Sukses

Begini Cara Main Game Berjam-jam tanpa Takut HP Cepat Panas

Kamu bisa ikuti tips di bawah ini biar HP kamu tidak cepat panas saat main game selama berjam-jam.

Liputan6.com, Jakarta - Kamu suka main game berjam-jam, apalagi kalau mainnya sambil di bawah sinar matahari. Kalau kamu suka melakukan kebiasaan tersebut, maka HP kamu berpontensi lebih cepat terkena overheating.

Dikutip dari CNET, Rabu (19/6/2024), panas berlebih (overheating) merupakan suatu kondisi ketika ponsel menjadi lebih cepat panas karena beberapa faktor, seperti menjalankan aplikasi berat hingga digunakan di kondisi dengan suhu yang cukup tinggi.

Kondisi tersebut menyebabkan beberapa masalah, seperti HP menjadi lemot hingga aplikasi tidak dapat berjalan normal. Bahkan, jika kondisi itu dibiarkan terus-menerus, maka ponsel akan cepat rusak.

Karena dapat menyebabkan kerusakan, sebaiknya kamu menghindari HP Android dan iPhone kamu dari risiko overheating dengan tips berikut ini.

Penyebab HP Kena Overheating

Sebelum kamu mengetahui cara mencegah HP kamu terkena overheating, terdapat beberapa penyebab yang menyebabkan ponsel cepat panas. Berikut di antaranya:

  • Memakai HP di suhu panas
  • Membiarkan HP di tempat dengan suhu panas.
  • Memakai HP terus-terusan saat diisi daya.
  • Kerusakan pada baterai atau charger.
  • Bug di software.
  • Terdapat aplikasi berbahaya ataupun malware.

Risiko HP Overheating

Jika HP kamu terkena overheating, ponsel kamu akan mengalami berbagai masalah sebagai berikut.

  • Ponsel tak bisa dipakai.
  • Ponsel lemot saat dipakai.
  • Pengecasan menjadi lambat hingga terhenti.
  • Penangkapan sinyal lemah.
  • LED Flash tak bisa dipakai.

Terdapat pula kemungkinan yang dapat menyebabkan ponsel rusak permanen, seperti kerusakan permanen pada baterai, kartu SIM, dan komponen penting lainnya di dalam ponsel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengihdari HP dari Overheating

Cara terpenting untuk menghindari HP dari overheating ialah menjauhi ponsel kamu dari sinar matahari langsung, baik di dalam saku, dalam ransel, atau di bawah handuk/selimut, atau dasbor mobil, terlebih pada saat ponsel dalam kondisi hangat.

Agar ponsel tidak terkena overheating, pakai ponsel kamu di tempat teduh, agar ponsel tidak terkena sinar matahari langsung.

Pun demikian, hindari pula bermain ponsel di dalam mobil ketika suhu di sekeliling tinggi. Sebab, suhu di dalam mobil bisa mencapai 63 derajat ketika cuaca terik.

Selain itu, disarankan untuk menggunakan ponsel ketika suhu di ruangan sekitar 0 derajat hingga 35 derajat celcius. Tak hanya itu, untuk pengguna iPhone, Apple merekomandasikan untuk menyimpan perangkat di tempat yang bersuhu diantara -20 derajat hingga 45 derajat celcius.

3 dari 4 halaman

Tips Lain Cegah HP dari Overheating

Kamu bisa ikuti cara ini untuk menghindari ponsel kamu dari overheating:

Hindari menggunakan aplikasi berat saat suhu sekeliling tinggi: Kamu bisa mencegah ponsel kamu dari suhu tinggi dengan tidak membuka aplikasi berat, aplikasi game atau aplikasi editing yang membutuhkan kinerja tinggi.

Perbarui sistem software ponsel kamu: Kamu bisa perbarui software kamu ke versi terbaru. Versi software terbaru dapat memperbaiki bug yang menyebabkan ponsel cepat panas.

Hindari penggunaan charger palsu: Kebanyakan charger pihak ketiga tidak menyebabkan risiko seperti itu, tetap tetap saja ada sebagian kecil charger palsu yang justru menyebabkan suhu ponsel menjadi panas. Sebaiknya, hindari charger palsu dan gunakan kepala charger dan kabel charger pihak ketiga dari merek terpercaya jika kamu tidak memiliki aksesoris charger dari pabrikan ponsel.

4 dari 4 halaman

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.