Sukses

Samsung Boyong Deretan Fitur Baru Galaxy AI di Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6, Sketch to Image hingga AI Composer

Dalam peluncuran resminya di Indonesia, Samsung mengungkap deretan fitur baru yang ditanamakan pada Galaxy AI di Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6.

Liputan6.com, Jakarta - Bersamaan dengan peluncuran Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 di Indonesia pada Rabu, 24 Juli 2024, Samsung juga memperkenalkan berbagai peningkatan dari fitur kecerdasan buatan Galaxy AI. 

Head of MX Business Samsung Electronics Indonesia Lo Khing Seng mengatakan, peningkatan dari smartphone layar lipat terbaru mereka, salah satunya adalah dihadirkannya Galaxy AI yang dianggap begitu memudahkan pengguna dalam berbagai aktivitas dan produktivitas. 

"Galaxy Z Fold 6 dan Flip 6 hadir dengan kecanggihan AI yang membuatnya terdepan di industri ini," tutur Lo Khing Seng dalam peluncuran Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 di Jakarta, Rabu (24/7/2024). 

Beberapa fitur AI didemonstrasikan dalam peluncuran Samsung Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 antara lain adalah kemampuan Interpreter yang kini bisa diterapkan dalam layar ganda kedua perangkat layar lipat terbaru Samsung. 

Lalu, fitur lain yang juga dicoba adalah Circle to Search with Google yang kini semakin pintar. Pasalnya tak hanya mengenali objek, Circle to Search with Google kini juga bisa dipakai untuk menyelesaikan persamaan atau soal matematika. 

Yuk simak beberapa fitur terbaru Galaxy AI yang ada di Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6:

1. Interpreter 

Darius Sinathrya sebagai salah satu anggota Tim Galaxy mengujicobakan fitur Interpreter ini di panggung. 

Fitur Interpreter ini memungkinkan pengguna untuk berbicara dua arah dengan orang yang menggunakan bahasa berbeda. 

Uniknya, percakapan ini dapat ditampilkan pada Flex Window atau layar depan dari Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 sehingga memudahkan lawan bicara untuk membaca dalam bahasa mereka. 

Masih dalam Interpreter, Samsung juga memperkenalkan Listening Mode yang membuat pengguna bisa memahami meeting atau konferensi berbahasa asing (satu arah) dan menerjemahkannya. 

Selain menerjemahkan, Listening Mode ini bisa membuat summary atau ringkasan dari hasil konferensi atau meeting tersebut. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Galaxy AI untuk Menggambar dan Susun Isi Email

2. Sketch to Image

Fitur lain berbasis AI yang juga dipamerkan adalah Sketch to Image. Sketch to Image memungkinkan pengguna mencoret-coret (doodling) gambar, lalu AI akan mengubah hasil doodling tersebut menjadi objek. 

Yura Yunita mempraktikkan fitur ini di saat peluncuran Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6, dengan mencoret-coret gambar headpiece di kepalanya.

Lalu, dengan AI, gambar tersebut diubah jadi hiasan rambut yang bisa dipadankan dengan busananya untuk tampil di panggung. 

3. AI Composer

Ada pula fitur Galaxy AI yang mendukung pengguna untuk lebih produktif, antara lain adalah AI Composer. 

Fitur ini memungkinkan Galaxy AI menyusun body email sesuai dengan prompt atau perintah dengan gaya tulisan kasual, resmi, atau profesional. 

Dengan begitu, pengguna hanya perlu mengetikkan prompt email akan ditujukan kepada siapa dan keperluannya. Nantinya Galaxy AI akan membuatkan email sesuai dengan tujuan pembuatan email. 

3 dari 4 halaman

Berkreasi dengan Galaxy AI

4. Autozoom

Fitur khusus di Galaxy Z Flip6 ini berbasis Galaxy AI. Memungkinkan pengguna untuk mengatur zoom saat membuat konten. 

Jadi kamu tak perlu mengatur zoom secara manual. Pasalnya, AI di Samsung Galaxy Z Flip6 akan memilihkan angle terbaik.

5. Portrait Studio

Dari berbagai fitur AI, Portrait Studio memungkinkan pengguna untuk mengubah foto dirinya menjadi versi kartun, sketch, dan lain sebagainya. 

 

4 dari 4 halaman

14 Fitur AI Baru

Sementara itu, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Verry Octavianus mengatakan, Samsung pada dasarnya membawa 14 fitur baru Galaxy AI. 

Delapan fitur di antaranya adalah fitur AI on device atau tertaut di perangkat. Itu artinya penggunaan fitur-fitur AI tersebut tidak memerlukan dukungan internet. 

Ke-8 fitur AI on device itu antara lain adalah Live Translate, Voice Recording, PDF Overlay, Energy Score (ada di Galaxy Watch 7 Series), Interpreter Listening Mode, Suggest Reply di Galaxy Z Fold6 dan Flip 6, Live Effect, dan Kamera Autozoom. 

Lalu, enam fitur Galaxy AI di cloud antara lain adalah AI composer (untuk email hingga media sosial), Portrait Studio, Sketch to Image, Create Profile Card, Smart Select untuk Barcode, hingga AI drawing assist. 

Adapun 9 fitur baru yang ditingkatkan dari Galaxy AI antara lain adalah: PDF Text Select, Ambien Wallpaper, Instant Slow Mo, Edit Suggestion, Circle To Search untuk menyelesaikan rumus matematika, Translate, text in image overlay, Conversation mode dual screen, dan QR code. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.