Sukses

Top 3 Tekno: Aksi Red Hat Hacker hingga Email Microsoft ke Pengguna Soal Serangan Siber

Aksi red hat hacker alias hacker bertopi merah membuat penasaran pembaca kanal Tekno Liputan6.com. Selain itu, informasi tentang email Microsoft ke pengguna yang terkena serangan hacker Rusia juga jadi perhatian.

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 belum lama ini kolaps karena dijangkiti ransomware. Gara-gara hal tersebut, sejumlah layanan publik mengalami gangguan, termasuk di antaranya layanan Imigrasi.

Selain mengenai keamanan data, kasus ini menarik perhatian publik, terutama soal peran hacker alias peretas yang aksinya kerap meresahkan. Artikel Tekno Liputan6.com mengenai hacker topi merah alias red hat hacker pun menarik perhatian pembaca.

Sosok misterius hacker topi merah dikenal kerap memakai kemampuan meretas mereka untuk tujuan yang lebih besar. Bahkan, hacker ini dinilai merupakan aktivis digital atau seolah sebagai 'penjaga' dunia maya.

Pembaca kanal penasaran dengan bagaimana red hat hacker beroperasi dan sisi lainnya.

Tak hanya itu, pembaca juga banyak yang penasaran dengan episode baru dari anime Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba yang kini sudah tayang di sejumlah platform streaming.

Pada episode terakhir atau episode 8 di season 4 ini, Tanjiro Kamado dan para hashira akhirnya berhadapan langsung dengan iblis paling dicari, Kibutsuji Muzan.

Muzan yang sebelumnya datang ke kediaman Ubuyashiki diledakkan secara diam-diam oleh sang Tuan Besar dan istrinya.

Namun, Muzan tak mati begitu saja, kemampuan memulihkan dirinya membuat sang iblis tetap hidup hingga mendapatkan serangan dari iblis yang jadi sekutu korps pembasmi iblis, Tamayo.

Belakangan, hashira bergabung untuk memusnahkan Muzan, namun kemampuan iblis berumur seribu tahun ini membawa korps pembasmi iblis termasuk Tanjiro Kamado masuk ke dalam kastil Muzan.

Informasi lainnya yang juga ramai dibaca adalah tentang Microsoft yang mengirimkan email ke pengguna yang terdampak serangan hacker Rusia.

Sebuah kelompok hacker yang dikenal sebagai Midnight Blizzard atau Nobelium dituduh sebagai aktor di balik serangan ini, bersama dengan peretasan SolarWinds pada 2020.

Penasaran dengan informasi tentang berita-berita populer di atas? Yuk simak artikel berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mengenal Aksi Red Hat Hacker: Ungkap Motivasi Peretas Topi Merah

Serangan ransomware yang menyasar Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah menarik perhatian publik. Akibat serangan ini, sejumlah layanan publik terkena dampaknya.

Salah satu dampak paling terlihat ada di layanan Imigrasi. Selain soal keamanan data yang kian menjadi perhatian, kasus ini juga menarik perhatian publik soal peran hacker.

Seperti diketahui, hacker kerap dikenal sebagai sosok peretas jahat yang mencari keuntungan pribadi. Namun siapa sangka, ada beberapa jenis hacker yang sebenarnya tidak melulu menyerang korban demi keuntungan.

Ada pula hacker topi merah atau yang dikenal sebagai red hat hacker. Sosok misterius ini dikenal banyak menggunakan kemampuan meretas mereka untuk tujuan lebih besar.

Mengutip informasi dari NordVPN, Senin (1/7/2024), red hat hacker beroperasi sebagai aktivis digital atau semacam 'penjaga' dunia maya.

Simak informasi selengkapnya di sini

 

3 dari 4 halaman

2. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Season 4 Episode 8 Sub Indo Sudah Tayang!

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Season 4 episode 8, sudah tayang hari ini, Senin (1/7/2024), di platform streaming.

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Season 4 episode 8 sendiri melanjutkan kisah dari episode sebelumnya, di mana Muzan Kibutsuji muncul di rumah Ubuyashiki.

Sesuai dengan manga-nya, kehadiran Muzan di kediaman pimpinan dari Hashira (Pasukan Demon Slayer) ini akan menjadi menjadi pembuka bagian cerita (arc) besar di seri ini.

Bagi yang ingin menonton Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba Season 4 Episode 8 Sub Indo ini, kamu bisa langsung cek ke beberapa layanan streaming berikut:

  • Vidio
  • Netflix
  • iQIYI
  • Amazon Prime Video
  • Catchplay+

Sinopsis Singkat Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba Season 4 Episode 8

Melanjutkan cerita di episode 7 Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba sebelumnya, Tanjiro dkk akhirnya memiliki kesempatan besar bertemu Muzan usai selamat dari ledakan yang dipicu oleh pimpinan Demon Slayer Corps, yakni Kagaya Ubuyashiki.

Saat bertemu, seluruh Hashira langsung menyerang Muzan. Alhasil, pertarungan besar-besaran pun terjadi membuat sang iblis kewalahan.

Simak informasi selengkapnya di sini.

4 dari 4 halaman

3. Microsoft Kirim Email ke Pengguna yang Kena Serangan Hacker Rusia, Akun Kamu Aman?

Serangan terhadap Microsoft oleh hacker Rusia ternyata memiliki dampak yang sangat luas dari yang dilaporkan sebelumnya.

Raksasa teknologi ini kembali memberi tahu kepada pengguna bahwa email mereka dan Microsoft telah diakses. Demikian menurut laporan Bloomberg, dikutip dari Engadget, Senin (1/7/2024).

Sebuah kelompok hacker yang dikenal sebagai Midnight Blizzard atau Nobelium dituduh sebagai aktor di balik serangan ini, bersama dengan peretasan SolarWinds pada 2020.

Pemerintah Amerika Serikat (AS) sebelumnya mengaitkan Midnight Blizzard dengan Badan Intelijen Luar Negeri Rusia.

Microsoft sendiri sempat memberi tahu ke beberapa pengguna bahwa email mereka telah disusupi, tetapi perusahaan tersebut kini menginformasikannya secara spesifik.

“Minggu ini kami melanjutkan pemberitahuan kepada pelanggan yang berkorespondensi dengan akun email perusahaan Microsoft yang dieksfiltrasi oleh pelaku ancaman hacker Midnight Blizzard, dan kami menyediakan kepada pelanggan korespondensi email yang diakses oleh aktor ini,” kata juru bicara Microsoft.

Simak informasi selengkapnya di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.