Sukses

Samsung Ungkap Galaxy Ring di Galaxy Unpacked 2024, Bakal Ramaikan Tren Cincin Pintar

Di acara Galaxy Unpacked 2024, Samsung memberikan isyarat mengenai kehadiran perangkat cincin pintar mereka, Galaxy Ring.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam gelaran Galaxy Unpacked 2024, Samsung tak cuma meluncurkan lini Galaxy S24 Series, namun juga memberikan teaser mengenai kehadiran Galaxy Ring.

Dalam acara yang diselenggarakan di San Jose, Amerika Serikat pada Rabu (17/1/2024) waktu setempat itu, Samsung menyebut Galaxy Ring sebagai perangkat kesehatan dan kebugaran yang kuat dan mudah diakses.

Pengumuman mengenai Galaxy Ring ini disampaikan oleh Dr. Matthew Wiggins, Clinical Research Scientist di Samsung Research, usai mempresentasikan tentang dukungan Galaxy AI untuk Samsung Health.

Wiggins mengatakan, Samsung Galaxy Ring adalah "perangkat kesehatan dan kebugaran yang kuat dan mudah diakses," yang hadir "untuk mengubah bentuk kesehatan masa depan seperti yang hanya bisa dilakukan Samsung."

Samsung memang belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai kapan cincin pintar ini diluncurkan, atau berapa harganya, meski kabarnya, mereka akan hadir tahun ini.

Biasanya, Samsung akan menggelar Galaxy Unpacked di pertengahan tahun, untuk meluncurkan seri terbaru dari ponsel lipat mereka, Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip. Bukan tidak mungkin Galaxy Ring juga akan diperkenalkan di sini.

Mengutip Gizmochina, kabar soal kehadiran Samsung Galaxy Ring memang sudah beredar sebelumnya, di mana perangkat ini kemungkinan punya dukungan EKG (elektrokardiogram) dan kontrol smart home.

Berdasarkan pengajuan paten yang dilihat pada Februari 2023, cincin pintar pertama Samsung ini akan punya fitur pelacakan, pengukuran, pemantauan, dan pengunggahan informasi terkait kesehatan, kebugaran, hingga tidur.

Samsung juga mungkin akan menyematkan berbagai fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) ke dalam smart ring mereka ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Amazfit Juga Perkenalkan Smart Ring di CES 2024

Namun, Galaxy Ring bukanlah smart ring pertama yang diperkenalkan tahun ini. Baru-baru ini, perusahaan wearable Amazfit, sudah lebih dulu memperkenalkan Helio Ring, di gelaran Consumer Electronics Show atau CES 2024.

Mengutip Sammobile, Helio Ring terbuat dari paduan titanium dengan tebal 2,6 mm dan berat 4 gram.

Helio Ring dapat melacak detak jantung, oksigen darah, tingkat stres, dan data tidur. Ini dapat digunakan sendiri atau terkoneksi dengan jam tangan pintar Amazfit untuk meningkatkan akurasi melalui titik data tambahan.

Namun, Amazfit juga belum mengumumkan harga resmi Helio Ring, meski perangkat ini direncanakan mulai dijual pada musim semi 2024, dan tidak diketahui apakah akan rilis secara global atau tidak.

Selain itu, sebelumnya juga sudah ada smart ring dari brand lain seperti Oura dan Evie.

Tentu saja, menarik untuk melihat apakah tren smart ring ini dapat menggeser atau malah jadi pelengkap perangkat-perangkat wearable seperti smartwatch, sebagai alat pendukung kesehatan dan kebugaran di masa depan.

3 dari 4 halaman

Samsung Galaxy S24 Series Resmi Meluncur

Samsung sendiri baru saja secara resmi mengumumkan smartphone terbarunya di Galaxy Unpacked 2024 di San Jose, California, 17 Januari 2024 waktu setempat.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Samsung meluncurkan tiga model yang hadir pada seri ini, yaitu Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra.

Dalam peluncuran ketiga smartphone ini, President and Head of Mobile eXperience (MX) Business Samsung Electronics, TM Roh, mengatakan bahwa ini adalah era AI seluler baru yang akan datang.

"AI akan membawa perubahan besar dalam industri seluler dan Samsung memimpin hal ini," ujar TM Roh dalam sambutannya di atas panggung.

Spesifikasi Galaxy S24 Ultra, Samsung memakai layar 6,8 inci QHD+, Dynamic AMOLED 2x Display, dan refresh rate 1-120Hz. Galaxy S24 Ultra hadir dengan dimensi 7.9 X 16.2 X 0.8 mm dan berat 232 gram

Spesifikasi Galaxy S24 Ultra meliputi chipset baru Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy, dipadukan dengan tiga varian RAM dan storage, mulai dari 12GB/256GB, 12GB/512GB, dan 12GB/1TB.

Dalam hal fotografi, HP Android ini hadir dengan kamerea 12MP (Ultra-Wide), 200 MP (Wide Camera), 50MP (Telephoto Camera, 5x Optical Zoom), 10MP (Telephoto Camera, 3x Optical Zoom), dan 12MP (selfie).  

Soal baterai, Galaxy S24 Ultra memiliki kapasitas 5.000 mAh dipasangkan adaptor 45W, dan mendukung fast charging yang mampu mengisi daya hingga 65 persen dalam waktu 30 menit.

Galaxy S24 Ultra sudah berjalan menggunakan OS Android 14, One UI 6.1, dan mendukung software update dan keamanan hingga 7 tahun mendatang atau hingga 2030.

 

4 dari 4 halaman

Spesifikasi Galaxy S24 dan S24 Plus

Spesifikasi Galaxy S24 dan S24 Plus, kedua model Galaxy S24 series ini sama-sama menggunakan chipset Samsung Exynos 2400 dan kamera serupa satu sama lain.

Duo seri Galaxy S24 ini sudah menggunakan kamera 12MP (Ultra-Wide,), 50 MP (Wide Camera), dan 10MP (Telephoto, 3x Optical Zoom). Sedangkan untuk urusan selfie, Samsung memasang lensa 12MP.

Galaxy S24 hadir dengan RAM 8GB dan dua pilihan storage, yakni 512GB dan 256GB. Sedangkan untuk Galaxy S24 Plus, ponsel ini menggunakan RAM 12GB dan storage sebesar 256GB dan 512GB.

Selain itu, Galaxy S24 menggunakan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Sedangkan untuk varian Plus, Samsung menyematkan daya sebesar 4.900 mAh.

Baik Galaxy S24 dan Galaxy S24 Plus sama-sama sudah menggunakan OS Android 14, One UI 6.1, dan terima update software dan security hingga 7 tahun mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.