Sukses

Bocoran Spesifikasi Lengkap Galaxy Z Flip 6, RAM 12GB dan Kamera 50MP

Samsung akan merilis smartphone layar lipat terbarunya, salah satunya disebut sebagai Galaxy Z Flip 6. Berikut adalah bocoran spesifikasi yang sudah beredar di internet.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dijadwalkan akan mengungkap generasi terbaru dari smartphone layar lipat-nya, yang dipercaya sebagai Galaxy Z Flip 6 dan Galaxy Z Fold 6, pada 10 Juli mendatang.

Meski sampai saat ini Samsung belum mau mengungkapkan spesifikasi dari perangkat tersebut, bocoran spesifikasi Galaxy Z Flip 6 telah bocor di internet. Bahkan dari bocoran ini, diketahui kalau Samsung Galaxy Z Flip 6 akan menghadirkan pembaruan utama dalam tiga aspeknya.

Mengutip SamMobile, Rabu (3/7/2024), berdasarkan bocorannya, Galaxy Z Flip 6 tampak mirip dengan Galaxy Z Flip 5 dan peningkatan utamanya adalah di sektor internal.

Menurut seorang tipster yang cukup terpercaya, Ishan Agarwal, Galaxy Z Flip 6 akan didukung layar 6,7 inci dengan jenis Dynamic AMOLED 2x, resolusi Full HD+, dan refresh rate 120Hz.

Galaxy Z Flip 6 didukung chipset Snapdragon 8 Gen 3, RAM 12GB, dan memori opsi internal 256GB atau 512GB. Terdapat peningkatan cukup signifikan dari versi Galaxy Z Flip 5 yang rilis tahun lalu, karena pada versi sebelumnya Samsung 'hanya' menyertakan RAM 8GB.

Dalam hal chipset, peningkatan prosesor ini dinilai akan mampu membuat Galaxy Z Flip 6 punya kemampuan prosesor yang lebih kuat. Pada gilirannya hal ini akan meningkatkan kemampuan gaming dan AI-nya.

Sementara, RAM yang lebih besar akan memberikan kemampuan Galaxy AI menjadi lebih cerdas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bakal Punya Kamera Utama 50MP

Berbeda dengan Galaxy Z Flip 5 yang didukung kamera utama 12MP, Galaxy Z Flip 6 kabarnya mendapatkan peningkatan kamera utama 50MP dengan aperture f1.8 serta kamera ultra-wide 12MP dan aperture f2.2.

Dukungan kamera utama 50MP ini akan memungkinkan kamera Galaxy Z Flip 6 punya kemampuan zoom optical 2x untuk pengambilan telephoto dan portrait.

Pada bagian layar dalamnya, Samsung menempatkan kamera selfie 10MP dengan aperture f2.2. Galaxy Z Flip 6 memiliki dimensi 165x71,7x7,4mm yang membuatnya sedikit lebih tebal dibanding versi sebelumnya yakni Galaxy Z Flip 5 (165,1x71,9x6,9 mm).

Lebih lanjut, tipster tersebut juga mengklaim bahwa smartphone layar lipat terbaru Samsung akan hadirkan peningkatan kapasitas baterai menjadi 4.000mAh dan dukungan fast charging 35W.

 

3 dari 3 halaman

Peningkatan Galaxy AI

Lebih lanjut, Galaxy Z Flip 6 kemungkinan akan menjalankan sistem operasi Android 14 berbasis One UI 6.1.1 dengan peningkatan Galaxy AI dan fitur reguler lainnya.

Jika melihat rekam jejak Samsung, perusahaan mungkin akan menawarkan update software hingga beberapa tahun serta peningkatan update security hingga 7 tahun lamanya.

Galaxy Z Flip 6 juga disebut-sebut akan didukung rating IPX8, speaker stereo, Samsung Pay, dan pembaca fingerprint di sisi samping.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.