Sukses

5 Seri Laptop Copilot+ PC dari Microsoft dengan Chip Snapdragon X

Microsoft rilis serangkaian laptop bersertifikasi Copilot+ PC dengan chip Snapdragon X pada Selasa (18/6/2024)

Liputan6.com, Jakarta - Setelah memperkenalkan beberapa rangkaian laptop Copilot+ PC dengan SoC Snapdragon X, Microsoft akhirnya merilis beberapa laptop tersebut untuk pasar AS pada Selasa (18/6/2024) waktu setempat.

Meski masih hanya tersedia di pasar AS, tak menutup kemungkinan kalau laptop tersebut akan rilis di pasar yang lebih luas, termasuk Indonesia.

Seperti yang telah diketahui, chipset Snapdragon biasanya ditemukan di smartphone. Kini, Qualcomm telah merilis SoC Snapdragon X terbaru untuk mentenagai laptop yang tersertifikasi Copilot+ PC.

Sebagai informasi, Copilot+ PC merupakan sebuah sertifikasi dari Microsoft untuk laptop yang dibenamkan perangkat keras untuk menjalankan sebanyak mungkin proses AI generatif secara lokal, tanpa perlu terhubung ke jaringan internet.

Microsoft mengungkapkan, sebagaimana dikutip dari Engadget, Kamis (20/6/2024), bahwa laptop yang memiliki sertifikasi Copilot+ PC setidaknya harus memiliki kemampuan NPU sebesar 40 TOPs (tera operations per second), dan memiliki minimum RAM 16GB serta kapasitas penyimpanan minimal 256GB.

Tak hanya itu, laptop tersebut juga harus memiliki tombol khusus Copilot di keyboard bawaan dan memiliki daya tahan baterai yang panjang.

Persyaratan di atas telah dipenuhi oleh laptop dengan SoC Snapdragon X, sebab chipset tersebut memang dipersiapkan untuk mentengai laptop Copilot+ PC, karena telah memiliki chip NPU terintegrasi serta spesifikasi mumpuni lainnya untuk menjalankan serangkaian komputasi AI dengan lancar.

Bagi yang penasaran laptop Copilot+ PC apa saja yang dirilis, berikut diantaranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Microsoft Surface Laptop

Surface Laptop seri baru adalah Copilot+ PC pertama yang diperkenalkan di acara Microsoft pada bulan Mei 2024. Laptop ini telah dibenamkan chipset Snapdragon X Elite dan Plus tergantung varian yang dipilih.

Laptop ini memiliki keunggulan pada layar yang punya tingkat kecerahan 600 nits, yang tersedia dalam ukuran 13,8 dan 15 inci, dan terdapat kamera full HD yang terintegrasi ke dalam bezel.

Berkat chipset Snapdragon X, laptop ini 80 persen lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya, dengan baterai yang mampu bertahan hingga 22 jam sekali pengisian daya.

Microsoft Surface Laptop bisa didapatkan mulai dari USD 1.000 (sekitar Rp 16 juta).

2. Microsoft Surface Pro

Berikutnya ialah Microsoft Surface Pro, tak seperti Surface Laptop, perangkat ini memiliki bentuk seperti tablet, dengan layar touchscreen dan keyboard yang bisa dilepas.

Microsoft mengatakan Surface Pro baru 90 persen lebih cepat dibandingkan Surface 9, berkat prosesor Snapdragon X.

Ada juga versi OLED yang menawarkan rasio kontras sangat tinggi dengan warna hitam jauh lebih pekat dari panel LCD.

Fitur lain di laptop ini termasuk touchpad haptic yang dapat disesuaikan, Wi-Fi 7 dan peningkatan dukungan multi-monitor. Surface Pro dijual mulai dari USD 1.000 (sekitar Rp 16 juta).

3 dari 4 halaman

3. Acer Swift 14 AI

Selanjutnya adalah Acer Swift 14 AI. Laptop ini hadir dengan chip Snapdragon X untuk menjalankan aplikasi dan fitur AI dengan lebih lancar.

Laptop ini dilengkapi layar sentuh 14,5 inci beresolusi 2,5K, Wi-Fi 7, RAM hingga 32GB, dan penyimpanan SSD hingga 1TB.

Spesifikasi memukau itu dimasukkan ke dalam sasis logam yang mewah dengan berat 1,36 kg. Acer juga menjanjikan daya tahan baterai hingga 26 jam di laptop ini.

Acer Swift 14 AI akan tersedia pada bulan Juli, dengan harga mulai USD 1.100 (sekitar 18 juta).

4. Lenovo Yoga Slim 7x

Lenovo Yoga Slim 7x hadir sebagai laptop Copilot+ PC dengan chip Snapdragon X Elite yang memiliki keunggulan di segi layar

Layar yang diusung berukuran 14 inci yang mencakup 100 persen gamut warna DCI-P3 serta menghadirkan kecerahan hingga 500 nits.

Terdapat baterai 70Wh di laptop ini yang dapat bertahan sepanjang hari. Yoga Slim 7x bisa didapatkan mulai dari USD 1.300 (sekitar Rp 21 juta).

4 dari 4 halaman

5. ASUS Vivobook S 15

Asus juga tak ketinggalan merilis laptop dengan sertifikasi Copilot+ PC, dengan menghadirkan seri Vivobook S 15.

Seperti namanya, laptop ini memiliki bentang layar 15.6 inch, yang dapat menampilkan konten lebih besar dari laptop 14 inch.

Layar tersebut juga memiliki spesifikasi yang tak main-main. Panel yang diusung ialah OLED dengan resolusi 3K dan refresh rate 120Hz.

Di sisi audio, laptop ini memiliki speakrer bersertifikasi Harman-Kardon dengan teknologi Dolby Atmos.

Laptop ini dipersenjatai Prosesor Snapdragon X Elite serta mencakup beragam aplikasi berbasis AI yang dikembangkan sendiri oleh ASUS.

Spesifikasi lain yang diusung termasuk baterai 70Wh yang dijanjikan mampu bertahan hingga 18 jam sekali diisi. Terdapat opsi penyimpanan internal hingga 1TB dan RAM hingga 32GB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.