Sukses

Update One UI 6.1 bakal Mendarat di Samsung Galaxy A25, Tapi..

Pembaruan One UI 6.1 resmi meluncur ke sebagian ponsel lawas Samsung, salah satunya Galaxy A25.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung kembali merilis pembaruan One UI 6.1 ke lebih banyak ponsel lama mereka. Terbaru, perusahaan merilis update tersebut ke HP Galaxy A25.

Mengutip laporan forum Komunitas Samsung, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Kamis (20/6/2024), Galaxy A25 5G akan mendapatkan pembaruan One UI 6.1. Kendati demikan, update tersebut hanya dapat dinikmati pengguna di AS.

Sayangnya, pembaruan ini hanya terbatas untuk sebagian pengguna kecil. Bahkan, sebagian pengguna ponsel tersebut di AS juga masih belum mendapatkan update One UI 6.1.

Hingga saat ini, hanya perangkat Galaxy A25 yang terkunci provider Xfinity yang dijanjikan mendapatkan update One UI 6.1.

Meski begitu, hanya tinggal hitungan hari sebelum unit Galaxy A25 5G lainnya juga akan mendapatkan pembaruan yang sama.

Sama seperti pembaruan One UI 6.1 di HP terjangkau lainnya, software tersebut tidak akan hadir dengan fitur Galaxy AI seperti HP flagship Samsung lainnya.

Meski tak mendapatkan Galaxy AI, update One UI 6.1 dari Samsung masih menghadirkan sejumlah fitur yang tak kalah menarik.

Beberapa di antaranya aplikasi Gallery yang diperbarui, opsi pengeditan yang lebih lengkap, widget yang ditingkatkan, lebih banyak penyesuaian wallpaper, lebih banyak widget layar kunci, Samsung Health yang ditingkatkan, serta banyak fitur dan peningkatan baru lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Update One UI 6.1 Mendarat di Galaxy A23

Sebelumnya, Samsung juga merilis pembaruan One UI 6.1 ke Galaxy A23, HP terjangkau yang sempat dilirik banyak pengguna.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Sabtu (1/6/2024), meski bukan bagian dari jajaran flagship, update One UI 6.1 untuk Galaxy A23 tetap menawarkan sejumlah peningkatan menarik.

Beberapa di antaranya adalah perbaikan bug dan peningkatan performa yang terbilang signifkan.

Oleh sebab itu, meski fitur Galaxy AI absen dalam update ini, sejumlah pembaruan tersebut tetap menjadikan pengalaman pengguna makin optimal.

Saat ini, update One UI 6.1 untuk Samsung Galaxy A23 baru tersedia di Korea Selatan. Namun, Samsung memastikan update ini akan segera hadir di wilayah lain dalam Waktu dekat.

Update akan tersedia secara OTA (over-the-air) dengan ukuran unduhan sekitar 2GB. Nomor versi software yang didapat berbeda-beda tergantung wilayah, tapi di Korea Selatan, update ini hadir dengan nomor versi A235NKSU5EXE3.

Sekadar diketahui, Galaxy A23 dipersenjatai chipset Snapdragon 680, RAM 6GB, dan memori internal 128GB. Perangkat ini juga memiliki dukungan RAM Plus hingga 6GB.

Galaxy A23 telah memiliki fitur NFC, sehingga pengguna bisa melakukan pembayaran tanpa kartu atau isi kartu ewallet tanpa perlu di minimarket atau ATM.

3 dari 4 halaman

One UI 6.1 Kini Tersedia untuk Galaxy A52 dan Model Lainnya

Tak hanya itu, Samsung juga menggulirkan One UI 6.1 ke lebih banyak ponsel lama mereka, termasuk salah satunya Galaxy A52.

Dikutip dari Android Headlines, Selasa (28/5/2024), ponsel yang akan mendapatkan pembaruan One UI 6.1 di bulan Mei 2024 selain Galaxy A52, ada Galaxy A15 5G, Galaxy A14 5G, Galaxy M53 5G, Galaxy F54, dan Galaxy Zcover 6 Pro.

Hingga artikel ini dimuat, Samsung tengah meluncurkan pembaruan One UI 6.1 untuk Galaxy A52 di Amerika Serikat. Pembaruan tersebut memiliki nomor versi firmware masing-masing A526USQUCGXE1 dan A526U1UEUCGXE1.

Selain Galaxy A52, update One UI ini juga akan hadir di kedua seri Galaxy A lainnya, seperti A15 5G dan A14 5G. Untuk Galaxy A15 5G, ponsel ini akan mendapatkan update One UI 6.1 dengan nomor firmware A156USQU1BXDA dan A156U1UEU1BXDB.

Sementara Galaxy A14 5G akan mendapatkan pembaruan ini dengan nomor firmware A146PXXU7DXD3.

Tak hanya seri Galaxy A, Samsung juga akan menggulirkan update One UI 6.1 ke lini Galaxy M. Lini Galaxy M yang mendapatkan pembaruan tersebut ialah Galaxy M53, dengan nomor firmware M536BXXU5EXD3.

Selain itu, dua ponsel terakhir yang akan mendapatkan pembaruan One UI 6.1 di bulan Mei 2024 adalah Galaxy Xcover 6 Pro dan Galaxy F54.

Untuk Xcover 6 Pro, perangkat ini akan mendapatkan update dengan nomor firmware G736BXXU5EXD5, sedangkan F54 mendapatkan nomor firmware E546BXXU4CXDC.

4 dari 4 halaman

Samsung Galaxy Z Flip 6 dan Z Fold 6 bakal Dibekali Fitur Galaxy AI

Di sisi lain, HP layar lipat Samsung yang akan dirilis, Galaxy Z Flip 6 dan Z Fold 6, dipastikan akan mendapatkan fitur kecerdasan buatan Galaxy AI.

Kabar tersebut dikonfirmasi langsung oleh EVP dan Head of Mobile R&D Office, Mobile eXperience Business di Samsung, Won-Joon Choi.

Mengutip Android Authority, Minggu (9/6/2024), ia menyebut kalau kemampuan Galaxy AI akan dapat dinikmati oleh pengguna HP layar lipat Samsung mendatang.

"Kami akan lebih mengoptimalkan pengalaman Galaxy AI untuk perangkat layar lipat yang akan datang," ujar Won-Joon Choi.

Meski tidak disebutkan dalam pernyataannya, perangkat layar lipat yang dimaksud merujuk pada Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6.

Penerus ponsel layar lipat Samsung itu diperkirakan akan diumumkan pada acara Galaxy Unpacked pada 10 Juli 2024.

Konfirmasi ini juga sesuai dengan dugaan gambar Z Flip 6 dan Z Fold 6 yang bocor tak lama ini. Dalam gambar tersebut, tulisan “Galaxy AI” muncul di samping nama dan render kedua HP layar lipat Samsung tersebut.

Melihat perusahaan yang saat ini gencar memamerkan kemampuan Galaxy AI, rasanya tak wajar jika mereka tidak mengadopsi fitur tersebut di Galaxy Z Flip 6 dan Z Fold 6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.