Sukses

One UI 6.1 Debut di Galaxy S24, Cek Deretan HP Samsung Lain yang Akan Mendapatkannya

Samsung telah mengumumkan kehadiran One UI 6.1 yang menjalani debut di Galaxy S24, kini siap menyambangi deretan smartphone lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - One UI 6.1 telah resmi menjalani debutnya bersama lini Galaxy S24 Series. Menurut Samsung, One UI terbaru ini akan hadir dengan beberapa peningkatan, mulai dari sisi AI, kamera, kustomisasi, hingga produktivitas.

Melalui update One UI 6.1, Samsung juga meningkatkan integrasi smartphone dan tablet Galaxy dengan produk ekosistem Galaxy lainnya. Usai hadir di lini Galaxy S23, update ini juga diketahui akan meluncur untuk deretan smartphone Samsung lainnya.

Mengutip informasi dari 9to5Google, Senin (22/1/2024), ada beberapa model smartphone Samsung yang akan mendapatkan pembaruan ini dalam beberapa bulan mendatang atau hingga paruh pertama 2024.

Berdasarkan informasi, deretan HP Samsung yang lebih dulu mendapatkan One UI versi terbaru ini adalah model flagship rilisan tahun lalu. Tidak hanya smartphone, pembaruan ini juga akan dirilis untuk lini Galaxy Tab.

Nah, untuk mengetahui deretan perangkat Samsung yang akan mendapatkan pembaruan One UI 6.1 dalam beberapa waktu mendatang, simak daftarnya berikut ini :

  • Galaxy S23
  • Galaxy S23 Plus
  • Galaxy S23 Ultra
  • Galaxy S23 FE
  • Galaxy Tab S9
  • Galaxy Tab S9 Plus
  • Galaxy Tab S9 Ultra
  • Galaxy Z Fold 5
  • Galaxy Z Flip 5

Adapun untuk fitur, beberapa hal yang baru akan dihadirkan di pembaruan ini  adalah dukungan fitur AI yang makin ditingkatkan. Sejumlah fungsi AI yang akan dirilis adalah Circle to Search, Interpreter, Live Translation, hingga Generative Edit.

Sementara fitur lain yang juga akan dihadirkan di pembaruan One UI 6 ini adalah Camera Sharing. Dengan fitur ini, pengguna dapat memanfaatkan kamera smartphone kamera untuk dijadikan webcam di tablet Galaxy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Galaxy AI dan Penerapannya di Samsung Galaxy S24 Series

Sebagai informasi, Samsung telah merilis smartphone dengan dukungan kecerdasan buatan bernama Galaxy AI.

Sebenarnya, apa itu Galaxy AI dan bagaimana ia diterapkan di smartphone Samsung Galaxy S24 series?

Mengutip keterangan resmi Samsung, Minggu (21/1/2024), Galaxy AI adalah kecerdasan buatan yang terdapat di dalam smartphone Samsung, dalam hal ini adalah Samsung Galaxy S24 series yang belum lama ini diluncurkan.

Disebutkan Samsung, Galaxy AI merupakan kecerdasan buatan yang dirancang untuk membuat kehidupan pengguna jadi lebih baik, terutama untuk memaksimalkan komunikasi.

President and Head of Mobile Experience Business Samsung Electronics TM Roh mengatakan, Galaxy AI dirancang berdasarkan inovasi perusahaan dari tahun ke tahun serta pemahaman mendalam tentang bagaimana seseorang memakai smartphone.

Jika kebanyakan smartphone saat ini menggunakan AI untuk meningkatkan kualitas hasil foto, Galaxy AI milik Samsung dirancang untuk lebih dari sekadar meningkatkan hasil foto, terapi juga membuat komunikasi lebih mudah.

Galaxy AI pun diterapkan dalam berbagai skenario, sebagian besar di antaranya untuk meningkatkan komunikasi. Berikut merupakan sejumlah fungsi Galaxy AI di HP Samsung:

3 dari 4 halaman

Penerjemah Realtime

Fitur pertama yang didukung Galaxy AI adalah melalui Live Translate, yakni penerjemah suara dan teks dua arah yang berfungsi secara realtime pada panggilan telepon konvensional.

Lalu, ada fitur Interpreter yang mampu menerjemahkan percakapan langsung secara instan melalui tampilan split screen pada perangkat.

Dengan fitur ini, ketika kita bicara dengan lawan bicara yang berbeda bahasa, kita bisa membaca hasil transkripsi dari apa yang dikatakan lawan bicara. Fungsi ini dapat dipakai tanpa internet dan WiFi.

Ada pula fitur Chat Assist yang membantu pengguna memperbaiki nada bicara di dalam teks untuk memastikan tiap pesan terdengar seperti yang dimaksud.

Pengguna juga bisa menerjemahkan pesan, email, dan teks lain secara real-time ke dalam 13 bahasa berkat AI yang terintegrasi di Samsung Keyboard. 

4 dari 4 halaman

Fitur Note Assist hingga Pencarian Foto dengan Gesture

Ada pula fitur Note Assist berbasis AI yang ada di Samsung Notes. Ini menawarkan kemampuan AI untuk membuat ringkasan, guna menyederhanakan catatan.

Terdapat pula fitur Transcript Assist dengan fungsi Speech to Text yang bisa mengetikkan, merangkum, dan menerjemahkan suara.

Dalam lain, Galaxy AI diterapkan pula ke fitur bernama Circle to Search with Google, yakni pengenal objek melalui kamera dengan melingkari objek yang dimaksud

Dukungan lain Galaxy AI pada smartphone Samsung Galaxy S24 juga diaplikasikan dalam kemampuan edit foto di perangkat.

Lewat tool pengeditan foto, penghapusan objek, recompose, dan remaster foto di perangkat Samsung kini lebih cerdas dan presisi.

Galaxy AI juga punya dapat memberikan saran pengeditan. Terdapat pula Generative Edit yang bisa mengisi bagian latar belakang foto berkat dukungan AI generatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.