Sukses

Kontrol iPhone Hanya dengan Mata? Ini Cara Aktifkan Eye Tracking di iOS 18

Apple menambahkan fitur Eye Tracking di iOS 18, sehingga pengguna dimungkinkan mengontrol iPhone melalui tatapan mata.

Liputan6.com, Jakarta - Apple diketahui terus berupaya meningkatkan aksesibilitas iPhone untuk semua pengguna. Hal itu ditunjukkan dengan sejumlah fitur baru yang dihadirkan melalui iOS 18, seperti salah satunya adalah Eye Tracking.

Seperti namanya, fitur baru di iOS 18 ini memungkinkan pengguna mengontrol iPhone hanya dengan gerakan mata. Selain Eye Tracking, iOS terbaru ini juga memperkenalkan fitur aksesibilitas lain seperti Music Haptics dan Vocal Shortcuts.

Fitur-fitur tersebut saat ini masih dalam tahap beta, sehingga hanya bisa dicoba pengguna yang sudah memasang iOS 18 beta di perangkat mereka. Lantas, seperti apa cara untuk mengaktifkan fitur ini nantinya, simak langkah-langkah berikut seperti dikutip dari 9to5Mac, Minggu (28/7/2024).

  • Buka aplikasi Settings di iPhone
  • Pilih Accesibility
  • Gulir ke bawah dan pilih opsi Eye Tracking
  • Aktifkan Eye Tracking dengan menggeser tombol ke kanan
  • Ikuti proses kalibrasi dengan mengikuti lingkaran berwarna yang bergerak di layar menggunakan mata pengguna

Untuk hasil terbaik, Apple juga menyarankan pengguna untuk mengatur Eye Tracking dalam kondisi iPhone diletakkan di permukaan datar dengan jarak sekitar 45 cm dari wajah.

Setelah selesai melakukan kalibrasi, fitur Dwell Control akan aktif secara otomatis. Jika fitur Assistive Touch aktif, pengguna akan diminta untuk menghubungkan Eye Tracking/Dwell Control dengan Assistive Touch.

Dengan kombinasi tersebut, fitur Eye Tracking di iOS 18 dapat digunakan untuk mengunci iPhone, kembali ke layar utama, serta beberapa fitur lainnya.

Ketika fitur Eye Tracking aktif, pengguna akan melihat garis putih di sekitar tombol, aplikasi, atau area yang sedang dilihat. Untuk memilih sesuatu, pengguna tinggal menahan tatapannya di area yang diinginkan.

Apple menyatakan, pengguna tetap bisa menggunakan fungsi layar sentuh, meski Eye Tracking sedang aktif. Jika fitur ini dirasa tidak akurat atau responsif, pengguna dapat meletakkan iPhone di penyangga dengan jarak sekitar 45 cm dari wajah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iOS 18 bisa Buka Aplikasi Langsung dari Lock Screen iPhone, Begini Caranya

Sejak pertama kali diperkenalkan, iOS 18 telah menarik perhatian para pengguna perangkat Apple. Sebab, sistem operasi baru ini menawarkan begitu banyak fitur baru.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah Apple Intelligence. Selain itu, iOS 18 juga memungkinkan pengguna untuk mengubah ikon aplikasi dan menyesuaikan tema warnanya, kemampuan yang cukup dinanti para pengguna iPhone.

Namun tidak hanya itu, seperti dikutip dari Phone Arena, Senin (22/7/2024), iOS anyar ini juga menyimpan fitur lain yang tidak kalah menarik. Lewat update OS ini, pengguna iPhone juga akan bisa membuka aplikasi apa pun langsung dari Lock Screen.

Melalui iOS 18, Apple akan mengizinkan pengguna mengubah fungsi shortcut pada Lock Screen yang saat ini hanya terbatas untuk fungsi flashlight di sebelah kiri dan kamera di sebelah kanan.

Dengan demikian, pengguna bisa mengganti dua akses cepat tersebut ke aplikasi lain, sehingga bisa langsung membuka aplikasi meski layar berada dalam keadaan terkunci.

3 dari 4 halaman

Cara Aktifkan Fitur Buka Aplikasi Lain di Lock Screen

Fitur ini tentu akan bisa dinikmati para pengguna ketika Apple merilis iOS 18 versi stabil pada September 2024. Namun, jika pengguna ingin menjajal beberapa fitur lebih dulu, ada opsi memakai iOS 18 Public Beta.

Kendati demikian, mengingat masih dalam versi beta, ada kemungkinan iOS ini masih menyimpan beberapa bug. Adapun untuk mengubah shortcut di Lock Screen di iOS 18 Public Beta, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Tekan lama pada Lock Screen iPhone dan ketuk tombol Customize warna biru
  • Pilih opsi Lock Screen, dan pengguna akan melihat ikon - di sebelah kiri dan kanan bawah
  • Tekan tombol (-) di sebelah ikon yang ingin diganti, kemudian ketuk tombol (+)Pilih Open App dan pilih aplikasi yang diinginkan
  • Ketuk Done dan kamu sudah bisa mengakses aplikasi favorit langsung dari Lock Screen 
4 dari 4 halaman

iOS 18 Bakal Hadirkan Fitur Pemulihan Foto dan Video yang Hilang di iPhone

Tidak hanya itu, pengguna iPhone yang pernah kehilangan foto atau video penting, ada kabar baik. Sebab, iOS 18 dikabarkan akan memiliki fitur untuk mengembalikan foto atau video yang hilang atau rusak.

Bocoran ini pertama kali diketahui laporan MacRumors. Mengutip Mashable, Kamis (18/7/2024), fitur baru untuk mengembalikan foto yang hilang ini terintegrasi langsung di aplikasi Photos pada iOS 18.

Dikabarkan, untuk memakai fitur ini, pengguna nantinya tinggal membuka aplikasi Photos. Selanjutnya, pengguna masuk ke menu Album dan geser ke bawah hingga menemukan submenu Utilities.

Kemudian, pengguna dapat meilihat opsi untuk memulihkan foto maupun video yang hilang atau rusak di aplikasi Photos.

Adapun fitur pemulihan ini hanya bisa dilakukan jika foto atau video tersebut masih tersimpan di perangkat, tapi mengalami kerusakan pada data sehingga tidak bisa ditampilkan.

Dengan kata lain, foto atau video yang sudah terhapus permanen di iPhone tidak dapat dipulihkan lewat fitur ini. Adapun faktor kerusakan foto atau video yang tersimpan ada beberapa macam.

Salah satunya adalah kesalahan penyimpanan oleh aplikasi pihak ketiga yang tidak menyimpan data dengan benar. Selain itu, kerusakan pada database juga bisa menyebabkan foto dan video tidak bisa dibaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.