Sukses

Google Tambahkan Fitur AI Gemini di Gmail

Google mulai menambahkan fitur AI Gemini di Gmail, membantu pengguna merancang email balasan dan memudahkan pekerjaan pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Gmail mendapatkan lebih banyak fitur AI yang bisa mempermudah pengguna mengakses email mereka. Pada versi web, Google meluncurkan side bar (panel sisi) Gemini baru yang dapat melakukan hal-hal, seperti meringkas utas email dan menyusun email baru. 

Menurut unggahan di blognya, Google menyebut, tool ini akan menawarkan 'prompt proaktif', tetapi pengguna juga bisa mengajukan pertanyaan 'bentuk bebas'. 

Mengutip The Verge, Selasa (25/6/2024), Sidebar AI ini dikembangkan untuk memanfaatkan model yang Google yang paling capable, misalnya Gemini 1.5 Pro. 

Pada aplikasi mobile Gmail, Google akan memberikan kemampuan Gemini yang mampu meringkas thread. Peningkatan AI yang diberikan ini bisa sangat membantu, sayangnya saat ini hanya tersedia untuk pengguna Gemini berbayar. 

Kalau kamu ingin mencoba fitur ini, pengguna perlu menjadi konsumen Google Workspace dengan Gemini Business atau add-on Enterprise, Gemini Education atau Education Premium, atau Google One AI Premium. 

Meski begitu, The Verge mengingatkan agar pengguna layanan AI berbasis ini tidak bergantung sepenuhnya pada tool ini ketika bekerja. Pastikan untuk selalu memeriksa ulang email yang dibantu buatkan oleh Gemini sebelum mengirimkannya. 

Selain ke email, Google juga meluncurkan fitur Gemini sidebar di Google Docs, Sheets, Slides, dan Drive. Google menjanjikan fitur-fitur ini tengah dalam perjalanan untuk sampai ke semua penggunanya. 

Selanjutnya masih akan ada sejumlah fitur AI yang akan diumumkan untuk Gmail, termasuk Contextual Smart Reply. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Laporan Sebelumnya, Bakal Tambah Gemini di Gmail

 Aplikasi Gmail di Android akan memiliki fitur baru yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI). Google berencana untuk mengintegrasikan AI Gemini dengan memberikan tombol khusus untuk Gmail Android.

Penambahan tombol khusus Gemini itu diharapkan akan membantu pengguna dengan penambahan fitur baru, seperti meringkas email hingga menjawab pertanyaan langsung melalui aplikasi Gmail.

 Laporan dari Android Authority, sebagaimana dikutip dari Gadgets360, Senin (10/6/2024), menunjukkan bahwa fitur ini ditemukan di aplikasi Gmail Android versi 2024.05.26.638440827.

Pembaruan tersebut menghadirkan tombol khusus Gemini AI yang dapat digunakan untuk membantu pengguna melalui fitur AI.

Untuk saat ini, fitur tersebut hanya tersedia untuk Gmail Android. Masih belum ada laporan mengenai ketersediaan Gemini untuk aplikasi Gmail di iPhone.

3 dari 4 halaman

Kemampuannya Apa Saja?

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa Gemini AI di Gmail akan memiliki tiga fitur utama, yakni Summarize this email, List the next steps, dan Suggest a reply.

Summarize this email memungkinkan pengguna untuk meringkas email secara cepat menggunakan AI. Lalu, List the next steps merupakan fitur yang dapat digunakan untuk memberikan saran langkah yang dapat dilakukan pengguna. Terakhir, Suggest a reply dapat dipakai untuk menemukan saran balasan email yang cocok.

Fitur ini masih diuji dan hanya dapat dipakai oleh sebagian kecil pengguna. Nantinya, fitur ini akan disempurnakan dan akan dapat dipakai oleh seluruh pengguna Android.

4 dari 4 halaman

Peningkatan Kemampuan Chatbot AI Gemini

Sebelum mengintegrasikan Gemini ke aplikasi Gmail Android, Google merilis fitur baru untuk meningkatkan kemampuan chatbot AI miliknya, Gemini AI. 

Fitur tersebut digadang-gadang diberi nama Memory, dan akan membantu Gemini dalam mengingat detail spesifik tentang pengguna untuk menghadirkan percakapan yang lebih intuitif di masa mendatang.

Memory hadir sebagai jawaban atas fitur ChatGPT yang menghadirkan fitur serupa pada Februari 2024. Fitur Gemini AI ini akan hadir dalam beberapa hari mendatang.

Mengutip dari Gadgets360, Kamis (16/5/2024), tipster Dylan Roussel telah mem-posting mengenai fitur ini di X/Twitter, dan mengklaim bahwa Google berencana menamai fitur ini 'Memory'. Dylan juga membagikan tangkapan layar terkait perkenalan fitur tersebut di aplikasi Gemini.

Rumor tentang fitur ini pertama kali muncul tahun lalu, ketika laporan 9to5Google menyoroti bahwa raksasa teknologi tersebut sedang berupaya menambahkan memori kontekstual jangka panjang di chatbot-nya.

Diyakini fitur Memory menjadi bagian dari beberapa fitur AI baru yang akan dihadirkan di Gemini dalam beberapa minggu mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.