Sukses

Mengenal Fitur BeaconLink di Oppo Reno 12 Series, Bisa Teleponan tanpa Sinyal dan Kuota Internet

Oppo memperkenalkan fitur BeaconLink yang bakal hadir di HP Reno 12 Pro 5G dan Reno 12 5G. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa teleponan tanpa sinyal atau kuota internet.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo memperkenalkan fitur BeaconLink untuk pertama kalinya di Indonesia, yang mana bakal hadir di HP Reno 12 Pro 5G dan Reno 12 5G.

BeaconLink memungkinkan pengguna bisa melakukan panggilan suara (teleponan) dengan orang-orang terdekat meski perangkat tidak terjangkau jaringan sinyal atau tak memiliki kuota internet.

Fitur BeaconLink sendiri menggunakan protokol komunikasi yang dipatenkan untuk meningkatkan transmisi Bluetooth yang memungkinkan panggilan suara hingga jarak 200 meter.

Menurut Oppo, dikutip Selasa (23/7/2024), pengguna dapat melakukan panggilan suara antara dua HP Oppo yang mendukung BeaconLink, memastikan pengguna bisa terhubung dalam situasi darurat.

BeaconLink diklaim mampu meningkatkan efisiensi daya perangkat keras Bluetooth BR/EDR hingga 300% untuk memperluas jarak transmisi data melalui Bluetooth.

Hal ini memungkinkan panggilan suara antara dua perangkat Oppo pada jarak hingga 200 meter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bermanfaat untuk Situasi Selama Penerbangan hingga Lokasi Terpencil

Fitur ini sangat bermanfaat dalam berbagai situasi, seperti selama penerbangan, perjalanan di lokasi terpencil, atau di acara besar seperti konser dan festival, di mana cakupan jaringan seringkali terbatas.

Saat berada di festival musik terkadang sulit sekali mendapatkan sinyal, pengguna dapat melakukan panggilan suara dengan jarak mencapai hingga 30 meter dengan BeaconLink.

Sedangkan saat pengguna berada di parkiran basement, jarak panggilan BeaconLink dapat mencapai hingga 200 meter.

Bagi para pecinta alam yang gemar berada di daerah pegunungan, jarak BeaconLink dapat mencapai hingga 120 meter.

3 dari 4 halaman

Teknologi di Balik BeaconLink

Untuk mencapai performa komunikasi yang baik, BeaconLink didukung beberapa teknologi canggih yang ditanamkan pada fitur ini di perangkat Reno 12 Series. Berikut empat di antaranya: 

Peningkatan Performa Hardware

Teknologi peningkatan sinyal Bluetooth pada tingkat perangkat keras diterapkan, menghasilkan peningkatan daya yang signifikan dibandingkan generasi sebelumnya.

Jarak komunikasi terjauh meningkat hingga 110.4% berdasarkan data dari Laboratorium Oppo.

Optimasi Protokol Bluetooth

Dilengkapi dengan mode pencarian dan pemindaian khusus untuk mengurangi informasi pemindaian yang tidak valid dan membatasi jangkauan perangkat yang dapat ditemukan, serta meningkatkan ketahanan terhadap gangguan dalam skenario jarak jauh.

Optimasi Teknologi Transmisi Audio Multimedia

Optimasi pada encoding audio, mengurangi data transmisi, meningkatkan jarak transmisi, serta menambahkan rencana pengurangan jitter audio untuk mengurangi latensi.

Keamanan yang Ditingkatkan

Skema enkripsi broadcast Bluetooth baru dan skema otentikasi kontak dua arah untuk melindungi proses seperti penemuan dan koneksi.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI. (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.