Sukses

Merek Ponsel Poco Janjikan Semua Smartphone-nya Punya RAM Besar

Poco menjanjikan menghadirkan RAM besar untuk semua smartphone-nya. Hal ini dilakukan untuk mendukung performa ekstrem masing-masing smartphone yang dibawa Poco.

Liputan6.com, Jakarta - Merek ponsel untuk anak muda, Poco, berjanji mengusung performa esktrem untuk tiap smartphone-nya. Hal ini diwujudkan dengan RAM berkapasitas besar di tiap smartphone Poco.

Ini tidak terlepas dari fakta bahwa kapasitas atau besaran RAM memengaruhi perform ponsel secara keseluruhan.

Associate Director Marketing Poco Indonesia Andi Renreng mengatakan, RAM menjadi salah satu komponen yang paling menentukan performa sebuah hape.

"Makin besar kapasitas RAM, tentunya makin baik. Sebaliknya, kapasitas RAM yang kecil bisa menghambat performa meski CPU di HP Android-nya sudah kencang," kata Andi, mengutip keterangan Poco, Kamis (14/12/2023).

Itu sebabnya, menurut klaim Andi, Poco selalu berusaha memberi besaran RAM yang memadahi agar performa smartphone mereka jadi paling ekstrem di kelasnya.

Tentang RAM

RAM menjadi salah satu aspek yang dipertimbangkan orang ketika mau membeli smartphone. Kebanyakan orang akan bertanya berapa RAM yang dimiliki sebuah perangkat sebelum memutuskan untuk membelinya.

Mengingat pentingnya besaran RAM untuk performa sebuah smartphone, sebenarnya apa dan bagaimana sih cara kerja RAM?

Masih dari keterangan Poco, RAM alias Random Access Memory adalah salah satu jenis memori berkarakter cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Kerja RAM

Cara kerjanya, ketika smartphone dinyalakan, aplikasi berikut data-data lain yang belum dijalankan/diakses berada di penyimpanan. Ketika aplikasi dijalankan barulah ditempatkan di RAM.

Dari sini terlihat kalau RAM merupakan memori untuk menampung aplikasi maupun data-data lain yang sedang berjalan/diakses. Ketika aplikasi tersebut sudah tidak berjalan, maka akan dihapus dari RAM. Oleh karena itu, RAM kerap disebut sebagai memori sementara.

Secara arsitektur, RAM berposisi di antara CPU (chipset) dan storage untuk menjembatani kerja kedua elemen tersebut.

Artinya, OS maupun aplikasi dan data-data lain yang akan diproses oleh CPU disiapkan oleh RAM dengan membaca atau mengambilnya dari penyimpanan.Dengan begitu, CPU cukup membaca/mengakses data yang ada di RAM.

Proses ini lebih cepat dan efisien ketimbang CPU mesti mengambil data dari penyimpanan, yang kecepatan aksesnya jauh di bawah RAM dan isinya bercampur dengan data yang sedang tidak ingin digunakan.

Jika dianalogikan, RAM adalah kantong di baju atau celana, sementara penyimpanan smartphone adalah ransel. Jadi, akan jauh lebih cepat menemukan dan mengambil benda yang kita inginkan dari kantong ketimbang dari ransel.

3 dari 4 halaman

Pengaruh Kapasitas RAM untuk Smartphone

1. Mendongkrak Performa Smartphone

Karena data-data yang akan diolah CPU alias chipset ada di RAM, maka, makin besar kapasitas RAM akan makin banyak pula data yang siap untuk diproses. Inilah yang membuat performa smartphone makin oke.

Sebaliknya, jika RAM kecil, data yang tidak muat ditampung di RAM harus antre dulu sebelum siap diproses oleh CPU. Akibatnya, ketika antrean kian panjang, ponsel pun bisa ngelag.

2. Mendukung Multitasking

Aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan ditempatkan di RAM, jadi lebih siap ketika mendadak dibuka oleh pengguna. Itulah yang membuat RAM besar begitu mendukung multitasking.

Itulah alasan makin besar kapasitas RAM, memungkinkan makin banyak aplikasi yang bisa berjalan secara bersamaan.

4 dari 4 halaman

3. Mengingat Riwayat

Saat aplikasi dibuka, RAM juga akan mengingat riwayat tersebut serta aktivitas pengguna di dalamnya. Dengan begitu, aplikasi jauh lebih cepat dibuka kembali di kemudian waktu maupun saat menjalankan fitur milik aplikasi tersebut, yang pernah dijalankan sebelumnya.

Jadi, makin besar kapasitas RAM, akan lebih banyak pula yang diingatnya.

4. Tambah Lancar Buat Ngegim

Game membutuhkan RAM yang besar untuk menampung dan mengoperasikan, ketika data-data dari gim tersebut diolah oleh CPU maupun GPU.

Jika berupa game 3D, tentu datanya makin besar sehingga butuh kapasitas RAM yang makin besar pula, agar pengguna bisa memainkan game dengan lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.