Sukses

Bos Google Eric Schmidt: 2020, Semua Orang Terhubung Internet

Pernyataan ini didasari oleh data pengguna aktif internet dunia yang saat ini tercatat hingga 34 persen populasi dunia.

Seiring berjalannya waktu, komunikasi global semakin maju dan memudahkan antar-individu di seluruh penjuru dunia saling terhubung. Hal ini senada dengan apa yang diungkap oleh Executive Chairman Google Eric Schmidt, melalui posting Google Plus terbarunya. 
 
Menurut Eric Schmidt, pada tahun 2020 mendatang semua orang di muka bumi akan terkoneksi via internet.

"Tiap orang akan online, mungkin ada dua yang tidak. Di akhir dekade, setiap orang di muka bumi akan terhubung," tulis Schmidt.
 
Seperti yang dilansir oleh laman Phone Arena yang Liputan6.com kutip Selasa (16/4/2013), pernyataan bos besar Google tersebut bukan tanpa alasan. Pernyataan ini didasari oleh data pengguna aktif internet dunia yang saat ini tercatat hingga 34 persen populasi dunia.
 
Pertumbuhan pengguna internet dunia diprediksi bakal terus meningkat dengan pesat. Saat ini saja, masih banyak negara-negara yang sengaja menahan diri untuk tidak membangun jaringan internet, meskipun sebetulnya mereka memiliki infrastruktur yang mumpuni.

Negara-negara ini sengaja membatasi akses warganya pada berbagai informasi penting yang dapat ditemukan di internet. Contoh negara itu antara lain Korea Utara. Eric Schmidt pun memahami itu, karena itu melakukan kunjungan untuk menemui pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

Di Korea Utara, Schmidt menjelaskan kepada Kim Jong-un bahwa Korea Utara akan terus tertinggal jika tak membuka akses internet. Korea Utara pun sempat berubah pikiran dan membuka akses internet untuk wisatawan yang berkunjung ke negara itu. Tapi akses internet tetap tak dibuka untuk warganya.
 
Sampai kapan negara-negara itu akan bertahan dengan prinsipnya? Entahlah. Padahal dunia telah mengarah pada sudut pandang modern akan pentingnya kebebasan informasi. Atas dasar inilah, tidak menutup kemungkinan prediksi Eric Schmidt cepat atau lambat akan terwujud. (dhi/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.