Sukses

Cincin Pintar Samsung Galaxy Ring Disebut Rilis Akhir 2024, Bisa Buat Apa?

Samsung akan merilis Galaxy Ring, apa saja fitur dan kemampuan perangkat ini? Simak ulasannya berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung berencana merilis perangkat pintar wearable, namun bukan jam tangan, melainkan cincin pintar, yakni Galaxy Ring.

Perangkat ini rencananya akan dirilis sebelum akhir 2024, Dikutip dari ZDNET, Jumat (21/6/2024), Galaxy Ring akan menjadi perangkat kesheatan yang memiliki beragam fitur kesehatan hingga pelacakan kualitas tidur serta fitur lain yang akan ditambahkan.

Samsung Galaxy Ring akan tersedia dalam beberapa warna dan ukuran. Pun demikian, perangkat ini tidak dapat dihubungkan ke iPhone, seperti Galaxy Watch.

Nantinya, cincin pintar itu akan dijual sepaket dengan tempat pengisian daya (charging case) yang akan terlihat dan berfungsi seperti casing earbud.

Galaxy Ring dikabarkan mendukung fungsi elekterokardiogram (ECG) dan pengukuran aliran darah untuk memantau pembacaan, seperti detak jantung pemakainya dan kadar oksigen darah.

Pantauan kesehatan pengguna selama penggunaan Samsung Galaxy Ring akan ditampilkan di aplikasi Samsung Health. Aplikasi tersebut akan memantau potensi gejala apnea tidur dengan melacak pola tidur dan perubahan oksigen darah serta menjaga peringatan detak jantung selama tidur.

Cincin tersebut dikabarkan mendukung kontrol perangkat melalui aplikasi Samsung SmartThings dan pembayaran nirkabel melalui Samsung Pay.

Hingga saat ini, masih belum ada kabar resmi mengenai berapa harga Galaxy Ring atau kapan cincin itu akan tersedia. Laporan dari ZDNET memperkirakan Galaxy Ring akan dijual di antara USD 250 (sekitar Rp 4 juta) hingga USD 450 (sekitar Rp 7,4 juta).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran Produk Samsung di Galaxy Unpacked Juli 2024

Menurut kabar yang beredar, Galaxy Ring akan dijual bersamaan dengan Galaxy Z Fold 6, Z  Flip 6, dan perangkat wearable lainnya.

Dikutip dari Android Authority, Selasa (11/6/2024), salah satu leaker telah mengunggah beberapa gambar produk yang diduga akan diperkenalkan di Galaxy Unpacked Juli 2024.

Bocoran gambar tersebut memang diburamkan, namun produk yang terpampang masih dapat dilihat dan dapat disimpulkan perangkat apa saja akan diperkenalkan nantinya.

Salah satu bocoran gambar jadi sorotan ialah Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6. Berdasarkan gambar tersebut, bisa terlihat kedua HP layar lipat tersebut mengusung desain lebih mengotak, mirip dengan desain Galaxy S24 Ultra.

Selain lini HP Android Z Fold dan Z Flip, terdapat bocoran gambar render dari Galaxy Ring dan Galaxy Watch 7. Sebagai informasi, Galaxy Ring sebelumnya dipamerkan di pagelaran Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona.

Menurut laporan Android Authority, Samsung berencana menjual Galaxy Ring di AS pada Agustus 2024. Diperkirakan perusahaan asal Korea ini memperkenalkan Galaxy Ring pada acara Unpacked pada Juli 2024 dan membuka pre-order setelah acara tersebut.

Sedangkan untuk Galaxy Watch 7, jam tangan tersebut akan hadir dengan model 40mm dan 44mm. Galaxy Watch 7 akan hadir dengan dua konektivitas berbeda, yakni Wi-FI dan 4G LTE

 
3 dari 4 halaman

Perangkat FE Tak Diperkenalkan di Galaxy Unpacked Juli 2024

Bagi pengguna yang mengharapkan perangkat seri FE juga diperkenalkan di Unpacked Juli 2024, nampaknya mereka akan kecewa. Pasalnya, Samsung tidak berencana untuk memperkenalkan produk tersebut.

Salah satu leaker mengungkapkan bahwa Galaxy Watch FE, Galaxy Buds 3, dan Galaxy Buds 3 Pro tidak akan diperkenalkan pada acara Galaxy Unpacked bulan mendatang.

Tak hanya itu, tipster bernama Arsene Lupin mengungkapkan pada unggahan X bahwa Galaxy Watch FE akan dirilis pada 24 Juni 2024.

4 dari 4 halaman

Samsung Galaxy Watch 7 Nongol di Sertifikasi SDPPI Kominfo, Kapan Masuk Indonesia?

Di sisi lain, Samsung akan membawa jam tangan pintar (smartwatch) terbarunya, Galaxy Watch 7, ke Indonesia secara resmi.

Meski smartwatch tersebut masih belum dirilis Samsung secara global, nampaknya Galaxy Watch 7 akan diperkenalkan resmi secara bersamaan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Mengutip Gizmochina, Kamis (20/6/2024), Samsung Galaxy Watch 7 telah muncul di situs sertifikasi Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kominfo.

Galaxy Watch 7 muncul di situs SDPPI dengan nomor model SM-L300, dengan tempat perakitan yang berada di Vietnam. Sebagai informasi, Samsung Galaxy Watch 7 hadir dengan empat nomor model, yakni SM-L300, SM-L305, SM-L310, dan SM-L315.

Menurut data dari FCC, nomor model SM-L300 dan SM-L210 hanya dapat menangkap konektivitas Wi-Fi, sedangkan dua nomor model lainnya dapat menangkap jaringan LTE.

Nantinya, Galaxy Watch akan hadir dalam dua ukuran berbeda, yaitu 40mm dan 44mm. Jam tangan ini juga akan dilengkapi kemampuan pengisian daya 15W wireless charging.

Untuk diketahui, Samsung Galaxy Watch 7 bakal menjadi salah satu perangkat wearable, selain Galaxy Ring yang diumumkan dalam ajang Galaxy Unpacked pada Juli 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.