Sukses

Good Bye Jebakan Badman Customer Service Palsu! Begini Langkah Jitu Antisipasinya

Agar pengguna DANA tidak terkena Jebakan Badman dengan modus yang mengaku-ngaku sebagai Customer Care DANA, kamu bisa ikuti langkah jitu ini, ya!

Liputan6.com, Jakarta Modus penipuan siber yang mengatasnamakan Customer Service (CS) masih kerap terjadi. Pelaku penipuan berupaya memanfaatkan ketidaktahuan sebagian masyarakat untuk mendapatkan informasi pribadi bahkan mengakses data mereka secara tidak sah.

Memang, keberadaan CS palsu seringkali sulit dideteksi karena mungkin mereka menggunakan nomor kontak yang mirip dengan layanan resmi atau berpura-pura sebagai bagian dari lembaga keuangan yang terpercaya. 

Dengan berbagai trik manipulatif dan retorika persuasif, para pelaku modus pun berusaha korbannya agar memberikan informasi rahasia seperti nomor PIN. Nah, agar pengguna DANA tidak terkena Jebakan Badman dengan modus yang mengaku-ngaku sebagai Customer Care DANA, kamu bisa ikuti langkah jitu ini, ya!

Selalu Monitor 

Pertama yang perlu kamu lakukan adalah selalu perhatikan jika ada yang menghubungimu dan mengaku-ngaku sebagai Customer Service DANA. So, selalu waspada gerak-gerik mereka dan selalu waspada agar tidak masuk ke dalam perangkap penipuan, ya.

Yang perlu kamu ingat kembali, DANA sudah tidak lagi memiliki Customer Service via WhatsApp. Selain itu, DANA hanya melayani keluhan dan aduan via DIANA, email help@dana.id, call center DANA 1500 445, serta sosial media resmi DANA Indonesia. Jadi jika ada yang mengaku sebagai Customer Care DANA di WhatsApp, jangan percaya ya.

Selalu Konfirmasi 

Langkah kedua yang harus kamu lakukan lakukan adalah melakukan konfirmasi  di DANA Protection yang ada di aplikasi DANA. Di sini, kamu bisa cek nomor, link, atau akun sosial media palsu yang mengatasnamakan DANA.

Selain itu, kamu bisa mengecek lagi apakah yang menghubungi kamu itu benar Customer Service DANA atau bukan. Pasalnya, Customer Service DANA tidak pernah menghubungi pengguna DANA terlebih dahulu tanpa adanya laporan. Jadi, jika ada Customer Service DANA yang menghubungi tanpa ada laporanmu, berarti Customer Service tersebut palsu.

Usahakan Lapor 

Hal ketiga yang harus kamu lakukan adalah laporkan Customer Care palsu tersebut. Kamu bisa melakukannya via DANA Protection ya! Pasalnya di DANA Protection sudah disediakan tombol report yang akan langsung mengarahkanmu ke Kominfo. 

Selain itu, kamu juga bisa mengirim laporan ke email help@dana.id atau call center DANA 1500 445 dan social media resmi DANA Indonesia.

Dengan begini, kamu tidak hanya berhasil melindungi dirimu saja, tapi juga menyelamatkan pengguna DANA lain dari modus penipuan tersebut. Jangan lupa juga untuk block dan report nomor atau social media palsu tersebut sesegera mungkin.

Tips Lainnya yang Perlu Kamu Ingat

Nah, jika ketiga langkah jitu sebelumnya sudah dilakukan, agar semakin aman dan terhindar dari Jebakan Badman modus Customer Care palsu DANA, kamu pun bisa menjalankan & mengingat tips-tips di bawah ini! 

Pertama, kamu tidak boleh asal klik link atau isi form dari pihak tidak jelas yang mengatasnamakan DANA. Selain itu, jangan pula download dan install aplikasi DANA dari link yang dibagikan grup WhatsApp, Telegram, dan lainnya. 

Lalu, kamu harus selalu merahasiakan PIN dan kode OTP serta jangan dibagikan ke siapa pun! Dan yang perlu kamu ingat, akun resmi media sosial DANA hanya yang bercentang biru, jangan terkecoh! 

So, itulah langkah jitu dan tips yang perlu kamu ingat agar terhindar dari Jebakan Badman Modus Palsu CS DANA. Langsung saja ikuti langkah jitunya dan amankan transaksi kamu di DANA, ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini