Sukses

iOS 18 bisa Buka Aplikasi Langsung dari Lock Screen iPhone, Begini Caranya

iOS 18 hadir dengan segudang fitur baru, mulai dari Apple Intelligence, kustomisasi ikon, hingga akses buka aplikasi langsung dari Lock Screen

Liputan6.com, Jakarta - Sejak pertama kali diperkenalkan, iOS 18 telah menarik perhatian para pengguna perangkat Apple. Sebab, sistem operasi baru ini menawarkan begitu banyak fitur baru.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah Apple Intelligence. Selain itu, iOS 18 juga memungkinkan pengguna untuk mengubah ikon aplikasi dan menyesuaikan tema warnanya, kemampuan yang cukup dinanti para pengguna iPhone.

Namun tidak hanya itu, seperti dikutip dari Phone Arena, Senin (22/7/2024), iOS anyar ini juga menyimpan fitur lain yang tidak kalah menarik. Lewat update OS ini, pengguna iPhone juga akan bisa membuka aplikasi apa pun langsung dari Lock Screen.

Melalui iOS 18, Apple akan mengizinkan pengguna mengubah fungsi shortcut pada Lock Screen yang saat ini hanya terbatas untuk fungsi flashlight di sebelah kiri dan kamera di sebelah kanan.

Dengan demikian, pengguna bisa mengganti dua akses cepat tersebut ke aplikasi lain, sehingga bisa langsung membuka aplikasi meski layar berada dalam keadaan terkunci.

Fitur ini tentu akan bisa dinikmati para pengguna ketika Apple merilis iOS 18 versi stabil pada September 2024. Namun, jika pengguna ingin menjajal beberapa fitur lebih dulu, ada opsi memakai iOS 18 Public Beta.

Kendati demikian, mengingat masih dalam versi beta, ada kemungkinan iOS ini masih menyimpan beberapa bug. Adapun untuk mengubah shortcut di Lock Screen di iOS 18 Public Beta, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Tekan lama pada Lock Screen iPhone dan ketuk tombol Customize warna biru
  • Pilih opsi Lock Screen, dan pengguna akan melihat ikon - di sebelah kiri dan kanan bawah
  • Tekan tombol (-) di sebelah ikon yang ingin diganti, kemudian ketuk tombol (+)
  • Pilih Open App dan pilih aplikasi yang diinginkan
  • Ketuk Done dan kamu sudah bisa mengakses aplikasi favorit langsung dari Lock Screen

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iOS 18 Bakal Hadirkan Fitur Pemulihan Foto dan Video yang Hilang di iPhone

Tidak hanya itu, pengguna iPhone yang pernah kehilangan foto atau video penting, ada kabar baik. Sebab, iOS 18 dikabarkan akan memiliki fitur untuk mengembalikan foto atau video yang hilang atau rusak.

Bocoran ini pertama kali diketahui laporan MacRumors. Mengutip Mashable, Kamis (18/7/2024), fitur baru untuk mengembalikan foto yang hilang ini terintegrasi langsung di aplikasi Photos pada iOS 18.

Dikabarkan, untuk memakai fitur ini, pengguna nantinya tinggal membuka aplikasi Photos. Selanjutnya, pengguna masuk ke menu Album dan geser ke bawah hingga menemukan submenu Utilities.

Kemudian, pengguna dapat meilihat opsi untuk memulihkan foto maupun video yang hilang atau rusak di aplikasi Photos.

Adapun fitur pemulihan ini hanya bisa dilakukan jika foto atau video tersebut masih tersimpan di perangkat, tapi mengalami kerusakan pada data sehingga tidak bisa ditampilkan.

Dengan kata lain, foto atau video yang sudah terhapus permanen di iPhone tidak dapat dipulihkan lewat fitur ini. Adapun faktor kerusakan foto atau video yang tersimpan ada beberapa macam.

Salah satunya adalah kesalahan penyimpanan oleh aplikasi pihak ketiga yang tidak menyimpan data dengan benar. Selain itu, kerusakan pada database juga bisa menyebabkan foto dan video tidak bisa dibaca.

 

3 dari 4 halaman

Cara Mudah Install dan Download iOS 18, iPadOS 18, & macOS Sequoia Public Beta di Perangkat Apple

Apple baru saja merilis iOS 18, iPadOS 18, macOS Sequoia, watchOS 11, dan tvOS 18 versi Public Beta untuk penggunanya di seluruh negara.

OS versi Public Beta untuk iOS 18, iPadOS 18, macOS Sequoia, watchOS 11, dan tvOS 18.

Dengan pembaruan ini, pengguna iPhone, iPad, dan Macbook dapat menjajal berbagai fitur baru iOS 18 yang ditawarkan.

Namun, sebelum memulai proses instalasi, ada beberapa hal penting perlu diperhatikan.

Persiapan Sebelum Instal iOS 18 Public Beta

Sebelum mengunduh dan menginstal iOS 18 Public Beta, pastikan diri kamu telah bergabung terlebih dahulu dengan beta program Apple.

Selain itu, perlu diingat bahwa versi public beta iOS 18 ini mungkin kurang stabil dan dapat mempengaruhi daya tahan baterai.

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan potensi masalah ini, disarankan untuk menunggu rilis versi final yang lebih stabil.

4 dari 4 halaman

Cara Daftar Apple Beta Software Program

Cara Mendaftar Apple Beta Software Program

  1. Kunjungi situs Apple Beta Software Program dan masukkan Apple ID Anda.
  2. Pilih perangkat yang ingin Anda daftarkan.

Langkah Menginstal iOS 18 Public Beta

Setelah berhasil mendaftar, ikuti langkah-langkah berikut untuk menginstal iOS 18 Public Beta di iPhone Anda:

  1. Buka menu Settings > General > Software Update > Beta Update.
  2. Pilih iOS 18 Public Beta.
  3. Klik Back, dan Anda akan melihat opsi untuk mulai update ke iOS 18 Beta.

Tunggu hingga proses download dan instalasi selesai, dan iPhone Anda akan reboot secara otomatis.

Setelah iPhone menyala kembali, Anda bisa langsung mencoba berbagai fitur baru yang ditawarkan oleh iOS 18. Selamat menikmati!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini