Sukses

Google Tutup Layanan Penyingkat Link Tahun 2025, Bagaimana Nasib Tautan Lama?

Layanan penyingkat link Google, goo.gl, akan ditutup pada 25 Agustus 2025. Semua tautan goo.gl akan berhenti berfungsi dan menunjukkan pesan "404 halaman tidak ditemukan".

Liputan6.com, Jakarta - setelah hampir 15 tahun, Google mengumumkan mereka akan menghentikan dukungan untuk semua tautan yang dibuat dengan platform penyingkat link mereka, yakni goo.gl.

Mulai 25 Agustus 2025, seluruh URL goo.gl akan menampilkan hasil "404 page note found" atau "404 halaman tidak ditemukan".

Mengutip The Verge, Senin (22/7/2024), Google akan mulai menampilkan laman interstisial pada 23 Agustus 2024.

Laman web ini akan memberitahukan pengguna, link tersebut tidak akan berfungsi lagi dalam waktu dekat.

Sebelum setop berfungsi, link goo.gl akan mulai menampilkan laman interstisial pada 23 Agustus 2024 memberitahukan pengguna goo.gl tidak akan berfungsi lagi dalam waktu dekat.

Awalnya, pesan ini hanya akan memunculkan pesan ini untuk beberapa link tertentu saja, dan akan meningkat seiring tenggat waktu semakin dekat.

Alasan Google Hentikan goo.gl?

Raksasa mesin pencari ini tidak mengungkap alasan spesifik mengapa mereka menutup layanan, namun diyakini keputusan tersebut sejalan dengan beberapa penghentian layanan lain, seperti Hangout, Stadia, dan Google+.

Apa yang Harus Dilakukan Pengguna?

Google berharap para pengembang dan pengguna untuk memperbarui tautan yang terkena dampak sesegera mungkin.

Laman interstisial yang muncul dapat mengganggu pengalihan tautan, sehingga sangat penting untuk segera beralih ke platform penyingkat link lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Google Pamerkan Pixel 9 Pro Fold

<p>Google Pixel 9 Pro Fold. (Doc: YouTube | Google)</p>

Di sisi lain, Google akhirnya mengonfirmasi kehadiran smartphone layar lipat generasi kedua mereka, yakni Pixel 9 Pro Fold.

Berbeda dari bocoran sebelumnya, ponsel lipat Google inin akan diberi nama Pixel 9 Pro Fold.

Sebelumnya, beredar rumor HP layar lipat Google baru tersebut akan bernama "Pixel Fold 2". Penamaan ini diduga mengikuti Pixel Fold yang dirilis sebelumnya.

Tidak banyak informasi yang didapat dari teaser video HP Pixel 9 Pro Fold tersebut, selain penampakan kamera belakangnya.

Jika dibandingkan Pixel Fold generasi pertama, Google sepertinya melakukan perubahan dalam berbagai hal mulai dari engsel hingga aspek rasio kedua layar.

Video di kanal YouTube milik Google ini juga memperlihatkan layar dalam ponsel akan memiliki bezel lebih tipis dan tanpa lubang di layar.

Dilansir Android Authority, Jumat (19/7/2024), Google Pixel 9 Pro Fold ini akan tampil dalam dua pilihan warna mulai dari Obisidan dan Porcelain.

3 dari 4 halaman

Google Rilis 3 HP Pixel 9 Lainnya

<p>Penampakan HP Android Google Pixel 9, Pixel 9 Pro, dan Pixel 9 Pro XL. (Doc: Rozetked)</p>

Hal menarik lainnya yang terungkap adalah modul kamera berbentuk kotak, sehingga terlihat jelas berbeda dengan Pixel 9 series.

Lalu bagaimana denga spesifikasi Google Pixel 9 Pro Fold? Tampaknya kamu harus bersabar menunggu acara Google pada 13 Agustus 2024 mendatang.

Selain ponsel layar lipat baru ini, Google juga akan memperkenalkan empat ponsel. Adapun keempat ponsel tersebut, antara lain Pixel 9, Pixel 9 Pro, Pixel 9 Pro XL, dan Pixel 9 Pro Fold.

Walau Pixel 9 dan Pixel 9 Pro XL adalah seri penerus Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, model Pixel 9 Pro disebutkan bakal tampil dengan ukuran lebih kecil.

Meski mirip dengan varian standar, Pixel 9 Pro akan dilengkapi dengan hardware lebih tinggi, termasuk chipset Tensor G4.  

4 dari 4 halaman

Fitur Circle to Search Sambangi Pixel 8 dan Pixel 8 Pro

<p>Cek Spesifikasi dan Harga Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro yang Baru Dirilis. (Doc: Google)</p>

Fitur Circle to Search dilaporkan sudah mulai digulirkan untuk pengguna perangkat Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Seperti diketahui, fitur ini merupakan kolaborasi antara Samsung dan Google.

Seperti namanya, fitur Circle to Search memungkinkan pengguna untuk mencari informasi mengenai gambar atau teks secara otomatis. Pengguna cukup melingkari atau mencoret objek yang tampil di layar, lalu informasi seputar objek tersebut akan ditampilkan langsung di layar.

 Setelah hadir di seri Samsung Galaxy S24, seperti dikutip dari GSM Arena, Minggu (4/2/2024), fitur ini kini sudah mulai menyambangi Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Sebelumnya, Google memang menyebut kalau fitur ini akan digulirkan ke pengguna Pixel mulai 31 Januari 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini