Sukses

Meta Uji Coba Chatbot AI Buatan Kreator di Instagram, Interaksi Makin Personal

Meta mengumumkan uji coba chatbot AI buatan kreator di Instagram yang memungkinkan komunikasi lebih personal dan menarik.

Liputan6.com, Jakarta - Meta mengumumkan uji coba kehadiran chatbot AI yang dibuat para kreator di Instagram. Uji coba ini akan dimulai di Amerika Serikat dalam beberapa minggu mendatang.

Mengutip informasi dari Tech Crunch, Sabtu (29/6/2024), para kreator dapat membuat chatbot mereka sendiri dengan memanfaatkan studio Meta AI yang ada Instagram.

Berdasarkan informasi dari CEO Meta Zuckergerg, chatbot AI ini akan diberi tanda dengan jelas, sehingga penguna nantinya dapat membedakannya dari akun asli.

Kehadiran chatbot ini diharapkan bisa meningkatkan interaksi antar kreator dan follower dengan cara lebih personal serta menarik.

"Ini masih tahap awal dan versi beta dari AI ini, jadi kami akan terus berupaya menyempurnakannya dan menyediakannya ke lebih banyak orang," tulis Mark Zuckbergerg dalam unggahannya.

Pada uji coba awal, Meta telah bekerja sama dengan beberapa kreator popular, seperti akun meme Wasted dan kreator teknologi Don Allen Stevenson III. Di sisi lain, Mark memang telah menyorot AI dalam misi Panjang perusahaan.

Ia pun menuturkan, Meta berencana untuk menyediakan API (Application Programming Interface) yang bisa digunakan para kreator Instagram termasuk pemilik bisnis membuat chatbot AI sesuai kebutuhan serta minat masing-masing.

Untuk diketahui, Meta, raksasa teknologi di balik platform seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram, semakin gencar berinovasi dengan mulai mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) ke dalam produk mereka.

Setelah mengumumkan uji coba Meta AI di WhatsApp, kini Instagram pun dikabarkan bersiap menyambut teknologi kecerdasan buatan bikinan perusahaan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meta Bawa Chatbot AI ke Instagram, Bakal Bantu Pengguna Cari Konten dan Ngobrol

Mengutip Gizchina, Minggu (14/4/2024), fitur Meta AI chatbot di Instagram ini masih hanya tersedia untuk pengguna beta, dan akan mulai meluncur secara global dalam waktu dekat.

Fitur chatbot Meta AI di Instagram ini memungkinkan pengguna berinteraksi dengan AI melalui DM, layaknya berbicara dengan teman.

Diketahui, AI ini menggunakan model bahasa besar (LLM) internal Meta, yaitu Llama 2, untuk memberikan sejumlah rekomendasi dan membantu pengguna untuk membuat konten menarik.

Meskipun fitur ini masih tergolong baru dan belum secanggih chatbot AI, seperti ChatGPT atau Gemini, integrasi kecerdasan buatan di medsos ini menandakan tren berkembang dalam komunikasi di seluruh platform Meta.

Ke depannya, bukan tidak mungkin chatbot Meta AI ini dapat digunakan untuk membuat konten dan berpotensi membantu pengguna membuat postingan, stories, dan reel menarik.

Sebetulnya, ini bukan pertama kali AI diterapkan pada Instagram. Sebelumnya, fitur eksperimental tool peneluisan ulang didukung AI dan teman virtual untuk bercerita juga pernah diujicoba.

3 dari 4 halaman

Meta Tambahkan Tool Pembuat Gambar Berbasis AI ke WhatsApp, Facebook, hingga Instagram

Meta menggulirkan tool pembuat gambar berbasis AI real-time versi Beta ke WhatsApp. Sayangnya, baru para pengguna WhatsApp di Amerika Serikat yang mendapatkan fitur berbasis pembuat gambar berbasis AI ini.

Cara kerjanya, ketika pengguna mengetikkan prompt dalam bentuk teks-ke-gambar dalam chat dengan Meta AI, pengguna akan melihat bagaimana gambar berubah, sesuai dengan perintah detail apa yang ingin dibuat.

Mengutip The Verge, Selasa (23/4/2024), dalam contoh yang dibagikan oleh Meta, seorang pengguna mengetikkan prompt berikut, "Bayangkan pertandingan sepak bola di Mars."

Selanjutnya, gambar yang dihasilkan berubah dari seorang pemain sepak bola biasa menjadi, memperlihatkan lapangan sepak bola lengkap di lanskap Planet Mars.

Para pengguna yang di WhatsApp-nya sudah kebagian fitur beta ini bisa mencoba fitur ini dengan membuka obrolan dengan Meta AI, kemudian mengetikkan prompt dengan kata "Imagine" atau "Bayangkan."

 

4 dari 4 halaman

Kemampuan Meta AI

Sekadar informasi, Meta menyebut model kecerdasan buatan Meta Llama 3-nya sekarang bisa menghasilkan gambar yang lebih tajam dan berkualitas tinggi, serta lebih baik dalam menampilkan teks.

Pengguna yang sudah bisa mencoba fitur image generator ini juga bisa meminta Meta AI untuk membuat versi animasi dari gambar apa pun yang diberikan pengguna.

Meta AI juga memungkinkan pengguna untuk membuat gambar animasi tersebut menjadi GIF untuk dibagikan dengan teman-teman.

Selain di WhatsApp, tool Image Generator real-time milik Meta AI ini juga tersedia bagi pengguna di Amerika Serikat melalui Meta AI untuk web.

Fitur ini menjadi bagian dari peluncuran lebih luas di semua aplikasi Meta, termasuk di antaranya WhatsApp, Instagram, Facebook, dan Messenger.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini