Sukses

Samsung Galaxy S25 bakal Diperkuat Snapdragon 8 Gen 4, Kenapa Enggak Pakai Exynos?

Samsung dikabarkan tidak akan menggunakan chip Exynos dan akan memakai SoC Snapdragon 8 Gen 4. Apa alasannya?

Liputan6.com, Jakarta - Ada rumor menyebutkan Galaxy S25 akan hadir dengan dua prosesor berbeda. Kini, bocoran terbaru melaporkan kalau HP tersebut hanya hadir dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 4.

Menurut analis Ming-Chi Kuo, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Kamis (20/6/2024), lini Galaxy S25 tidak akan menggunakan chipset dari Exynos.

Ia mengungkapkan bahwa kemungkinan besar Samsung bakal menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 4 dari Qualcomm.

Penggunaan chipset Qualcomm di seluruh lini Galaxy S sebelumnya juga pernah dilakukan Samsung di jajaran S23, di mana seluruhnya menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2.

Keputusan tersebut disebabkan oleh dua faktor, yakni terdapat laporan yang menunjukkan bahwa Samsung menghadapi masalah hasil produksi dengan chipset Exynos 2500 3nm miliknya.

Pengembangan Exynos 2500 untuk Galaxy S25 ternyata tidak sesuai harapan, karena chip tersebut masih belum memadai untuk diproduksi secara massal.

Faktor kedua, menurut Ming-Chi Kuo adalah saat ini Samsung sedang mencari alternatif chipset yang lebih murah. Hal tersebut juga pernah dilakukan dengan penggunaan chipset Dimensity 9300+ di Galaxy Tab S8+. Alasan penggunaan chipset tersebut karena biayanya yang lebih murah.

Selain itu, terdapat rumor menunjukkan bahwa Samsung mungkin melengkapi ponsel lipat Galaxy Z Flip 6 dan Z Fold 6 yang akan datang dengan SoC Snapdragon 8 Gen 3 saat ini, yang menunjukkan bahwa Samsung saat ini tidak melirik Exynos sebagai chipset utama untuk HP flagship mereka.

Pencarian alternatif chip tersebut disebabkan karena penggunaan chip Snapdragon 8 Gen 4 berpotensi akan menaikkan harga lini Galaxy S25. Peningkatannya pun tak main-main, diperkirakan harga chip tersebut akan naik 25 hingga 30 persen.

Peningkatan harga chip itu tentunya juga berpengaruh pada harga jual dari lini S25. Sebaliknya, Qualcomm dan TSMC bisa mendapatkan keuntungan besar dari peningkatan pesanan jika Samsung memilih Snapdragon 8 Gen 4 secara eksklusif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S25 Ultra

Sebelumnya, bocoran Galaxy S25 Ultra telah banyak beredar. HP ini dikabarkan usung kamera dengan resolusi besar. 

Terbaru, Galaxy S25 Ultra telah terlihat di database IMEI. Laporan dari Android Authority, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Senin (10/6/2024), menunjukkan bahwa ponsel ini memiliki nomor model SM-S938U, dengan huruf "U" di akhir kode negara yang mewakili Amerika Serikat.

Meskipun daftar database IMEI adalah tanda awal bahwa Samsung akan merilis model Galaxy S25 Ultra di Amerika tahun depan, masih belum ada bocoran resmi terkait spesifikasi HP ini di database tersebut.

Sebagai informasi, beberapa hari lalu terdapat bocoran dari salah satu leaker yang mengatakan bahwa Galaxy S25 Ultra bakal menggunakan tipe penyimpanan UFS 4.1. Tipe ini memiliki kecepatan transfer data lebih cepat dari UFS 4.0 yang dipakai di S24 Ultra.

Selain itu, varian paling terjangkau dari S25 Ultra memiliki varian RAM 12/ROM 256GB. Sementara itu, varian 512GB dan 1TB akan menggunakan RAM 16GB.

Pada sektor fotografi, Samsung Galaxy S25 Ultra dikabarkan mengusung empat kamera dengan sensor utama 200MP, sensor ultra-wide 50MP, sensor telephoto 50MP dengan kemampuan 3x zoom optikal, dan 50MP super telephoto dengan 5x zoom optikal.

HP ini mengusung chipset gahar, dengan Snapdragon 8 Gen 4 yang memiliki clock speed yang lebih cepat, untuk pemrosesan komputasi hingga menjalankan fitur Galaxy AI yang lebih optimal. Ponsel ini dirumorkan rilis pada Januari 2025. 

3 dari 4 halaman

Bocoran Produk Samsung di Galaxy Unpacked Juli 2024: Dari HP Layar Lipat hingga Cincin Pintar

Sementara itu, bocoran mengenai produk yang akan dirilis di acara Galaxy Unpacked terkuak, tak cuma luncurkan HP layar lipat.

Dikutip dari Android Authority, Selasa (11/6/2024), salah satu leaker telah mengunggah beberapa gambar produk yang diduga akan diperkenalkan di Galaxy Unpacked Juli 2024.

Bocoran gambar tersebut memang diburamkan, namun produk yang terpampang masih dapat dilihat dan dapat disimpulkan perangkat apa saja akan diperkenalkan nantinya.

Salah satu bocoran gambar jadi sorotan ialah Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6. Berdasarkan gambar tersebut, bisa terlihat kedua HP layar lipat tersebut mengusung desain lebih mengotak, mirip dengan desain Galaxy S24 Ultra.

Selain lini HP Android Z Fold dan Z Flip, terdapat bocoran gambar render dari Galaxy Ring dan Galaxy Watch 7. Sebagai informasi, Galaxy Ring sebelumnya dipamerkan di pagelaran Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona.

Menurut laporan Android Authority, Samsung berencana menjual Galaxy Ring di AS pada Agustus 2024. Diperkirakan perusahaan asal Korea ini memperkenalkan Galaxy Ring pada acara Unpacked pada Juli 2024 dan membuka pre-order setelah acara tersebut.

Sedangkan untuk Galaxy Watch 7, jam tangan tersebut akan hadir dengan model 40mm dan 44mm. Galaxy Watch 7 akan hadir dengan dua konektivitas berbeda, yakni Wi-FI dan 4G LTE.

 
4 dari 4 halaman

Perangkat FE Tak Diperkenalkan di Galaxy Unpacked Juli 2024

Bagi pengguna yang mengharapkan perangkat seri FE juga diperkenalkan di Unpacked Juli 2024, nampaknya mereka akan kecewa. Pasalnya, Samsung tidak berencana untuk memperkenalkan produk tersebut.

Salah satu leaker mengungkapkan bahwa Galaxy Watch FE, Galaxy Buds 3, dan Galaxy Buds 3 Pro tidak akan diperkenalkan pada acara Galaxy Unpacked bulan mendatang.

Tak hanya itu, tipster bernama Arsene Lupin mengungkapkan pada unggahan X bahwa Galaxy Watch FE akan dirilis pada 24 Juni 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.