Sukses

Samsung Galaxy S25 Ultra Kembali dengan Desain Ikonik dan Kamera Baru yang Menggoda, Seperti Apa?

Samsung kembali menghadirkan desain ikonik pada Galaxy S25 Ultra, menggabungkan nostalgia dengan teknologi modern. Akan seperti apa bentuk HP Android teranyar milik Samsung ini?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung disebut-sebut akan mengadopsi kembali desain ikonik untuk lini smartphone Android terbarunya, yakni Galaxy S25 Ultra.

Menurut laporan terbaru, perusahaan akan menghadirkan kembali elemen desain dari model HP Samsung sebelumnya untuk memberikan nuansa nostalgia dipadukan dengan teknologi terkini.

Diketahui, Galaxy S24 Ultra terlihat ramping dan halus, banyak juga mengatakan HP Android ini kurang nyaman saat digenggam.

Namun, hal ini sepertinya akan teratas pada lini HP Android terbaru milik Samsung ini. Mengutip Phone Arena, Jumat (28/6/2024), Galaxy S25 Ultra akan memiliki desain bulat.

Informasi ini dibocorkan oleh @IceUniverse. Dia sangat yakin, dan menambahkan Galaxy S25 Ultra akan terus mendukung stylus S Pen.

Konsep desain sudut melengkung sendiri pernah Samsung hadirkan di Galaxy S21 Ultra. Tapi IceUniverse menyatakan, tepi HP Galaxy S25 Ultra akan benar-benar bulat.

Jika memang benar, apakah konsep tepian bulat di Galaxy S25 Ultra ini akan mirip dengan Pixel 8a?

HP Android baru milik Samsung ini sendiri juga dikabarkan bakal hadir dengan dua kamera baru, termasuk sensor ultrawide 50MP dan 50MP telefoto.

Sebelumnya, perusahaan asal Korea tersebut bakal menggunakan chipset Exynos 2500 dengan prosesor 3nm-nya. Akan tetapi, sepertinya chip tersebut tidak akan siaap tepat waktu untuk peluncuran.

Karena hal tersebut, raksasa Korea Selatan ini kabarnya sedang mempertimbangkan untuk pakai chipset milik MediaTek untuk beberapa model Galaxy S25 series.

Namun, berkaca dari peluncuran sebelumnya, Besar kemungkinan, Galaxy S25 Ultra akan ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 4 saat meluncur secara global.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Galaxy S25 bakal Diperkuat Snapdragon 8 Gen 4

<p>Penampakan Samsung Galaxy S24 Ultra yang baru saja meluncur. (Liputan6.com/Yuslianson)</p>

Ada rumor menyebutkan Galaxy S25 akan hadir dengan dua prosesor berbeda. Kini, bocoran terbaru melaporkan kalau HP tersebut hanya hadir dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 4.

Menurut analis Ming-Chi Kuo, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Kamis (20/6/2024), lini Galaxy S25 tidak akan menggunakan chipset dari Exynos.

 Ia mengungkapkan bahwa kemungkinan besar Samsung bakal menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 4 dari Qualcomm.

Penggunaan chipset Qualcomm di seluruh lini Galaxy S sebelumnya juga pernah dilakukan Samsung di jajaran S23, di mana seluruhnya menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2.

Keputusan tersebut disebabkan oleh dua faktor, yakni terdapat laporan yang menunjukkan bahwa Samsung menghadapi masalah hasil produksi dengan chipset Exynos 2500 3nm miliknya.

Pengembangan Exynos 2500 untuk Galaxy S25 ternyata tidak sesuai harapan, karena chip tersebut masih belum memadai untuk diproduksi secara massal.

3 dari 4 halaman

Galaxy Z Flip6 dan Z Fold6 Hadir dengan Snapdragon 8 Gen 3?

Penampilan Samsung Galaxy S24 Ultra yang baru saja diperkenalkan ke publik. (Liputan6.com/Yuslianson)

Faktor kedua, menurut Ming-Chi Kuo adalah saat ini Samsung sedang mencari alternatif chipset yang lebih murah. Hal tersebut juga pernah dilakukan dengan penggunaan chipset Dimensity 9300+ di Galaxy Tab S8+. Alasan penggunaan chipset tersebut karena biayanya yang lebih murah.

Selain itu, terdapat rumor menunjukkan bahwa Samsung mungkin melengkapi ponsel lipat Galaxy Z Flip 6 dan Z Fold 6 yang akan datang dengan SoC Snapdragon 8 Gen 3 saat ini, yang menunjukkan bahwa Samsung saat ini tidak melirik Exynos sebagai chipset utama untuk HP flagship mereka.

Pencarian alternatif chip tersebut disebabkan karena penggunaan chip Snapdragon 8 Gen 4 berpotensi akan menaikkan harga lini Galaxy S25. Peningkatannya pun tak main-main, diperkirakan harga chip tersebut akan naik 25 hingga 30 persen.

Peningkatan harga chip itu tentunya juga berpengaruh pada harga jual dari lini S25. Sebaliknya, Qualcomm dan TSMC bisa mendapatkan keuntungan besar dari peningkatan pesanan jika Samsung memilih Snapdragon 8 Gen 4 secara eksklusif.

4 dari 4 halaman

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S25 Ultra

Kamera Samsung Galaxy S24 Ultra. (Liputan6.com/Yuslianson)

Sebelumnya, bocoran Galaxy S25 Ultra telah banyak beredar. HP ini dikabarkan usung kamera dengan resolusi besar. 

Terbaru, Galaxy S25 Ultra telah terlihat di database IMEI. Laporan dari Android Authority, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Senin (10/6/2024), menunjukkan bahwa ponsel ini memiliki nomor model SM-S938U, dengan huruf "U" di akhir kode negara yang mewakili Amerika Serikat.

Meskipun daftar database IMEI adalah tanda awal bahwa Samsung akan merilis model Galaxy S25 Ultra di Amerika tahun depan, masih belum ada bocoran resmi terkait spesifikasi HP ini di database tersebut.

Sebagai informasi, beberapa hari lalu terdapat bocoran dari salah satu leaker yang mengatakan bahwa Galaxy S25 Ultra bakal menggunakan tipe penyimpanan UFS 4.1. Tipe ini memiliki kecepatan transfer data lebih cepat dari UFS 4.0 yang dipakai di S24 Ultra.

Selain itu, varian paling terjangkau dari S25 Ultra memiliki varian RAM 12/ROM 256GB. Sementara itu, varian 512GB dan 1TB akan menggunakan RAM 16GB.

Pada sektor fotografi, Samsung Galaxy S25 Ultra dikabarkan mengusung empat kamera dengan sensor utama 200MP, sensor ultra-wide 50MP, sensor telephoto 50MP dengan kemampuan 3x zoom optikal, dan 50MP super telephoto dengan 5x zoom optikal.

HP ini mengusung chipset gahar, dengan Snapdragon 8 Gen 4 yang memiliki clock speed yang lebih cepat, untuk pemrosesan komputasi hingga menjalankan fitur Galaxy AI yang lebih optimal. Ponsel ini dirumorkan rilis pada Januari 2025.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini