Sukses

Blibli Tiket Hadirkan Ekosistem Omnichannel Permudah Beragam Kebutuhan Konsumen

Blibli, Tiket.com, dan Ranch Market, menghadirkan kemudahan berbelanja, memesan tiket perjalanan, dan memenuhi kebutuhan gaya hidup melalui platform terintegrasi.

Liputan6.com, Jakarta - Blibli mengungkap sejumlah capaian perusahaan itu setelah membangun ekosistem perdagangan omnichannel bersama dengan Tiket.com dan Ranch Market yang dikenal dengan nama Blibli Tiket pada 2022.

Hal ini dilakukan bersamaan dengan rangkaian kegiatan ulang tahun Blibli (25 Juli), Tiket.com (12 Agustus), serta Ranch Market (19 Oktober).

Menurut CEO & Co-Founder Blibli Kusumo Martanto, alasan membangun ekosistem omnichannel ini tidak lepas dari tujuan Blibli ingin menjadi ekosistem perdagangan sekaligus gaya hidup yang menjadi pilihan konsumen.

Berawal dari situ, ekosistem omnichannel antara Blibli, Tiket.com, serta Ranch Market ini pun dibentuk untuk meningkatkan layanan dan mempermudah kehidupan konsumen.

"Kami membawa semangat ini dengan service dan inovasi yang kami berikan, sehingga konsumen tidak perlu ribet," tutur Kusumo dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta.

Ia menuturkan, tiga entitas dalam omnichannel Blibli ini siap memenuhi sekitar 90 persen potensi pengeluaran kebutuhan masyarakat sehari-hari, mulai dari belanja harian, perjalanan, otomotif, tagihan bulanan, hingga perabot rumah tangga.

"Kami bertiga bersatu dan berintegrasi agar bisa memberikan yang lebih baik untuk para pelanggan kami," tuturnya lebih lanjut.

Di kesempatan yang sama, CEO Tiket.com George Hendrata menuturkan, dengan masing-masing layanan yang sudah kuat, ekosistem ini tidak lagi memerlukan lagi super app. Namun, tiap layanan bisa saling mendukung.

Hal itu dapat dilihat dari opsi pembayaran yang terintegrasi di semua platform, yakni Blibli Tiket PayLater. Saat ini, metode itu menjadi salah satu pilihan utama pelanggan Blibli, Tiket.com, dan Ranch Market.

"Penggunanya kini mencapai lebih dari 220 ribu pengguna," tutur George. Lalu pada 2022, mereka meluncurkan Single Sign-On yang mempermudah pengguna memakai kredensial login yang sama di semua akun.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadirkan Loyalty Membership Terintegrasi

Secara bertahap, penggabungan manfaat pelanggan Blibli, Tiket.com, dan Ranch Market pun dilakukan melalui Loyalty Membership Parity. Kemudian di 2023, program loyalitas Blibli Tiket Rewards hadir.

Menarik, pengumpulan poin loyalitas Blibli Tiket Rewards ini bisa dilakukan di toko-toko fisik konsumen, termasuk gerai Ranch Market dan Farmers Market, Hello Store, Samsung Store, serta Blibli Store.

Di 2024, keanggotaan pelanggan ekosistem Blibli Tiket juga terintegrasi menjadi Unified Membership. Tidak hanya itu, mereka juga meluncurkan Blibli Tiket Action sebagai program keberlanjutan untuk Bumi yang lebih lestari.

 

3 dari 3 halaman

Mudahkan Pengalaman Berbelanja Pengguna

Sinergi dan inovasi ekositem omnichannel ini juga dilakukan untuk memberikan pengalaman yang superior sekaligus bernilai tambah. Menurut CEO Ranch Market Johartono Susilo, hal itu dilakukan lewat fitur Click & Collect.

Lewat fitur ini, pelanggan bisa berbelanja secara online, kemudian mengambilnya di toko Ranch Market dan Farmers Market terdekat.

Sinergi ketiga layanan ini juga memberikan manfaat untuk meningkatkan retensi pelanggan dengan menciptakan value-oriented benefits, seperti potensi mencapai tier keanggotaan lebih tinggi.

Langkah ini juga diharapkan bisa memotivasi pelanggan untuk terus berbelanja di ekosistem.

Omnichannel terintegrasi ini pun makin berkembang dengan 185 toko fisik elektronik, 62 gerai supermarket, dan 30 Dekoruma Experience Center di seluruh Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.