Sukses

Android Sumbang 20 Persen Aplikasi di BlackBerry 10

Sejak BlackBerry 10 diluncurkan pada akhir Januari 2013 lalu, aplikasi di toko online BlackBerry World hingga saat ini sudah menembus 100 ribu. Ternyata, Android ikut berkontribusi di dalamnya.

Sejak sistem operasi BlackBerry 10 diluncurkan pada akhir Januari 2013 lalu, aplikasi di toko online BlackBerry World hingga saat ini sudah menembus 100 ribu. Ternyata, Android ikut berkontribusi di dalamnya.

Vice President for Global Alliances and Business Development BlackBerry, Martyn Mallick mengatakan, dari 100 ribu aplikasi, sekitar 20 persennya disumbang oleh platform Android yang merupakan hasil porting.

BlackBerry memang gencar bergerak mendekati developer agar semakin banyak yang membuat aplikasi untuk sistem operasi BlackBerry 10. Salah satunya dengan menawarkan 'jalan pintas' yang dirancang khusus agar aplikasi lain dapat dijalankan pada perangkat BlackBerry 10, misalnya BlackBerry Z10.

BlackBerry menyediakan emulation engine yang memungkinkan aplikasi Android berjalan di platform BlackBerry 10. Dengan begitu, beberapa aplikasi yang sebelumnya hanya berjalan di Android kini bisa dijalankan di BlackBerry 10.

"Kami memberi mereka jalan untuk bisa menggunakan platform tersebut. Pengguna layak memilih beragam konten yang bagus. Jika itu (porting-red) adalah cara yang tercepat untuk bisa mendapatkan konten tersebut, maka itu luar biasa", kata Mallick seperti dilansir Allthingsd, Kamis (28/3/2013).

Terlepas apakah itu dianggap cara yang 'licik' atau tidak, namun jumlah aplikasi di toko BlackBerry World setidaknya sudah tumbuh sekitar 30.000 hanya dalam waktu tujuh minggu. Trafik peningkatannya cukup baik, apalagi BlackBerry akan segera meluncurkan BlackBerry 10 model lain (BlackBerry Q10) dan model lainnya. (dew)

    Video Terkini