Sukses

Menko Luhut Ungkap Agenda Elon Musk dalam Kunjungan ke Bali

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap soal agenda kedatangan CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk ke Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyambut kedatangan CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Elon Musk datang ke Bali untuk menghadiri World Water Forum ke-10. Namun, tidak hanya itu, Luhut menuturkan, Elon Musk juga akan menghadiri peluncuran Starlink bersama Presiden Joko Widodo di salah satu puskesmas di Denpasar, Bali.

"Saya berkesempatan menjemput Elon di bandara pagi ini, dan kemudian membicarakan beberapa agenda beliau selama di sini, dan tentunya beberapa kerja sama penting," tutur Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (19/5/2024).

Dijelaskan lebih lanjut, salah satu kerja sama penting yang dilakukan adalah peresmian layanan internet Starlink untuk menjangku hingga pelosok Indonesia.

Kerja sama ini merupakan bentuk pemerataan seluruh provinsi di Indonesia yang akan terintegrasi dengan pelayanan kesehatan dan pendidikan. Jadi, diharapkan kedua layanan ini diharapkan terus meningkat.

Luhut pun berharap, melalui peluncuran Starlink ini, masyarakat di daerah terpencil bisa menikmati akses informasi dan jaringan internet secara cepat seperti penduduk yang tinggal di kota besar.

Untuk diketahui, Starlink merupakan layanan internet satelit yang dikembangkan oleh SpaceX. Starlink menggunakan konstelasi satelit rendah bumi untuk menyediakan akses internet berkecepatan tinggi ke berbagai daerah di seluruh dunia, terutama di wilayah terpencil.

Kehadiran internet pun diharapkan bisa membantu masyarakat Indonesia yang kurang mendapatkan akses layanan internet. Nantinya, pengguna Starlink hanya memerlukan perangkat penerima kecil yang dikenal sebagai dish untuk dapat terhubung ke jaringan satelit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menko Luhut Bakal Bujuk Elon Musk Investasi ke IKN

Sebelumnya, seperti dikutip dari kanal Bisnis Liputan6.com, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, memastikan kehadiran pendiri SpaceX Elon Musk di Bali dalam rangkaian kegiatan World Water Forum ke-10 2024.

Rencananya, kata Luhut, Elon Musk bakal mendarat di Pulau Dewata pagi hari untuk kemudian meluncurkan layanan jaringan internet Starlink. Namun begitu, ia belum mau membocorkan lebih lanjut lokasi persis tempat acara peluncuran itu.

"Elon Musk nanti besok pagi jam 8 akan mendarat di Bali. Sudah kita atur semua caranya, dan siangnya akan launch Starlink bersama-sama beberapa menteri kita, Menteri Kesehatan, Menteri Kominfo, dan juga Menteri KKP," ujar Luhut saat ditemui di Kawasan Kura Kura Bali, Sabtu (18/5/2024).

Menurut dia, inisiatif yang dilakukan pemerintah bersama Elon Musk dan Starlink-nya bakal memperkuat layanan jaringan internet hingga ke pelosok Tanah Air. Ia menilai itu akan berimplikasi terhadap perbaikan layanan di sektor kesehatan dan pendidikan.

"Ini satu langkah bagus. Sehingga dengan demikian daerah-daerah terpencil kita akan bisa di-cover dengan internet yang bagus. Ini akan bagus untuk kesehatan dan pendidikan," ungkap Luhut.

Lebih lanjut, Luhut pun buka peluang jika Elon Musk bakal memperluas investasinya di luar jaringan internet. Pemerintah juga akan berdiskusi dengan salah satu orang kaya dunia itu untuk penjajakan investasi lain.

"(Investasi di IKN?) Sangat mungkin, dan sangat mungkin sekali. Kita akan bicara besok. Jadi saya juga akan bicara dengan Elon, besok setelah dia mendarat ada beberapa hal yang akan kita bicara," ucap Luhut.

Adapun rencananya, Elon Musk juga bakal turut menjadi salah satu pembicara di gelaran World Water Forum ke-10 2024 Bali. "Dia akan bicara jadi public speaker, setelah itu beliau akan ketemu presiden di venue-nya opening ceremony," pungkas Luhut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.