Sukses

Tak Kalah dari Flagship, Begini Cara Biar Galaxy A35 Hasilkan Foto Estetik Malam Hari

Kamu pengguna smartphone kelas menengah, jangan berkecil hati, berbekal kamera dan sejumlah tips di bawah ini, kamu bisa menghasilkan foto estetik saat malam hari.

Liputan6.com, Jakarta - Momen akhir pekan sering dimanfaatkan untuk berlibur, termasuk berkemah atau kini dikenal sebagai glamping, bagi mereka yang hobi melakukan aktivitas di alam bebas.

Meski berada di alam bebas menjadi kemewahan tersendiri bagi mereka yang suka melakukan kegiatan outdoor, kadang ada momen-momen tertentu yang ingin diabadikan, termasuk momen berkumpul saat malam hari.

Untuk mengabadikan momen malam hari, sebenarnya pengguna tak butuh kamera profesional atau smartphone flagship. Kamera milik ponsel kelas mid-end pun cukup untuk menjepret momen keakraban atau pemandangan malam hari, asalkan bisa memaksimalkan pengaturan kameranya.

Misalnya, kalau kamu memiliki smartphone seperti Galaxy A35 5G, kamu bisa mengambil foto malam hari dengan estetik. Samsung membagikan sejumlah tips, apa saja?

1. Foto lanskap pemandangan

Berkemah di kaki gunung memungkinkan kamu menjepret momen-momen pemandangan yang tak bisa dijumpai di kota. Tapi semua ada triknya, kalau pakai Galaxy A35 kamu bisa pakai lensa ultra-wide angle 8MP dan Night Mode.

Sebenarnya, fitur tidak hanya di smartphone Samsung, kamu juga bisa mencobanya di HP lain yang memiliki fitur serupa.

Misalnya untuk mengabadikan tenda atau dengan langit malam sebagai latar belakang.

<p>Ilustrasi: foto malam hari dengan kamera Galaxy A35 (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Caranya: Kamu bisa buka aplikasi kamera, geser menu di bawah dan pilih More. Lalu, ketuk ikon Night. Pilih lensa 0,5 untuk mengaktifkan kamera wide-angle pada Night Mode.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Aktivitas kebersamaan dengan teman di malam hari

Kamu juga bisa merekam berbagai kegiatan malam hari saat sedang berkemah, salah satunya adalah ketika berkumpul dengan teman.

Kamu bisa membidik berbagai ekspresi yang muncul dari teman-teman atau keluarga menggunakan mode portrait.

Mode ini bisa memberi bokeh, apalagi kini kamera smartphone sudah dibekali dengan teknologi AI yang memudahkan penjepretan foto pada kondisi low light.

<p>Momen kebersamaan saat malam hari diabadikan dengan Galaxy A35 5G (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Kalau dirasa kurang pun, kamu bisa menggunakan lampu atau flash light dari smartphone lainnya untuk menambahkan cahaya.

<p>Foto malam hari dengan Galaxy A35 5G (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

  • Buka aplikasi kamera, ketuk menu Portrait.
  • Arahkan kamera ke subjek, ketika lensor mendeteksi kondisi low light, ikon Night Mode berupa bulan sabit akan muncul di sudut kanan bawah layar.
  • Lalu, secara otomatis, ikon Night ini akan aktif.
3 dari 4 halaman

3. Momen api unggun

Salah satu momen eksklusif saat berkemah adalah api unggun. Merekam momen api unggun yang jarang-jarang dirasakan pun membuatnya bisa dikenang di kemudian hari.

Beberapa tips memotret api unggun:

  • Kamu perlu menempatkan api unggun pada komposisi yang pas, kamu bisa mengaktifkan grid kamera Galaxy A35
  • Atur pencahayaan, usahakan tidak terlalu banyak pencahayaan buatan di sekitar api unggun
  • Kamu bisa pakai mode pro, gunakan ISO rendah untuk mengurangi noise dan gunakan bukaan lebar untuk menangkap lebih banyak cahaya.

<p>Foto api unggun dengan Galaxy A35 5G </p>

  • Kalau perlu, kamu bisa pakai tripod untuk memastikan gambar tidak buram.
  • Kamu bisa pakai long exposure untuk menciptakan jejak cahaya yang indah. Caranya di mode Pro, kamu bisa mengatur ISO rendah atau sesuaikan dengan tingkat brightness yang diinginkan.
4 dari 4 halaman

4. Edit Foto

Sebelum diunggah ke medsos kamu bisa mengecek kembali foto-foto hasil jepretan. Kalau kamu mau ubah foto, kamu bisa memanfaatkan fitur editing yang ada di perangkat. Misalnya untuk HP Samsung, terdapat fitur Remaster untuk meningkatkan kualitas fotosecara otomatis. 

Kamu juga bisa menggunakan fitur Object Eraser untuk menghapus bagian tertentu dari foto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.