Sukses

Tokopedia Berbagi Tips Persiapan Perjalanan Mudik yang Aman dan Nyaman

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui tips persiapan perjalanan mudik agar aman dan nyaman dari Tokopedia.

Liputan6.com, Jakarta - Mudik atau pulang kampung merupakan salah satu tradisi yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia menjelang Lebaran. Tidak hanya ajang silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga, momen mudik juga dijadikan kesempatan untuk rehat sejenak dari rutinitas maupun kesibukan sehari-hari.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik Lebaran 2024 diprediksi akan menjadi yang terbesar sepanjang sejarah. Ada 193,6 juta orang yang diprediksi akan mudik tahun ini, setara dengan 71,7 persen rakyat Indonesia.

Nah menjelang mudik Lebaran tahun ini, Tokopedia pun membagikan lima tips persiapan yang perlu diperhatikan pemudik agar perjalanan mereka tetap aman dan nyaman. Apa saja tipsnya, simak informasi lengkap berikut ini :

Pastikan Kendaraan Pribadi dalam Kondisi Prima

Sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran, pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima. Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai komponen penting seperti oli mesin, tekanan ban, air radiator, dan sistem rem.

Tidak lupa, pemudik juga perlu membawa buku servis dan dokumen kendaraan yang lengkap sebagai persyaratan standar berlalu lintas. Untuk membantu persiapan tersebut, Tokopedia pun menyediakan layanan Tokopedia Garage untuk mendapatkan berbagai perlengkapan termasuk perawatan mobil serta motor.

"Ada pula Layanan Jasa Pasang Otomotif dari Tokopedia, sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperoleh fasilitas pemasangan untuk berbagai produk otomotif yang dibeli melalui platform Tokopedia," tutur External Communication Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz.

Siapkan Uang Tunai dan Saldo Kartu Uang Elektronik

Pembayaran digital saat ini sudah menjadi andalan ketika melakukan transaksi. Namun, perlu diketahui membawa uang tunai cadangan dan memastikan saldo kartu uang elektronik tetap perlu dilakukan.

Untuk hal ini, Tokopedia pun memiliki layanan yang memungkinkan pengguna mengisi saldo uang elektronik mereka saat mudik. Layanan ini pun disebut mendapatkan sambutan positif dari pengguna.

"Menurut data internal Tokopedia, nilai transaksi pada fitur Top Up Uang Elektronik naik lebih dari 3 kali lipat jelang mudik Lebaran 2023 lalu dibandingkan dengan periode yang sama di awal tahun 2023," tutur Rizky.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Titipkan Hewan Peliharaan ke Orang Terdekat

Bagi keluarga yang memiliki hewan peliharaan, ada baiknya melakukan persiapan apabila hewan tidak dibawa pulang mudik. Misalnya, titipkan hewan peliharaan di jasa penitipan hewan di klinik atau pet shop terpercaya.

Pilihan lain adalah menitipkannya ke orang terdekat. Namun sebelum menitipkan, ada baiknya kamu membelikan sejumlah kebutuhan hewan termasuk produk perawatan hewan selama mudik.

Tokopedia sendiri menyediakan berbagai jenis produk perawatan hewan peliharaan, termasuk untuk kucing, anjing, burung, hingga ikan.

Tokopedia pun mencatat permintaan masyarakatn pada produk perawatan hewan peliharaan juga terus naik, seperti saat jelang mudik Lebaran 2023.

"Penjualan pet feeder dispenser makanan hewan peliharaan yang dapat diatur dengan smartphone melonjak hampir 1,5 kali lipat dibandingkan periode yang sama di awal 2023, sedangkan litter box kucing mengalami kenaikan lebih dari 1,5 kali lipat," tutur Rizky.

 

3 dari 4 halaman

Siapkan Perlengkapan untuk Kejadian Tidak Terduga

Perjalanan mudik tentu membutuhkan kondisi fisik yang prima. Karenanya, pemudik juga dianjurkan untuk membawa kotak P3K berisi obat anti mabuk, obat diare, obat demam, serta antiseptik pembersih luka dan perban.

Untuk membantu kebutuhan tersebut, Tokopedia memiliki halaman khusus Tokopedia Farma.

Dengan halaman ini, konsumen dimudahkan untuk mendapatkan berbagai produk kesehatan, seperti multivitamin dan obat-obatan yang sudah terkurasi.

Perlengkapan termasuk perkakas yang dibutuhkan untuk kendaraan juga bisa ditemukan mellaui Tokopedia Garage atau Home Living Salebration. 

4 dari 4 halaman

Siapkan Perbekalan Makanan dan Minuman serta Alat Ibadah

Untuk mengantisipasi perjalanan mudik yang panjang, siapkan pula makanan dan minuman secukupnya.

Untuk melakukan pembelian, konsumen bisa mendapatkannya melalui Tokopedia Now, sehingga produk yang dibeli bisa dikirim langsung.

Tidak lupa, pastikan pula membawa alat ibadah yang mudah disimpan dalam mobil atau tas.

"Tokopedia mencatat penjualan subkategori produk Perlengkapan Ibadah, termasuk mukena, sarung hingga sajadah, naik lebih dari 2,5 kali lipat jelang mudik Lebaran 2023 dibandingkan periode yang sama di awal 2023," tutur Rizky menutup pernyataannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.