Sukses

Fitur Baru YouTube: Bisa Otomatis Download Video Shorts

YouTube hadirkan fitur baru yang dapat secara otomatis mengunduh rekomendasi video YouTube Shorts yang sesuai preferensi pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - YouTube tak henti-hentinya menghadirkan fitur baru. Kini, perusahaan di bawah naungan Google itu menghadirkan fitur baru yang secara otomatis mengunduh rekomendasi video Shorts sesuai dengan selera pengguna.

Dikutip dari Phone Arena, Jumat (28/6/2024), fitur untuk mengunduh video YouTube Shorts secara otomatis tersebut akan tergabung dalam fitur Smart Downloads. Sebelumnya, fitur ini hanya dapat mengunduh video YouTube berdurasi panjang.

Sebagai informasi, Smart Downloads telah tersedia untuk video YouTube biasa selama beberapa waktu. Fitur ini memungkinkan pengguna mengunduh video yang direkomendasikan secara otomatis untuk ditonton secara offline.

Fitur tersebut dirancang untuk membantu pengguna menghemat data dan menonton video saat tidak memiliki koneksi internet. Kini fitur tersebut juga bisa mengunduh video Shorts.

Kendati demikian, fitur ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna YouTube Premium. Saat ini, fitur pengunduh video YouTube Shorts masih diuji oleh sebagian pengguna. Nantinya, fitur ini akan dapat dinikmati oleh seluruh pengguna YouTube Premium.

Pengguna dapat mengaktifkan fitur ini dengan membuka bagian Your Premium Benefit di aplikasi YouTube dan pilih opsi Try Experimental New Feature.

Setelah diaktifkan, fitur ini akan secara otomatis mengunduh video Shorts yang direkomendasikan berdasarkan riwayat penayangan terkini pengguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

YouTube Shorts Makin Canggih dengan AI, Uji Coba Fitur Rangkum Komentar

Tak hanya itu, YouTube tengah menguji fitur rangkuman komentar di Shorts.

Sebagai informasi, Google kerap kali melakukan uji coba fitur baru di berbagai produk miliknya. Beberapa fitur yang diuji hanya dapat dinikmati sebagian kecil pengguna, tapi jarang fitur tersebut diluncurkan secara luas.

Dikutip dari Android Headlines, Kamis (13/6/2024), YouTube akan hadirkan fitur yang merangkum komentar berdasarkan topik yang banyak diperbincangkan di komentar YouTube Shorts.

Kendati demikian, fitur tersebut hanya tersedia di aplikasi mobile. Selain itu, fitur perangkum komentar ini masih diuji sehingga hanya sebagian kecil pengguna yang dapat menikmatinya.

Dijelaskan pula, fitur perangkum komentar hanya tersedia di video YouTube Shorts dengan jumlah penayangan dan komentar yang banyak.

YouTube mengungkapkan komentar yang dapat dirangkum adalah komentar yang dipublikasikan. Artinya, komentar yang ditinjau oleh pihak Community Guideline Youtube tidak dapat dirangkum.

3 dari 4 halaman

YouTube Hadirkan Layanan Game Gratis, Sediakan 75 Judul Pilihan

Sementara itu, YouTube memastikan diri terjun ke layanan game lewat kehadiran Playables. Seperti namanya, fitur ini membuat YouTube tidak hanya menjadi tujuan ketika ingin menonton video, tapi juga untuk bermain game.

Mengutip informasi dari The Verge, Kamis (30/5/2024), layanan Playables ini tersedia secara gratis bagi para pengguna YouTube. Untuk mengaksesnya, pengguna bisa mengunjungi situs web, maupun aplikasi di Android dan iOS.

Ada 75 game yang tersedia dalam layanan ini. Sejumlah game popular dari beragam genre pun dipastikan telah tersedia di layanan ini, seperti Angry Birds Showdown!, Trivia Crack, hingga Cut the Rope.

Yang menarik, layanan ini tidak perlu diakses dari aplikasi yang berbeda. Pengguna tinggal mencari Playables di sidebar YouTube, dan langsung memainkan game yang diinginkan.

YouTube memastikan layanan ini memiliki fitur penyimpanan progres permainan. Karenanya, pemain bisa melanjutkan game yang sedang dimainkannya dari mana saja dan kapan saja.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama YouTube terjun ke dunia game. Tahun lalu, aplikasi milik Google ini pernah menawarkan Playables untuk pelanggan YouTube Premium, tapi jumlah game-nya masih terbatas dengan waktu yang terbatas.

4 dari 4 halaman

YouTube Kembangkan Fitur AI untuk Bantu Kreator Temukan Ide Konten Baru

Di sisi lain, YouTube sebelumnya dilaporkan juga tengah kembangkan beberapa fitur AI baru yang membantu menyempurnakan platform ini. Banyak dari fitur tersebut yang masih dalam tahap eksperimen.

Baru-baru ini, anak perusahaan Google itu melakukan pengujian fitur AI terbaru untuk memberikan ide-ide segar bagi kreator untuk konten yang akan dibuat.

Di halaman dukungan YouTube, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Minggu (5/5/2024), perusahaan telah mengumumkan bahwa mereka sedang menguji fitur AI generatif yang dapat memberikan inspirasi bagi content creator untuk video yang akan dibuat.

Alat AI ini didesain untuk membantu kreator YouTube bertukar pikiran tentang ide untuk konten berikutnya. Google juga mengatakan bahwa AI ini akan membantu kreator untuk memahami penonton mereka dan membantu membuat video dengan lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.