Sukses

Apple Takkan Perkenalkan Perangkat Baru di WWDC 2024, Apa Alasannya?

Apple dikabarkan tidak akan merilis produk hardware apapun di acara WWDC 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Apple disebut tidak akan memperkenalkan perangkat baru di pagelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) 2024.

Sebagai informasi, acara untuk pengembang itu akan dilaksanakan pada 10 Juni 2024. Pada acara tersebut, Apple memperkenalkan sejumlah inovasi baru terkait software mereka, seperti iOS, macOS, iPadOS, dan sejumlah software lainnya.

Kendati demikian, laporan baru menunjukkan bahwa WWDC 2024 hanya meluncurkan software terbaru tanpa perkenalkan perangkat Apple apapun.

Menurut laporan Mark Gurman, sebagaimana dikutip dari Gadgets360, Kamis (6/6/2024), perusahaan teknologi asal Cupertino itu tidak berencana untuk meluncurkan perangkat keras apapun di acara WWDC 2024.

“Tidak ada perangkat keras yang dijadwalkan untuk diumumkan di WWDC, kecuali Apple tiba-tiba terlambat melakukan pratinjau perangkat baru," ujar Mark Gurman.

Sebelumnya, Mark Gurman telah membocorkan informasi mengenai Apple yang berencana memperkenalkan perangkat Apple TV baru dengan prosesor lebih kencang dan banderol harga lebih terjangkau.

Namun, salah satu analis Apple menepis kabar tersebut dan menyebutkan kalau TV Box itu tidak akan hadir dalam waktu dekat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Sebar Undangan WWDC 2024, iOS 18 Makin Pinter

Apple telah mengirimkan undangan untuk acara tahunan mereka yakni WWDC 2024 (Worldwide Developers Conference). Berdasarkan informasi dari undangan itu, konferensi ini akan digelar pada 10 Juni 2024 pukul 10.00 pagi Waktu setempat (11 Juni 2024 pukul 00.00 WIB).

Mengutip informasi dari CNET, Kamis (30/5/2024), WWDC 2024 akan menjadi ajang debut sejumlah produk terbaru Apple. Meski Apple masih merahasikan detail acara tersebut, sejumlah bocoran mengenai produk yang akan diperkenalkan di acara tersebut sudah bermunculan.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah iOS 18. Sistem operasi baru ini banyak diperbincangkan karena disebut akan menyertakan berbagai fitur AI yang canggih.

Bahkan, laporan terbaru menyebut Apple akan mengintegrasikan kemampuan AI ke sejumlah fungsi di iOS 18, seperti pengeditan foto, pengiriman pesan, emoji, hingga Siri yang lebih komunikatif.

Sebagai informasi, sejak beberapa waktu lalu, rumor seputar kemampuan iOS 18 memang telah banyak beredar di internet. Bahkan, untuk meningkatkan kemampuannya, perusahaan dilaporkan bersiap menjalin kerja sama dengan OpenAI. 

Berdasarkan laporan yang beredar, Apple dan OpenAI saat ini dikabarkan sedang melakukan pembicaraan intens untuk membawa ChatGPT ke produk buatan mereka.

Selain iOS, WWDC 2024 juga diperkirakan akan menjadi ajang perkenalkan update untuk sistem operasi Apple lainnya, termasuk MacOS, iPadOS, serta VisionOS.

Tidak hanya software, dalam event ini, Apple kemungkinan besar juga akan memamerkan chipset besutan mereka sendiri, termasuk kemampuan AI yang dimilikinya. Terlebih, beberapa waktu lalu, Apple telah memperkenalkan iPad generasi terbaru dengan chip M4.

3 dari 4 halaman

Apple Gandeng OpenAI, iOS 18 Bakal Makin Pintar?

Sementara itu, Apple dikabarkan telah sepakat mengimplementasikan teknologi kecerdasan buatan (AI) besutan Open AI untuk sistem operasi iOS 18.

Dilaporkan, kesepakatan tersebut akan menghadirkan beragam fitur AI untuk iOS 18 dan dijadwalkan bakal diperkenalkan pada gelaran WWDC 2024.

Menurut laporan Mark Gurman, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Selasa (28/5/2024), Apple dan OpenAI telah mencapai kesepakatan agar OpenAI menyediakan fitur chatbot di iOS 18.

Ia menambahkan, kesepakatan ini akan menjadi materi acara WWDC Apple pada bulan Juni 2024.

Meski telah menyutui kesepakatan dengan OpenAI, Apple disebut ingin menggabungkan semua teknologi AI yang beredar ke platform mereka.

Laporan itu mengatakan kalau Apple juga masih menawarkan kesepakatan dengan Google untuk menghadirkan Gemini sebagai opsi tambahan.

Pun demikian, Apple juga berencana untuk mengembangkan teknologi AI mereka sendiri. Menurut laporan, Apple juga tengah mengerjakan model Ajax AI untuk analisis teks pada perangkat, balasan cerdas, dan ringkasan berbasis AI.

Dengan kata lain, kesepakatan OpenAI disebut akan digunakan penerapan teknologi ChatGPT akan digunakan untuk tuugas AI yang lebih berat, seperti menganalisis teks yang lebih panjang, pembuatan gambar, dan tugas-tugas serupa yang menutut performa lebih tinggi. 

4 dari 4 halaman

Apple bakal Rilis Fitur Chatbot AI untuk iPhone di Update iOS 18

Melihat perkembangan HP Android yang telah menerapkan chatbot AI, Apple sepertinya tak mau kalah dengan menghadirkan fitur serupa di pembaruan iOS 18 yang tak lama lagi akan diperkenalkan.

Menurut laporan Bloomberg, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Rabu (22/5/2024), Apple dilaporkan sedang mengejar ketertinggalan dari perusahaan lain dengan menghadirkan fitur AI di iPhone.

Kendati demikian, laporan tersebut mengungkapkan bahwa fitur AI yang dikembangkan sendiri oleh Apple tidak sebanyak fitur dari Google dan OpenAI.

Di iOS 18 mendatang, Apple berpotensi mengadopsi pendekatan hybrid untuk fitur AI-nya, di mana pendekatan tersebut memanfaatkan Neural Engine pada perangkat yang dapat menangani fitur AI offline. Sementara solusi cloud perusahaan dapat digunakan untuk fitur yang lebih kompleks.

Meski dirumorkan bakal menghadirkan fitur chatbot, Apple dilaporkan akan menahan diri untuk tidak memperkenalkan chatbot AI-nya sendiri, karena mereka masih belum yakin dengan teknologi yang dimiliki saat ini.

Sebaliknya, mereka bakal menghadirkan chatbot bertenaga ChatGPT kepada pengguna iPhone melalui kemitraannya dengan OpenAI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.