Sukses

Update iOS 18 Beta Bawa Peningkatan Fitur Siri Sampai FaceTime, Cek di Sini!

Apple akan memberikan peningkatan di beberapa sektor pada pembaruan iOS 18 Beta.

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja membagikan rangkaian peningkatan untuk beberapa fitur di iOS 18, termauk perubahan di FaceTime, Siri, dan aplikasi Wallet.

iOS 18 versi Beta telah tersedia bagi pengguna yang ikut program Apple Developer. Nantinya, versi Public Beta akan rilis pada Juli 2024. Bagi kamu yang penasaran apa saja peningkatan yang hadir di ketiga fitur iOS 18, simak artikel ini.

Peningkatan Audio di Siri

Mengutip informasi dari Apple, sebagaimana dikutip dari Gizmochina, Rabu (19/6/2024), iOS 18 menghadirkan pengaturan baru yang memberikan peningkatan signifikan pada kualitas audio di Siri saat tersambung dengan audio mobil tanpa perlu terhubung ke CarPlay.

Pengaturan baru ini bisa ditemukan di aplikasi Settings. Caranya buka Settings > Siri > Siri Responses > “Respond over Media Source.”

Saat membuka menu tersebut sistem akan menampilkan pemberitahuan “Siri will respond over A2DP car stereos, which is ideal while listening to media from your phone.”

Notifikasi tersebut memberitahukan pengguna bahwa audio Siri akan lebih terdengar jelas saat terhubung dengan audio mobil.

Peningkatan di Facetime

Berdasarkan informasi Apple, FaceTime akan menggunakan lebih banyak data dalam mode Low Power di iOS 18 saat jaringan stabil. Hal tersebut akan meningkatkan kualitas saat panggilan video.

Peningkatan Keamanan di Aplikasi Wallet

Saat pengguna menambahkan identitas ke aplikasi Wallet di iPhone, kini pengguna akan diminta untuk mengambil foto wajah pengguna secara langsung bersamaan dengan serangkaian gerakan kepala dan mimik wajah.

Menurut Apple, perangkat akan mengevaluasi Live Photo untuk memastikan bahwa orang yang menambahkan identitas tersebut adalah orang asli, bukan orang lain yang login menggunakan akun pengguna.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Fitur Baru Aplikasi Messages di iOS 18

Sementara itu, Apple juga memberikan peningkatan di aplikasi Messages. Seperti diketahui, sejak muncul pertama kali di iPhone pada 2007, Messages telah menjadi andalan para pengguna iPhone untuk berkomunikasi.

Mengutip laporan Digital Trends, Minggu (16/6/2024), pada iOS 18, Apple menghadirkan sejumlah fitur inovatif sebagai berikut.

Jadwalkan Pesan

Salah satu fitur paling menarik di iOS 18 adalah kemampuan menjadwalkan pesan. Setelah hanya tersedia di aplikasi Mail, kemampuan ni kini tersedia untuk pengiriman pesan melalui Messages.

Fitur ini pun sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin mengatur waktu pengiriman pesan agar tidak menganggu penerima atau menyesuaikan dengan Waktu yang sudah disesuaikan.

Ekspresi Diri Lebih Kreatif

iOS baru ini hadir dengan beragam fitur yang membuat pesan pengguna lebih personal dan menarik. Sebab, pengguna kini bisa menebalkan, memiringkan, menggarisbawahi, atau mencoret teks.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa menambahkan efek animasi pada huruf, kata, hingga frasa. Bahkan, sistem operasi ini juga bisa memberikan rekomendasi efek yang sesuai dengan isi pesan pengguna.

Kirim Pesan Tanpa Koneksi Internet

Hal menarik lain dari Messages di iOS 18 adalah kemampuan mengirim pesan, bahkan tanpa jaringan wi-fi atau seluler. Lewat kemampuan satelit yang sama seperti layanan Emergency SOS, pengguna iPhone 14 ke atas bisa mengirimkan pesan tanpa koneksi internet.

3 dari 4 halaman

Fitur Baru Lain di Messages

RCS Messaging

Salah satu yang dinantikan di iOS 18 adalah dukungan untuk berkirim pesan teks SMS berbasis RCS dengan pengguna Android. Hal ini tentu akan memudahkan pengguna, karena RCS merupakan teknologi baru dengan kemampuan yang lebih baik dari SMS.

Meski percakapan dengan RCS masih ditampilkan dalam bentuk gelembung hijau seperti SMS, tapi pengalaman yang diberikan tentu lebih baik.

Alasannya,  pengguna bisa melihat indikator orang lain yang sedang mengetik, read recepits, hingga berkirim foto berkualitas tinggi.

Apple Intelligence

Teknologi AI terbaru milik Apple ini turut meningkatkan kemampuan Messages. Meski tidak semua perangkat mendukungnya, fitur ini disebut dapat mengubah cara pengguna berkomunikasi.

Salah satu kemampuan yang ditawarkan adalah memberikan saran mengenai hal yang harus ditulis berdasarkan analisis pesan sebelumnya. Selain itu, ada pula Genmoji, fitur yang memungkinkan AI membuat gambar berdasarkan deskripsi, konsep, atau bahkan seseorang dari galeri foto.

Tapback Semakin Ekspresif

Tapback merupakan cara cepat untuk merespons pesan, dan di iOS 18, kemampuan itu ditingkatkan. Sebab, tidak lagi terbatas pada beberapa emoji saja, pengguna bisa memakai emoji atau stiker apa pun, termasuk Live Sticker yang didesain sendiri.

4 dari 4 halaman

Bocoran Apple Watch Series 10: Layar Lebih Besar dan Desain Lebih Tipis

Di sisi lain, Apple diperkirakan tengah mempersiapkan perilisan jam tangan pintar terbarunya yang dirumorkan memiliki nama Apple Watch Series 10.

Apple Watch Series 10 dirumorkan bakal mengusung berbagai peningkatan di berbagai sektor, mengingat perangkat ini menandakan perayaan 10 tahun sejak Apple Watch pertama kali diperkenalkan.

Menurut analis Ming-Chi Kuo, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Rabu (19/6/2024), Apple Watch Series 10 akan menghadirkan layar lebih besar dan desain lebih tipis, serta pemakaian teknologi pencetakan 3D untuk produksi komponen jam tangan tersebut.

Layar Lebih Besar

Ming-Chi Kuo mengatakan, Apple Watch Series 10 akan menampilkan ukuran layar yang lebih besar, dari ukuran saat ini 45mm dan 41mm menjadi sekitar 49mm dan 45mm.

Menurutnya, peningkatan ukuran tersebut akan menawarkan tampilan yang lebih imersif dan mudah dibaca kepada pengguna, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Layar yang lebih besar juga memungkinkan lebih banyak fitur dan fungsi untuk dimasukkan ke dalam jam tangan, sehingga diperkirakan Apple Watch 10 akan memiliki lebih banyak fitur baru yang dibenamkan.

Desain Lebih Tipis

Selain penggunaan layar lebih besar, smartwatch Apple ini juga diperkirakan akan memiliki desain lebih tipis dibandingkan pendahulunya.

Perubahan tersebut dilakukan Apple agar jam tangan ini lebih nyaman dipakai, terutama saat digunakan dalam waktu lama.

Desain lebih tipis juga dapat menghadirkan penampilan desain lebih ramping dan modern, sehingga menarik lebih banyak pengguna.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.