistem mereka sendiri atau membatasi pihak ketiga untuk melakukan interoperasi di dalamnya.

Penjaga gerbang adalah istilah bagi perusahaan mana pun yang memenuhi kualifikasi keuangan dan penggunaan tertentu. Apple, menurut hukum, adalah salah satu perusahaan tersebut.

Perubahan yang dilakukan Apple ini diduga sebagai respons terhadap tekanan regulasi dari Digital Markets Act (DMA) Uni Eropa.

Aturan ini mewajibkan perusahaan besar, seperti Apple, untuk membuat layanan mereka dapat dioperasikan dengan platform lain.

 

5 dari 5 halaman

Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini