Sukses

Samsung Galaxy A25 5G, HP Android Rp 4 Juta RAM Memori Besar dan Desain Fungsional

Samsung resmi merilis smartphone Rp 4 jutaan terbarunya. Perangkat ini didukung RAM besar dan memori lega serta kamera 50MP.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung resmi merilis smartphone pertamanya di 2024 yakni Samsung Galaxy A25 5G. Perangkat berjaringan 5G ini dibanderol Rp 4 juta dan hadirkan penyegaran dari sisi desain dibanding versi sebelumnya. 

Penjualan Galaxy A25 5G sendiri sudah dilakukan 5 Januari lalu dengan banderol harga Rp 4 juta untuk versi RAM 8GB dan memori internal 128GB dan Rp 4,4 juta untuk versi RAM 8GB dan memori internal 256GB. 

MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Taufiq Furqan mengklaim, Samsung Galaxy A25 5G merupakan model pertama smartphone Samsung yang menggunakan desain A series terbaru di tahun 2024. 

Taufiq menjelaskan, jika dibandingkan pendahulunya, Galaxy A23 5G yang rilis akhir tahun lalu, Galaxy A25 5G menggunakan desain flat di bagian depan dan belakangnya. 

Meski begitu, Taufiq menyebut, ada bagian menonjol di sisi samping atas perangkat ini, tepatnya di bagian frame. 

"Galaxy A25 5G mengusung flat design, namun ada bagian menonjol di sisi samping atas perangkat. Ini bukan sekadar untuk estetika, tetapi juga membantu mempermudah pengguna saat mereka menekan tombol Home dan Volume di sisi kanan ponsel," kata Taufiq, dalam peluncuran Galaxy A25 5G di Jakarta, Selasa (9/1/2024). 

Adapun HP Android Galaxy A25 5G sendiri hadir dalam opsi warna biru muda, kuning, dan black blue yakni warna biru yang menyerupai hitam. 

Masih dari segi desain, layar Galaxy A25 5G memiliki ukuran 6,5 inci jenis Super AMOLED. Layar ini diklaim punya refresh rate 120Hz. 

Taufiq juga menyebut layar Galaxy A25 5G nyaman dipakai pengguna di tempat yang terang. Pasalnya sudah didukung tingkat kecerahan hingga 1000 nits dengan fitur Vision Booster. 

Layar HP Samsung terbaru ini juga didukung dengan fitur perlindungan mata (eye care) untuk menyaring cahaya biru yang membahayakan penglihatan. Ini juga jadi peningkatan tersendiri dibandingkan versi sebelumnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kamera 50MP

Galaxy A25 5G sudah didukung dengan tiga kamera utama yang dibekali kemampuan AI untuk meningkatkan hasil foto. 

Adapun kamera Galaxy A25 5G terdiri dari kamera 50MP f1.8 yang dilengkapi fitur stabilisasi video OIS, kamera ultrawide 8MP, dan kamera makro 2MP. 

Sementara untuk kamera selfienya ditingkatkan dengan lensa 13MP. Versi sebelumnya hanya memiliki kamera selfie 8MP. 

Bicara soal fitur kamera, Taufiq menyebut, Galaxy A25 5G menjadi ponsel paling terjangkau dari Samsung yang dibekali fitur stabilisasi OIS. Adanya fitur ini akan membuat perekaman video menjadi stabil meski sambil berjalan atau penuh gerakan. 

Kamera Galaxy A25 5G juga didukung AI yang memungkinkan pengguna mendapatkan saran foto yang lebih estetis. Saran berdasarkan AI akan ada di fitur Remaster Foto, Object Eraser (hapus objek mengganggu secara otomatis), dan portrait mode ketika ponsel mengambil objek manusia. 

Selain itu fitur lain pada kamera yang juga disuguhkan pada Galaxy A25 5G adalah AR zone, single take, dan fun mode yang merupakan hasil kerja sama Samsung dengan Snapchat. 

3 dari 4 halaman

Usung Memori Lega

Galaxy A25 5G didukung chipset Exynos 1280 untuk peningkatan performa hingga 30 persen yang signifikan dibanding model pendahulunya.

Performanya didukung RAM besar 8GB yang dapat diperluas hingga 8GB dengan RAM Plus. Sementara untuk ruang penyimpanan internalnya sebesar 128GB dan 256GB. 

Perangkat yang sudah berjaringan 5G ini diklaim mampu mencapai kecepatan internet hingga 2.3Gbps di jaringan 5G. 

Kapasitas baterai yang diusung perangkat ini  sebesar 5.000 mAH dan diisi ulang cepat berkat fast charging 25W. 

Fitur lain yang juga jadi nilai jual utama produk ini adalah kemampuan audio stereo yang didukung Dolby Atmos. 

4 dari 4 halaman

Update Software Panjang hingga Fitur Keamanan untuk Lindungi Privasi

Samsung Galaxy A25 5G juga didukung update software yang panjang. Saat ini pengguna Galaxy A25 5G sudah disuguhi Android 14 dan One UI 6 terbaru dan nantinya perangkat ini bisa diupdate 4 kali update software. 

Sementara, dukungan untuk update keamanan diberikan hingga 5 tahun lamanya. Taufiq menyebut, update software yang cukup panjang ini dimaksudkan agar pengguna bisa memiliki masa pakai yang panjang untuk smartphone yang telah dibelinya. 

Fitur yang juga digarisbawahi oleh Samsung adalah dukungan Samsung Knox Vault. Lewat fitur tersebut, pengguna Galaxy A25 5G akan mendapatkan tingkat perlindungan tinggi terhadap informasi pribadinya, ketika ada gangguan pada hardware. 

Misalnya, saat smartphone dibongkar atau mengalami gangguan gara-gara suhu dan tegangann (voltase). 

Bukan hanya itu, Galaxy A25 5G juga punya fitur Autoblock untuk melindungi pengguna dari panggilan spam, secure folder, privacy dashboard, sampai fitur berbagi file Private Share antara pengguna smartphone Samsung Galaxy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.