Sukses

Cara Kontrol iPhone cuma dengan Kedipan Mata

Dengan kedipan mata, kamu bisa membuka aplikasi, scroll halaman, bahkan nge-lock iPhone tanpa perlu mengangkat jari sedikit pun.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna iPhone akan semakin dimanjakan karena baru-baru ini Apple memberikan kejutan dengan fitur terbaru di iOS 18 yang bikin kita bisa mengontrol iPhone cuma dengan kedipan mata.

Mengutip 9to5Mac, Senin (29/7/2024), fitur keren ini sendiri bernama Eye Tracking.

Dengan fitur ini kamu bisa membuka aplikasi, scroll halaman, bahkan nge-lock iPhone tanpa perlu mengangkat jari sedikit pun.

Asyik banget kan buat kamu yang punya keterbatasan fisik atau sekadar ingin cobain teknologi iPhone terbaru.

Untuk mengaktifkan fitur Eye Tracking, kamu cukup melakukan langkah simple berikut ini.

  • Masuk ke pengaturan
  • Pilih menu Aksesibilitas
  • Lalu cari opsi Eye Tracking
  • Setelah itu, ikuti petunjuk di layar untuk mengkalibrasi mata

Untuk hasil yang lebih akurat, Apple menyarankan kita untuk letakkan iPhone di permukaan yang datar dan sekitar 45 cm dari wajah.

Selain itu, fitur Dwell Control juga akan aktif otomatis. Fitur ini memungkinkan kita buat memilih sesuatu dengan cara menatap layar beberapa saat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apakah Layar Sentuh Tetap Aktif?

Kerennya lagi, kita masih bisa menggunakan layar sentuh seperti biasa meski fitur Eye Tracking sudah aktif.

Jadi, kamu tetap bisa memilih untuk menggunakan cara mana yang lebih nyaman.

Dengan adanya fitur Eye Tracking, iPhone makin membuktikan diri sebagai smartphone yang inovatif dan memikirkan kebutuhan semua pengguna.

Sebagai catatan, fitur tersebut masih dalam tahap beta, sehingga hanya bisa dicoba pengguna yang sudah memasang iOS 18 beta di perangkat mereka.

iOS 18 versi stabil sendiri disebut-sebut akan dirilis secara resmi pada September 2024.

 

3 dari 4 halaman

Fitur Terbaru iOS 18

Selain menyuguhkan fitur AI Apple Intelligence, iOS 18 juga memungkinkan pengguna untuk mengubah ikon aplikasi dan menyesuaikan tema warna.

Tidak hanya itu, iOS anyar ini juga menyimpan fitur lain yang tidak kalah menarik. Lewat update OS ini, pengguna iPhone juga akan bisa membuka semua aplikasi langsung dari Lock Screen.

Melalui iOS 18, Apple akan mengizinkan pengguna mengubah fungsi shortcut pada Lock Screen yang saat ini hanya terbatas untuk fungsi flashlight di sebelah kiri dan kamera di sebelah kanan.

Dengan demikian, pengguna bisa mengganti dua akses cepat tersebut ke aplikasi lain, sehingga bisa langsung membuka aplikasi meski layar berada dalam keadaan terkunci.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Cara Jaga Kesehatan Mata Era Daring Selama Pandemi Covid-19 (Liputan6.com/Niman)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.