Sukses

Twitch Aktifkan Kembali Akun Donald Trump Setelah 4 Tahun Dibekukan

Twitch baru saja mengaktifkan kembali akun mantan Presiden Donald Trump setelah penangguhan tanpa batas waktu sejak 2021. Langkah ini dilakukan mengingat Trump kini menjadi calon resmi Presiden AS dari Partai Republik untuk pemilihan 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Twitch baru saja mengaktifkan kembali akun mantan Presiden Donald Trump, setelah akun tersebut dibekukan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Kami mengaktifkan kembali channel Twitch milik mantan Presiden Donald Trump," tulis Twitch, sebagaimana dikutip dari Engadget, Senin (22/7/2024).

"Kami percaya ada gunanya mendengarkan calon Presiden secara langsung, jika memungkinkan. Trump sekarang adalah calon resmi Presiden AS dari Partai Republik," kata perusahaan.

Latar Belakang Penangguhan Akun Twitch Donald Trump

Platform streaming milik Amazon ini pertama kali mengeluarkan penangguhan sementara pada akun Presiden Trump pada tahun 2020.

Kala itu, Donald Trump dianggap telah melanggar kebijakan perilaku kebencian dan pelecehan. Akun Twitch Donald Trump dipulihkan dua minggu kemudian.

Namun, Twitch akhirnya menangguhkan akun Donald Trump tanpa batas waktu setelah mantan Presiden AS ke-45 tersebut "menghasut" pendukungnya untuk menyerang US Capitol.

Twitch adalah platform internet terkini yang mencabut larangan terhadap salah satu akun Trump, di mana sebelumnya Meta mengangkap pembatasan akun Donald Trump di Facebook dan Instagram seminggu lalu.

Diketahui, Trump pertama kali bergabung di Twitch pada 2019 saat dirinya melakukan kampanye kepresidenannya melawan Presiden Joe Biden.

CEO Meta Mark Zuckerberg Tak Bakal Dukung Donald Trump dan Joe Biden saat Pemilu 2024

Di sisi lain, CEO Meta Platforms Mark Zuckerberg menolak mendukung Donald Trump dan Joe Biden. Ia juga mengatakan tidak berencana untuk terlibat dalam pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) ke depan dengan cara apapun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Mark Zuckerberg Soal Pemilu 2024

CEO Facebook  Mark Zuckerberg (AP Photo/Jacquelyn Martin)

Adapun komentar Mark Zuckerberg muncul ketika beberapa tokoh berpengaruh di Silicon Valley termasuk CEO Tesla Elon Musk dan pemodal ventura, Marck Andreessen dan Ben Horowitz mendukung Trump sebagai presiden.

Dalam sebuah wawancara dengan media itu pada Kamis, 18 Juli 2024, miliarder Mark Zuckerberg menuturkan, reaksi langsung mantan Presiden AS Donald Trump setelah ditembak adalah “badass”.

Seorang pria berupaya menembak Trump saat kampanye di Butler, Pennyslvania pada Sabtu, 13 Juli 2024 dan membuat para pendukungnya. Hal itu juga hentikan kampanye Partai Demokrat, sehingga meningkatkan kekhawatiran akan kekerasan politik lebih lanjut.

 

3 dari 4 halaman

Meta Sering Kritik Unggahan Donald Trump

Facebook meluncurkan tanda Meta baru mereka di kantor pusat perusahaan di Menlo Park, California, Kamis, 28 Oktober 2021. Facebook Inc. yang diperangi mengubah namanya menjadi Meta Platforms Inc., atau Meta, untuk mencerminkan apa yang CEO Mark Zuckerberg mengatakan komitmennya untuk mengembangkan t

Meta sering kritik unggahan Donald Trump karena mengandung informasi yang salah dan melanggar aturan konten di platformnya. Ia juga menangguhkan akun Facebook dan instagram selama dua tahun setelah kerusuhan Capitol pada Januari 2021.

Zuckerberg menuturkan, Meta membuat perubahan yang ia harap akan membuat Facebook tidak terlalu menjadi pusat perhatian dalam pemilihan umum (Pemilu) mendatang.

“Saya pikir Anda akan melihat layanan kami kurang berperan dalam pemilu ini dibandingkan pada masa lalu,” disebutkan dalam laporan itu mengutip pernyataannya.

Meta dan Zuckberg tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters. 

4 dari 4 halaman

Alasan Meta Angkat Pembatasan Akun Donald Trump

Fitur Baru Instagram Notes (Foto: Meta)

Sebelumnya, Perusahaan induk Facebook dan Instagram, Meta, telah menghapus pembatasan yang diterapkan pada akun mantan Presiden AS Donald Trump.

Meta memperbarui pernyataan yang mengumumkan berakhirnya penangguhan Trump di Facebook dan Instagram pada Januari 2023. Alasannya untuk mencerminkan status baru calon presiden dari Partai Republik tersebut.

Meta menghapus Donald Trump dari semua platform-nya setelah serangan di US Capitol pada 6 Januari 2021 di tengah keadaan yang ekstrem dan sangat tidak biasa. Demikian pernyataan resmi Meta, dikutip dari Engadget, Minggu (14/7/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini