Sukses

Menanti Kejutan Galaxy AI di Unpacked 2024 di Kandang Apple, Seperti Apa?

Samsung akan meluncurkan Galaxy S24 series dengan Galaxy AI, fitur kecerdasan buatan yang menawarkan berbagai kemampuan baru.

Liputan6.com, San Jose - Hanya dalam hitungan beberapa jam, Samsung akan mengungkap lini smartphone premium terbarunya yakni Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra.

Debut di ajang Galaxy Unpacked 2024 di San Jose, California, 17 Januari 2024 waktu setempat, Galaxy S24 series akan menjadi ponsel pertama Samsung yang dilengkapi dengan Galaxy AI.

Seperti apa sih HP Samsung yang ditenagai oleh kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) ini? Apa saja fungsi menarik yang ditawarkan oleh Samsung, spesifikasi, dan harganya saat meluncur di Indonesia.

Tahan dulu, semuanya akan diungkap hanya beberapa jam mendatang. Dari rumor yang beredar saat ini, Samsung disebut-sebut akan memperkenalkan dua varian prosesor.

Kabarnya, perusahaan bakal menggunakan chipset Exynos di Galaxy S24 dan Galaxy S24 Plus. Sedangkan untuk model Ultra, HP Samsung ini memakai chipset Snapdragon 8 Gen 3.

Sementara untuk Galaxy AI, bocoran menyebutkan integrasi kecerdasan buatan di Galaxy S24 series ini lebih mengarah pada fitur baru, seperti fitur Live Translate dan Generative Edit.

Akan seperti apa penggunaannya, penasaran bukan? Tim Tekno Liputan6.com akan memberikan informasi selengkapnya karena berkesempatan untuk menghadiri Galaxy Unpacked 2024 di San Jose, California, Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Ungkap Bocoran Samsung Galaxy S24 Ultra

<p>HP Android Galaxy S24 Ultra Tampil dengan Desain Lebih Rata, Ini Bocoran Fotonya! (Doc: @DavidMa05368498 | X)</p>

Belum lama ini, sebuah bocoran video mengungkap lebih dekat penampakan bodi depan dan bagian layar dari Galaxy S24 Ultra.

Perangkat paling premium di seri Galaxy S24 ini dikonfirmasi memiliki desain lebih datar dan kotak dibandingkan versi sebelumnya.

Galaxy S23 Ultra yang rilis tahun lalu memang memiliki desain layar yang lebih datar, meski begitu masih ada sedikit lengkungan di layarnya.

Sementara mengutip Gizchina, Senin (15/1/2024), Samsung Galaxy S24 Ultra justru mengembalikan desain ke layar datar dan bezel super minim. Dengan begitu, Samsung berupaya menempatkan sisi praktis dan kegunaan di atas daya tarik estetika layar lengkung.

Hal ini menjadi perubahan yang disambut baik oleh cukup banyak pengguna yang mengutamakan fungsionalitas alih-alih bentuk semata.

3 dari 4 halaman

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S24

<p>Render Samsung Galaxy S24 Ultra. (Doc: @OnLeaks | SmartPrix) </p>

Bicara Samsung Galaxy S24 Ultra yang bakal segera rilis 18 Januari dini hari waktu Indonesia, perangkat ini dikabarkan akan menggunakan layar Dynamic AMOLED 2x 6,8 inci dengan resolusi QHD+.

Layar perangkat ini didukung refresh rate 120Hz dan resolusi layar 3.120x1.440 piksel.

Soal performa, Galaxy S24 Ultra bakal dirukung chipset Snapdragon 8 Gen 3 dengan beberapa opsi penyimpanan internal, mulai dari 256GB hingga 1TB. Adapun RAM-nya adalah 12GB.

Pada sektor kamera, perangkat ini diyakini akan menggunakan empat kamera dan salah satunya memiliki lensa wide-angle 200MP.

Sementara lensa kamera lain adalah dua lensa telephoto 50MP dan 10MP, lensa wide-angle 12MP, dan kamera selfie 12MP. Kemampuan zoom dari perangkat ini disebut sampai 100x digital zoom.

4 dari 4 halaman

Disebut Bakal Didukung Galaxy AI

<p>Samsung Galaxy S24 Series Dibekali Galaxy AI, Apa Saja Keunggulannya? (Doc: Twitter| Samsung)</p>

Dalam hal kapasitas daya, Samsung Galaxy S24 Ultra memiliki baterai 5000mAH dengan dukungan pengisian daya cepat.

Konektivitasnya didukung port USB Type C, Bluetooth 5.3, WiFi 7, NFC, hingga teknologi UWB. Kali ini, Galaxy S24 kemungkinan akan menggunakan material Titanium dengan opsi warna Titanium yang juga tersedia.

Lebih lanjut, dari sisi software, Galaxy S24 Ultra akan menjalankan One UI 6.1 yang berbasis Android 14. Software ini memiliki dukungan AI dan fitur AI Generatif dari Galaxy AI. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna melalui algoritma yang lebih maju dan machine learning.

Tambahan, laporan yang beredar mengungkap, Samsung mempertimbangkan dukungan software update Galaxy S24 series hingga 7 tahun lamanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.