Sukses

Samsung Galaxy Watch 7 Nongol di Sertifikasi SDPPI Kominfo, Kapan Masuk Indonesia?

Detail mengenai Samsung Galaxy Watch 7 muncul di SDPPI Kominfo, bakal masuk Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung akan membawa jam tangan pintar (smartwatch) terbarunya, Galaxy Watch 7, ke Indonesia secara resmi.

Meski smartwatch tersebut masih belum dirilis Samsung secara global, nampaknya Galaxy Watch 7 akan diperkenalkan resmi secara bersamaan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Mengutip Gizmochina, Kamis (20/6/2024), Samsung Galaxy Watch 7 telah muncul di situs sertifikasi Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kominfo.

Galaxy Watch 7 muncul di situs SDPPI dengan nomor model SM-L300, dengan tempat perakitan yang berada di Vietnam. Sebagai informasi, Samsung Galaxy Watch 7 hadir dengan empat nomor model, yakni SM-L300, SM-L305, SM-L310, dan SM-L315.

Menurut data dari FCC, nomor model SM-L300 dan SM-L210 hanya dapat menangkap konektivitas Wi-Fi, sedangkan dua nomor model lainnya dapat menangkap jaringan LTE.

Nantinya, Galaxy Watch akan hadir dalam dua ukuran berbeda, yaitu 40mm dan 44mm. Jam tangan ini juga akan dilengkapi kemampuan pengisian daya 15W wireless charging.

Untuk diketahui, Samsung Galaxy Watch 7 bakal menjadi salah satu perangkat wearable, selain Galaxy Ring yang diumumkan dalam ajang Galaxy Unpacked pada Juli 2024.

Selain itu, laporan ini juga mengklaim Galaxy Watch 7 akan memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 32GB--dua kali lipat dari Galaxy Watch 6.

Beberapa bulan lalu, tersiar kabar perusahaan asal Korea tersebut akan memperkenalkan tiga model Galaxy Watch 7. Sebelumnya, Samsung hanya meluncurkan dua model.

Berhubung masih ada beberapa bulan lagi jelang Galaxy Unpacked 2024 , bukan hal tak mungkin bocoran informasi tentang jam pintar baru Samsung itu akan mulai muncul di internet. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Galaxy Watch FE Resmi Meluncur, Smartwatch Anyar Harga Terjangkau

Di sisi lain, Samsung resmi meluncurkan Galaxy Watch FE ke publik. Kehadiran smartwatch ini sebenarnya sudah santer terdengar sejak beberapa bulan lalu, sebelum akhirnya diperkenalkan secara resmi.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Jumat (14/6/2024), smartwatch perdana seri FE ini merupakan pembaruan dari Galaxy Watch 4. Karenanya, Galaxy Watch FE hadir dengan sejumlah fitur Kesehatan yang lebih lengkap, serta desain lebih tangguh.

 Ketangguhan smartwatch ini diperlihatkan dengan penggunaan kaca safir di layarnya, menggantikan kaca Gorilla Glass DX+ di Galaxy Watch 4. Namun, Galaxy Watch FE hanya hadir dalam satu ukuran saja yakni 40mm, sedangkan model 44mm absen.

Smartwatch Samsung ini memiliki layar Super AMOLED 1,2 inci dengan resolusi 396x396 piksel. Watch FE dipersenjatai chipset Exynos W920, RAM 1,5GB, dan memori 16GB.

Galaxy Watch FE menjalankan sistem operasi Wear OS dengan balutan One UI 5 Watch. Selain desain yang lebih tangguh, Samsung juga membenamkan deretan fitur Kesehatan yang lebih lengkap.

3 dari 4 halaman

Fitur Galaxy Watch FE

Disebutkan, Samsung Galaxy Watch FE dapat melacak lebih dari 100 jenis olahraga, menganalisis pola tidur, memantau detak jantung, mengukur tekanan darah, dan bahkan mendeteksi kemungkinan gangguan irama jantung.

Galaxy Watch FE tersedia dalam tiga pilihan warna yakni silver, pink gold, dan black. Smartwatch ini telah memperoleh sertifikasi IP68, mendukung penyelaman hingga 5ATM, sertifikasi MIL-STD-810H, Bluetooth 5.3, Wi-Fi, hingga NFC.

Rencananya, Galaxy Watch FE akan mulai dijual pada 24 Juni dengan harga USD 199 (Rp 3,2 juta) untuk versi standar. Sementara Samsung membanderol versi LTE dengan harga USD 249 (Rp 4 juta) dan dijadwalkan hadir pada Oktober 2024.

4 dari 4 halaman

Bocoran Galaxy Watch 7 Ultra

Sementara itu, Samsung dirumorkan bakal merlisi jam tangan Galaxy Watch 7 Ultra. Jam tangan ini merupakan penerus dari Galaxy Watch 5 Pro yang diluncurkan pada 2022.

Bersamaan dengan bocoran nama tersebut, sebuah gambar render Galaxy Watch 7 Ultra pun sudah beredar di internet.

Bila diperhatikan dari gambar di atas, desain Galaxy Watch 7 Ultra ini seperti perpaduan dari Galaxy Watch 5 Pro dan Watch 6 Classic.

Dari gambar render yang dibagikan oleh @OnLeaks dan SmartPrix, tampaknya desain Galaxy Watch 7 Ultra akan memiliki bingkai persegi dengan mempertahankan bezel dapat diputar.

Tak hanya itu, terlihat juga bagaimana layar smartwatch baru milik Samsung ini masih menggunakan layar melingkar. Bezel smartwatch ini akan memiliki sentuhan mengkilat dengan bingkai berbalut matte.

Beda dari jam tangan pintar sebelumnya yang memiliki indikator numerik, bezel Watch 7 Ultra hanya memiliki garis halus dan indikator per jam minimalis.

Dilansir Android Police, Sabtu (25/5/2024), Watch 7 Ultra akan memiliki ukuran 47 x 47,4 x 16,4 mm dengan layar 1,5 inci--sama seperti Watch 6 Classic.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.