Sukses

ZTE Hadirkan Infrastruktur Komputasi untuk Dorong Pelatihan Model AI

Rangkaian solusi komputasi ZTE diklaim memiliki peran penting dalam mendorong potensi aplikasi berbasis AI di berbagai industri.

Liputan6.com, Jakarta ZTE menghadirkan serangkaian solusi komputasi, storage, jaringan, dan internet data center (IDC) yang mewujudkan penerapan perangkat lunak dan perangkat keras full-stack terintegrasi, serta mempercepat penerapan layanan di cloud.

Vice President ZTE Corporation, Wang Quan, mengatakan inovasi terbaru perusahaan dalam solusi infrastruktur komputasi dirancang untuk membuka berbagai peluang baru dalam industri Information and Communication of Technology (ICT).

"Solusi ini tidak hanya meningkatkan kemampuan komputasi namun juga memberdayakan korporasi (enterprise) untuk berkembang di era digital secara efisien dan berkelanjutan," ujar Wang melalui keterangannya, Minggu (30/6/2024).

Dalam hal perangkat keras, rangkaian server menyediakan daya komputasi heterogen berkualitas tinggi, dan all-flash storage berkinerja tinggi yang mampu meningkatkan kecepatan pelatihan model AI atau kecerdasan buatan (artificial intellience).

Jaringan lossless mencapai zero packet loss dan latensi level mikrodetik. Selain itu, IDC dirancang dengan mode fully-cooled modular prefabrikasi yang mendukung efisiensi energi dengan Power Usage Effectiveness (PUE) sebesar 1,13.

Dalam hal perangkat lunak, ZTE membangun platform komputasi cerdas AI Booster untuk mengoptimalkan penggunaan Graphics Processing Unit (GPU) melalui automatic parallel training, dan mengurangi hambatan pengembangan melalui visual development, serta mengoptimalkan self-adaptive parameter.

Rangkaian perangkat lunak ini memiliki peran penting dalam mendorong potensi aplikasi berbasis AI di berbagai industri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Data Center Ramah Lingkungan

ZTE menyediakan solusi yang disesuaikan dengan berbagai skenario penggunaan. Dalam hal komputasi umum (general computing), termasuk layanan telekomunikasi dan cloud, ZTE menyediakan serangkaian server yang dilengkapi dengan liquid cooling. Server ini memberikan daya komputasi yang lebih efisien dan hemat biaya.

Untuk skenario penggunaan yang membutuhkan penyimpanan video berukuran besar, ZTE menyediakan server dengan penyimpanan berkapasitas besar.

Di beberapa sektor seperti keuangan dan komputasi ilmiah, ZTE menyediakan 4-socket server terdepan di industri.

Selain itu, untuk lingkungan komputasi dengan kepadatan tinggi, ZTE meluncurkan liquid-cooling cabinet IceCube yang mendukung pengembangan data center ramah lingkungan dan efisien.

Sedangkan dalam bidang komputasi cerdas (intelligent computing), ZTE menyediakan rangkaian solusi termasuk training server, inference server, serta AiCube.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.